Hantaran

 SEBUAH HANTARAN: RUMAH LITERASI SUMENEP


Berkat rahmad Allah SWT pada tanggal 11 November 2016 di Sumenep, komunitas guru di kecamatan Kota, kabupaten Sumenep, bersepakat membentuk wadah organisasi yang bertujuan membangun kekuatan budaya literasi dalam upaya  membangun manusia Indonesia seutuhnya serta  meningkatkan harkat dan martabat. Hal itu selaras dengan tugas guru di garda terdepan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya. Wadah organisasi tersebut diberi nama Rumah Literasi Sumenep, disingkat RULIS.

Rumah Literasi Sumenep adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang dibentuk dengan tujuan membangun kekuatan budaya literasi dalam ranah pendidikan dan kebudayaan. Dalam ranah pendidikan mendorong masyarakat pendidikan untuk aktif belajar melalui buku-buku bacaan yang tersedia di tiap-tiap kelas, tiap-tiap sekolah, dan di tiap-tiap perpustakaan. Dalam ranah kebudayaan, menggulirkan program khususnya bagi para pendidik menggali dan mengekplorasi kembali filosofi dan kearifan lokal budaya Madura. Kekayaan dan kearifan yang mulai tenggelam perlu dieksplorasi dan nilai-nilai adiluhungnya kembali ditanamkan dalam benak anak bangsa dalam rangka memfilter dan membendung arus negatif budaya global.

Program-program yang digulirkan oleh Rumah Literasi Sumenep selaras dengan program pemerintah Indonesia melalui program pengembangan Budaya Literasi.  yaitu dengan memfasilitasi, dan membina agar terwujud budaya berliterasi yang bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat yang sasaran utamanya adalah pendidik dan masyarakat pendidikan. Dengan budaya literasi para pendidik berproses cerdas, menjaga mutu dan meningkatkan profesionalismenya dengan hasil akhir mampu menciptakan karya tulis, baik karya fiksi maupun non fiksi


Keberhasilan membangun budaya berliterasi sangat ditentukan oleh peran pendidik dalam mendorong masyarakat pendidikan untuk aktif dan pro aktik belajar dengan cara membaca buku-buku bacaan diperpustakaan, baik perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, perpustakaan keliling dan perpustakaan daerah. Oleh karenanya gerakan budaya literasi diperlukan gerakan yang masif, berkesinambungan dan tersistem.



Yang perlu diketahui:

  1. Sebuan Hantaran
  2. Pengelola Organisasi
  3. Tujuan Rumah Literasi Sumenep
  4. Logo Rumah Literasi Sumenep
  5. Visi dan Misi
  6. Para Pendiri
  7. Unduh Materi Literasi


Posting Komentar

emo-but-icon

Terbitan RULIS

terbitan buku rumah literasi sumenep terbitan buku rumah literasi sumenep

Testimoni

silakan unduh materi literasi

Tabs

Terbaru


Indek

Memuat…

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

static_page