Mengapa Membuat Blog Bermanfaat, Ini Alasannya

 

Blog Rumah Literasi Sumenep, www.rumahliterasisumenep.org

Ada pihak mungkin menganggap bahwa manfaat blog tak lebih sekedar sebuah media online, yang mempublikasikan tulisan atau berita semata. Hal ini tentu sangat salah, karena manfaat blog bisa disebut multi guna, artinya apapun yang ingin disampaikan ke publik, blog merupakan jalan alternatif yang baik.

Ketika media cetak kerap tidak lagi banyak diharapkan, bagi penulis, blog merupakan alternatif untuk menyampaikan pikiran, gagasan dan suara hati untuk disampaikan atau di publikasikan secara online lewat blog. Meski media online banyak menyediakan rubrik tulisan, namun blog  menjadi jalan lempang untuk mencapai keinginan

Memangnya, apa saja sih kegunaan blog? Bagaimana sebuah blog bisa menguntungkan bagi kota?. Pada dasarnya, manfaat membuat blog ada banyak. Contohnya, sebagai media untuk berbagi pengetahuan, mengasah kemampuan menulis, membangun portofolio online, dan masih banyak lagi.

Inilah manfaat yang akan didapat bila  kita memanfaat blog sebagai media publikasi;

  1. Berbagi pengetahuan
  2. Mengasah kemampuan menulis
  3. Belajar menghasilkan uang secara online
  4. Membangun jaringan
  5. Menjual produk
  6. Sebagai portofolio online
  7. Manfaat blog untuk bisnis
  8. Bangun kepercayaan
  9. Dapatkan lebih banyak calon pelanggan

Rincian jelasnya dari poin-poin diatas seperti ini

  1. Berbagi Pengetahuan

Tidak semua keahlian atau pengetahuan yang  kita miliki dapat dengan mudah dibagikan. Alasannya, belum tentu orang-orang di se kitar  kita sepenuhnya tertarik dengan keahlian yang  kita miliki. Ini sebenarnya terkait pada terbatasnya jangkauan yang  kita miliki.

Dengan membangun blog,  kita bisa membagikan pengetahuan  kita secara tepat sasaran menuju para pembaca yang tertarik dengan hal yang  kita sajikan. Itulah mengapa salah satu manfaat membuat blog adalah sebagai media untuk berbagi pengetahuan.

Bagian menariknya,  kita bisa menghasilkan uang dari blog yang  kita miliki, baik itu dari memasang iklan atau menjual sebuah produk.

Apabila  kita gemar berbagi pengetahuan maupun menuangkan hal yang  kita kuasai, mengambil manfaat membuat blog dengan menulis bisa menjadi kesempatan yang bagus bagi  kita.

Bagi  kita yang hobi jalan-jalan, misalnya,  kita bisa menjadi travel blogger dan berbagi pengetahuan mengenai tempat-tempat menarik yang  kita kunjungi. 

  1. Mengasah Kemampuan Menulis

Satu-satunya cara untuk menjadi penulis terbaik adalah dengan mengasah kemampuan menulis. Tentu  kita pun dapat melakukannya.  kita dapat memulai dengan menulis artikel dalam topik tertentu secara rutin.

Hal inilah yang dilakukan oleh para blogger, mereka menghabiskan waktunya dengan menulis. Semakin sering  kita menulis, semakin baik tulisan yang  kita hasilkan.

  1. Belajar Menghasilkan Uang Secara Online

Siapa sangka salah satu manfaat membuat blog adalah bisa belajar menghasilkan uang secara online.

Jadi, bagi  kita yang ingin mencari tambahan pemasukan,  kita dapat melakukannya dengan cara membuat website. Saran kami, buatlah satu blog terlebih dahulu sesuai dengan tema atau niche blog yang  kita kuasai, kemudian maksimalkan dari sana.

Perlu diingat, kegunaan blog yang satu ini seringkali tidak langsung terlihat hasilnya. Sama seperti resep sukses para pebisnis, mengasuh blog membutuhkan ketekunan dalam membuat serta menerbitkan artikel secara rutin. Misalnya, sehari dua kali, atau dua hari sekali.

Setelah pengunjung  kita bertambah banyak, untuk mendapatkan pemasukan  kita dapat memasang layanan iklan seperti Google AdSense maupun Audience Network.

Selain memasang iklan,  kita juga dapat menjual produk yang  kita miliki sesuai tema blog  kita agar lebih tertarget. Sebagai contoh, jika blog  kita membahas tentang tips fashion,  kita juga bisa menjual barang yang berhubungan dengan fashion. Demikian halnya dengan tema blog lain.  kita dapat menjual apa saja!

  1. Membangun Jaringan

Membangun jaringan secara offline tentu tidak mudah, terutama jika  kita memiliki keterbatasan waktu untuk bergaul dan berjejaring. Nah, manfaat blog selanjutnya ini bisa mengatasi kesulitan  kita dengan mudah.

 kita dapat mulai dengan menulis hal-hal bermanfaat dan menarik sesuai bidang yang  kita sukai. Ketika para pembaca tertarik dengan tulisan  kita, mereka mungkin akan mengirimkan pesan atau komentar mengenai hal yang  kita tulis.

Nah, sebelum mereka menuliskan komentar,  kita dapat menetapkan alamat email atau nomor telepon sebagai persyaratan penulisan komentar. Selanjutnya, setelah  kita memiliki rincian kontak mereka,  kita dapat menggunakannya untuk mailing list maupun mempromosikan produk/layanan  kita.

