Seminar Literasi dan Bedah Buku Novelis Al-Amien

Dua buku karya novelis perempuan Endang Kartini dengan novelnya  “Ali dan Aisyah” dan Richa Mthaharoh dalam novelnya  “Pendar  Cahaya di ...

Dua buku karya novelis perempuan Endang Kartini dengan novelnya  “Ali dan Aisyah” dan Richa Mthaharoh dalam novelnya  “Pendar  Cahaya di Atas Prahara” , Madura  diluncurkan di gedung TMI Putri Al-Amien Prenduan, Jum’at (23/3/2018).

Kedua novelis ini merupakan alumnus ponpes Al-Amien yang merambah dalam dunia kepenulisan dan kini keduanya bermukim di Jakarta.

Saat bersmaan juga dilaksanakan Seminar Literasi dengan menghadirkan pembicara  Jamal D Rahman (pimpinan redaksi majalah Horizon), Syaf Anton Wr (sastrawan) dan Lukman Hakim Ag (redaksi koran Jawa Pos Radar Madura).

Dalam kesempatan tersebut, Jamal D Rahman banyak sekitar perkembangan sastra Islam yang menurutnya sekarang ini juga banyak dikembangkan di pondok-pondok pesatren. Jamal yang juga alumnus ponpes Al-Amien itu banyak berharap agar para santri benar-benar konsisten dalam mengambangkan dunia menulisnya.

Sementara Syaf Anton lebih menitik beratkan pada kekuatan komunitas yang nantinya memberi gesekan terhadap satri yang belajar dalam dunia kesenian maupun kesusasteraan.

Lukman Hakim dalam presentasinya, menjelaskan proses bagaimana tulisan bisa dimuat di media. Untuk itu ia menekankan agar karya yang ditulis sastri benar-benar memiliki nilai sehingga karya  yang dikirimnya layak muat.

Seminar dan bedah buku yang diikuti ratus santrti baik putri maupun putra itu, tampaknya membawa angin segar terhadap fenomena sastra di Ponpes Al-Amien, sebagaimana terjadi pada masa-masa lalu. (rulis)


POSTING PILIHAN

Related

Kabar Rulis 8124351309406849282

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item