Membaca, Buku Menjadikan Bermanfaat (2)


Yusrin Ahmad Tosepu

  1. Melatih Ketrampilan untuk Berfikir dan Menganalisa

Manfaat membaca buku dapat melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah yang tersaji dalam apa yang kita baca. Kita seperti mendapatkan akses atau jalan untuk dapat masuk ke dalam alur cerita dan membantu dalam penyelesaian cerita tersebut. Hal tersebut dapat membantu mengembangkan karakter kita di masa mendatang.

  1. Dapat Meningkatkan Fokus, Daya Ingat dan Konsentrasi

Pada saat membaca buku, kita dapat melatih otak untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada apa yang kita baca. Hal ini akan melatih kita untuk dapat juga lebih fokus dalam melakukan berbagai macam kegiatan atau rutinitas keseharian.

 Sama halnya dengan tubuh yang membutuhkan olahraga agar tetap bugar, otak manusia juga perlu berolahraga untuk mempertahankan fungsinya. Otak manusia sendiri memiliki beberapa fungsi kognitif, seperti kemampuan daya ingat dan konsentrasi. Lalu, apa olahraga yang dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan kedua fungsi kognitif dari otak tersebut?

 Menurut jurnal penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology, membaca buku mampu melatih daya ingat dan konsentrasi seseorang. Well, olahraga yang sederhana bukan? Dengan membaca buku secara rutin, otak distimulasi untuk terbiasa mengolah pikiran dan memori, serta fokus terhadap suatu hal selama beberapa waktu. Let’s save our some time to read!

    9. Melatih untuk Dapat Menulis Dengan Baik

Dengan bertambahnya kosakata yang kita miliki dari kegiatan membaca buku, otomatis dapat membantu kita untuk dapat membuat karya tulis sendiri dengan bahasa yang sebaik atau bahkan bisa lebih baik dari apa yang telah kita baca sebelumnya.

  1. Dapat Memperluas Pemikiran Seseorang

Seseorang yang gemar membaca buku telah dilaporkan memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak atau kurang gemar membaca. Dengan kegiatan membaca buku, kita bisa berbagi pengalaman dengan orang lain tentang berbagai macam hal, yang nantinya bisa kita jadikan sebagai suatu bahan pertimbangan untuk dapat memutuskan sesuatu.

  1. Dapat Meningkatkan Hubungan Sosial

Kegiatan gemar membaca buku ini juga mempengaruhi aspek kehidupan sosial manusia, dimana ia bisa lebih mengenal berbagai macam karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial suatu masyarakat. Sehingga apabila suatu saat ia berkunjung ke tempat tersebut, ia telah tahu bagaimana cara bersikap untuk menghormati adat serta kebudayaan mereka.

  1. Dapat Membantu Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Berdasarkan study yang dilakukan oleh Rush University Medical Center menyatakan bahwa Seseorang yang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan kegiatan kreatif atau intelektual seperti membaca mengalami tingkat penurunan kognitif hingga 32% daripada mereka yang tidak membaca dikemudian harinya. Membaca buku dapat membuat otak bekerja lebih efisien yaitu dengan mengubah struktur neuropathologies yang berkaitan dengan usia.

  1. Dapat Membuat Pikiran terbuka

Orang yang banyak membaca buku akan memiliki pikiran yang luas dan terbuka karena menyerap informasi tidak dari satu perspektif saja. Ia akan selalu melihat sebuah permasalahan dan perbedaan yang ada dengan berbagai sisi, sehingga tidak mengherankan orang yang banyak membaca buku tidak akan mudah menjustifikasi ataupun menyalahkan orang lain.

  1. Dapat Menemukan inspirasi dan Memiliki Imajinasi Tinggi

Kreativitas memerlukan banyak ide-ide yang harus dituangkan dalam bentuk karya. Melalui membaca buku maka kita akan mendapatkkan inspirasi-inspirasi yang akan menjadikan kita produktif. 

 Membaca tidak menampilkan gambar-gambar yang bergerak sehingga pikiran kitalah yang harus bermain. Dengan begitu maka otak kita akan diajak untuk berimajinasi dan mebayangkan informasi ataupun cerita-cerita yang disajikan dalam setiap bacaan.

  1. Dapat Mengembalikan mood untuk beraktivitas

Dalam keseharian kita tentunya dituntut untuk menyelesaikan berbagai hal, mulai dari pekerjaan di kantor, tugas sekolah, maupun aktivitas lainya. Dengan membaca buku maka kita akan melakukan rehat sejenak untuk menenangkan pikiran sambil menggali informasi-informasi baru dari bacaan. 

  1. Dapat Menumbuhkan dan Meningkatkan Empati Seseorang

Empati merupakan kemampuan seseorang untuk menyelami pemikiran dan keadaan emosional orang lain. Dengan rasa empati, seseorang turut merasakan apa yang sedang dirasakan dan dialami individu lainnya. Selain dapat membangun suatu relasi dan tenggang rasa yang lebih baik dengan orang lain, empati juga mampu menciptakan kehidupan yang tenteram. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan empati?

 Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York University mengatakan bahwa dengan membaca buku dapat meningkatkan kemampuan kita untuk lebih memahami perasaan orang lain. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang-orang disekitar kita.

 Ada berbagai cara untuk membangun rasa empati. It turns out that reading books is one of those. Hasil penelitian dari The New School for Social Research menyebutkan bahwa dengan membaca buku—terutama fiksi—dapat membantu seseorang untuk memahami apa yang dipikirkan orang lain dari emosi yang disajikan.