  1. Menjual Produk

Jika  kita memiliki usaha offline, fungsi blog yang satu ini bisa  kita manfaatkan untuk memperoleh lebih banyak pelanggan setiap harinya.

Keuntungan membuat blog yang satu ini menawarkan solusi bagi banyak permasalahan sekaligus, bahkan dapat menyiasati lokasi tempat usaha yang kurang strategis. Manfaat blog bisa mulai  kita dapatkan ketika produk-produk yang dijual mulai tampil di dunia online.

Dengan mengambil keuntungan membuat blog untuk optimasi SEO, penjualannya berhasil meningkat.

Dulu saya sudah coba semuanya. Social media yang berbayar dan sebagainya. Sebelum ada Google update, kami fokus di SEO karena itu yang paling terasa dan hasilnya paling bagus.

Jika  kita memiliki website bisnis, cobalah manfaat blog ini untuk mendatangkan lebih banyak cuan.

  1. Sebagai Portofolio Online

Berdasarkan MediaBistro, sembilan dari sepuluh perusahaan akan mencari melihat profile secara online sebelum merekrut karyawan. Hampir 43 persen peserta survey tersebut mengatakan bahwa mereka mendapatkan kandidat berkualitas dengan cara ini.

Nah,  kita pun bisa memanfaatkan kegunaan blog sebagai portofolio online  kita. Blog ini nantinya bisa  kita isi dengan tulisan, foto, maupun proyek atau karya yang pernah  kita kerjakan sebelumnya. Bisa dikatakan, memanfaatkan fungsi blog adalah cara cerdas menarik minat perusahaan yang  kita inginkan!

  1. Manfaat Blog untuk Bisnis

Memulai usaha atau bisnis tentu bukan perkara mudah.  kita memerlukan modal yang tidak sedikit untuk sekedar menyewa tempat yang layak, misalnya.

Ketika nantinya pelanggan mulai berdatangan, terdapat banyak batasan yang berpotensi menghambat perkembangan bisnis  kita. Jika dihubungkan dengan tempat, bisa jadi  kita kehabisan space tempat sehingga harus memperluas ukuran fisik ruang usaha  kita maupun pindah tempat.

Ada keuntungan membuat blog utamanya bagi bisnis. Sebagai contoh,  kita dapat mulai dengan menuliskan review produk yang  kita jual. Ketika blog  kita semakin ramai,  kita bisa memasang tarif apabila ada produk yang ingin diulas dalam blog  kita.

Memanfaatkan fungsi blog juga jadi salah satu cara paling ampuh untuk menjangkau pembeli secara online. Jika calon pembeli mencari produk lewat Google, lalu menemukan ulasan produk di blog.  kita bisa mengarahkan mereka untuk mengunjungi laman toko online  kita.

Model bisnis online seperti ini semakin marak dalam beberapa tahun belakangan.  kita bahkan tidak memerlukan modal serta ruang usaha terlalu besar untuk memulai.

  1. Bangun Kepercayaan

Sebagian besar orang tidak akan menjalin kerja sama dengan orang lain tanpa mengetahui latar belakang berikut kemampuan yang dimiliki. Tentu tidak mudah meraih kepercayaan dari orang lain dalam waktu singkat, bukan?

 kita tidak bisa membeli kepercayaan begitu saja. Namun, dengan memanfaatkan keuntungan membuat blog,  kita bisa meningkatkan kepercayaan para pembaca terhadap  kita dalam waktu singkat.

Caranya,  kita hanya perlu menuliskan hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca sesuai topik yang mereka sukai. Citrakan diri  kita sebagai figur yang ‘dapat di kitalkan’ dan berwawasan luas. Selanjutnya mereka akan lebih mempercayai  kita.

Kegunaan blog yang satu ini efektif untuk menampilkan citra  kita di hadapan orang yang baru  kita kenal.

Selain itu,  kita juga perlu pastikan blog  kita tidak lemot, ya. Sebab sebagian besar pengunjung akan meninggalkan blog yang loadingnya lebih dari tiga detik.

  1. Dapatkan Lebih Banyak Calon Pelanggan

Fungsi blog selanjutnya dapat  kita jadikan senjata memperoleh lebih banyak klien. Misalkan  kita telah memiliki suatu bisnis yang menjual sepatu. Nah,  kita dapat memanfaatkan blog dengan terus-menerus menulis artikel mengenai sepatu, baik tentang sepatu yang  kita jual maupun sepatu yang tidak ada di toko  kita.

Konten yang  kita terbitkan secara teratur ini nantinya akan jadi seperti bola salju. Semakin sering  kita menerbitkan artikel secara rutin, semakin banyak pembaca yang datang berkunjung ke website  kita. Ini juga akan meningkatkan tingkat kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis sepatu  kita.

Tentu saja, frekuensi artikel yang terbit bukanlah satu-satunya tolok ukur utama.  kita perlu memperhatikan kontennya. Buat konten sebaik-baiknya dan utamakan konten yang sekiranya dapat menyelesaikan permasalahan para pelanggan. Setelah itu terbitkan artikel baru sesering mungkin. Calon pelanggan akan datang membanjiri blog yang  kita miliki dengan sendirinya.

Itu tadi beberapa manfaat blog yang bisa  kita peroleh. Ternyata fungsi blog ada banyak juga ya. Mulai dari memberikan pengetahuan pada banyak orang, mendapatkan penghasilan, hingga manfaatnya untuk bisnis yaitu meningkatkan pembeli.

____

Diresume dari tulisan Waryanto (niagahoster.co.id)

 

POSTING PILIHAN

Related

Utama 7791984537636568819

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item