Mahasiswi P2M IDIA Prenduan Lakukan Observasi dan Pemberian Label Produk Inovasi Krupuk Tinta

Para Mahasiswi saat berada di rumah produksi krupuk tinta Mbak Tin

Sejumlah mahasiswi Institut Dirosah Islamiah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep, antara lain Rofiqoh, Alifatun Nasiroh, Alifah Amaliena, Sri Astatik, Ismatul Fadilah Anisa Nabila, Zainiyah dan Nor Kholilah melakukan  Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M) dan observasi terhadap produk yang di produksi krupuk tinta

Sasaran pelaksanaan observasi di rumah produksi kerupuk tinta milik Juma'atin, S.Pd.I atau akrab dipanggil mbak Tin itu terletak di pelosok desa Errabu. Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Jum’at, (27/11/2020) lalu.

Produksi kerupuk tinta yang selama ini hanya dijual dengan kemasan sangat sederhana dan tidak ada label atau cap produksi hanya di kenal di sejumlah wilayah sekitar dan tidak sampai di pasarkan ke wilayah luar desa tersebut.

“Kami hanya memasarkan sekitar sini di kecamatan Bluto saja, tidak sampai keluar,” ujar mbak Tin kepada para mahasiswa yang sempat memberi motivasi produk yang dikelolanya.

Dalam kesempatan tersebut para mahasiswi selain melakukan observasi juga melakukan sosialisasi tentang pengembangan produk kerupuk tinta yang di produksmya.

“Pada dasarnya kami menyampaikan ide inovasi terhadap produk kerupuk tinta yaitu dengan memberikan lebel dan menggantikan bungkusnya dengan plastik yang sedikit lebih tebal sehingga lebih menarik pada konsumen,” ungkap Rofiqoh salah seorang mahasiswi pada media Rulis ini.

Setelah melakukan observasi para mahasiswi memberikan kiat-kiat pemasaran selain secara langsung pemasaran pada konsumen juga ditwarkan melalui media online seperti media sosial dan lainnya agar jangkauan pembeli atau konsumen bisa lebih luas lagi.(rofiqoh/rulis)




POSTING PILIHAN

Related

Utama 121226459626818467

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Telah Terbit

Telah terbit antologi cerita  pendek 

“Menjulang Matahari”

Cerpen ini ditulis oleh 30 orang penulis dengan latar peristiwa yang terjadi disekitar kehidupan penulisnya. Layak dimiliki dan dibaca dalam lingkungan keluarga

Rp. 45.000,-

 Pesan buku
 
item