Tulisan Bersambung:

  1. Membaca, Buku Menjadikan Bermanfaat (1)  
  2. Membaca, Buku Menjadikan Bermanfaat (2)  
  3. Membaca, Buku Menjadikan Bermanfaat (3)
  1. Dapat Mendorong Tujuan Hidup Seseorang

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University menyatakan bahwa dengan membaca buku dapat membantu seseorang untuk mendapatkan motivasi dalam mengatasi berbagai macam hambatan, sehingga nantinya dapat membantu dalam mencapai tujuan hidupnya. Pada saat seseorang dapat lebih mengidentifikasi karakter, pengalaman, serta berbagai macam peristiwa yang seolah-olah hal itu sedang terjadi pada mereka, maka akan semakin besar kemungkinan bagi mereka untuk mengambil tindakan.

  1. Dapat Membantu Kita untuk Terhubung Dengan Dunia Luar

Seorang psikolog dari University of Buffalo menyatakan bahwa ketika seseorang sedang membaca buku, hal tersebut dapat membantunya untuk mengidentifikasi karakter dalam buku yang ia baca.

Ia akan mengalami jenis hubungan kehidupan nyata yang dapat meningkatkan rasa inklusi.  Dengan kata lain, membaca dapat meningkatkan persahabatan dengan dunia luar.

  1. Dapat Lebih Berhemat

Dengan membaca buku akan membawa dampak pada segi perekonomian. Dimana dengan membaca buku dapat menghemat uang daripada harus bersusah payah mencari jasa penyedia informasi atau hiburan lainnya.

  1. Dapat Memperpanjang Hidup

Ada fakta menarik lainnya terkait manfaat membaca. Berdasarkan penelitian dari Yale University’s School of Public Health, mereka yang meluangkan waktu untuk membaca buku memiliki kesempatan hidup lebih lama. Diperkirakan bahwa hanya dengan 3,5 jam membaca buku setiap minggunya, pembaca dapat memperpanjang hidupnya selama 23 bulan. Perlu digarisbawahi, peneliti menemukan bahwa buku yang lebih berpengaruh.

 Mengapa buku? Bagaimana dengan koran atau majalah? Well, salah satu peneliti yakni Avni Bavishi, mengatakan jika buku lebih mengikat dan mudah membaur dengan pikiran para pembaca. Apa yang diceritakan dalam buku menyajikan lebih banyak manfaat kognitif sehingga mampu memperpanjang masa hidup pembacanya. Unbelievable!

 Selain manfaat dari kegiatan membaca yang telah disebutkan diatas, kita juga perlu mengetahui cara mendapatkan manfaat maksimal dari membaca buku. Berikut caranya. :

  1. Biasakan Membaca Buku Sampai Habis Dan Menyeluruh

Banyak dari kita, yang membaca hanya mengambil beberapa bagian buku. Tanpa membaca secara keseluruhan isi buku. Alhasil gagasan utuh sang penulis, tidak dapat diketahui secara menyeluruh.

 Menggunakan teknik skimming guna dengan cepat memahami isi sebuah buku memang baik, namun pemahaman Anda akan lebih baik lagi jika membaca keseluruhan isi buku.

 Saat ini, banyak kejadian kesalahpahaman dalam membaca, akibat membaca tidak sampah habis atau tidak menyeluruh. Membaca bisa berubah negatif jika Anda tidak berhasil memahami secara menyeluruh isi buku tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca secara keseluruhan sebuah buku.

  1. Sempatkan Menulis Atau Mencatat Intisari Buku

Membaca dan menulis merupakan satu paket yang tidak terpisahkan. Keduanya saling dibutuhkan dalam rangka mengisi satu sama lain. Jika suka membaca, harus menulis untuk mengikat makna, meningkatkan daya ingat, mengabadikan ilmu, dan sebagai tanggung jawab Anda sebagai orang yang berilmu. Sedangkan yang suka menulis, harus membaca setiap hari untuk mendapatkan energi,makna dan pemahaman baru yang akan menjadikan tulisan semakin berkualitas.

  1. Cobalah Mengulas Buku Yang Anda Baca

Tidak banyak para pembaca buku yang biasa mengulas buku yang telah dibaca. Padahal aktivitas mengulas buku memiliki manfaat yang banyak.

 Pertama, mengulas buku dapat membantu meningkatkan daya ingat dan pemahaman Anda terhadap sebuah buku yang baru Anda baca.

 Kedua, Anda membantu calon pembaca mudah mengetahui isi sebuah buku, tanpa harus membaca secara keseluruhan terlebih dahulu.

 Ketiga, dengan mengirimkan ulasan buku yang baik ke media cetak dan online, Anda berpeluang mendapatkan imbalan berupa buku, uang, hingga kesempatan bertemu dengan penulisnya.

Tulisan Bersambung:

  1. Membaca, Buku Menjadikan Bermanfaat (1)  
  2. Membaca, Buku Menjadikan Bermanfaat (2)  
  3. Membaca, Buku Menjadikan Bermanfaat (3)
  1. Diskusikan Buku Yang Anda Baca

Kegiatan diskusi mengenai buku membuat Anda semakin bijak dalam melihat sesuatu. Anda akan mampu melihat berbagai sudut pandang berbeda terhadap suatu permasalahan.

 Dengan mendiskusikan buku, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tambahan dari orang lain, melatih diri untuk menerima sudut pandang berbeda dan sebagai sarana mengasah keterampilan public speaking. Setelah baca buku, sebaiknya berdiskusilah dengan teman atau bersama komunitas yang relevan dengan buku yang Anda baca. Mendiskusikan buku adalah kegiatan yang menyenangkan dan bagian dari gaya hidup masa kini.

POSTING PILIHAN

Related

Utama 251593788409311495

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item