Manfaat Blog Bagi Guru

 


“Sebanyak apapun kamu menulis, namun ketika tidak disampaikan pada pembaca, maka tulisan itu tak lebih dari catatan pribadi”

Kalimat tersebut sering saya sampaikan kepada calon penulis atau para penulis produktif namun karya-karyanya tidak pernah muncul di media. Media (cetak/onlime) menjadi pilihan utama untuk memperkenalkan karya-karya pribadi agar tulisan yang di produksinya akan menjadi manfaat ketika dibaca oleh penikmatnya. Sedang media cetak (koran), ketahanan tulisan yang diterbitkan biasanya tak lebih dari 2-3 hari, setelah kertas koran digeletakkan begitu saja , bahkan jadi bungkus makanan. Demikian pula majalah pun tidak bisa bertahan umur panjang, dan biasanya setelah di tumpuk di pojok-pojok ruang.

Lalu apa bedanya dengan diterbitkan dalam bentuk buku?. Menurut saya, sama; cuma bedanya seberapa banyak tiras buku yang diterbitkan?, seberapa kuat calon pembaca bisa mendapat buku dan kemudian mengunyahnya jadi santapan ilmu?.  Apalagi sekarang penerbit-penerbit buku mayor mulai banyak gulung tikar, karena beratnya bersaing dengan media online, baik yang berbayar yang ditawarkan lewat aplikasi, atau ebook dalam format pdf yang bertebaran di sejumlah situs.

Nah, tampaknya blogger merupakan pilihan yang paling tepat, untuk membagikan (menjual) karya kreatif baik dalam bentuk tulisan atau pun bentuk penawaran lainnya, sehingga produktifitas yang dihasilkan menjadi lebih berarti.

Mencari Ruang Blog Bagi Guru

Memang dalam benak guru tidak akan terpikir bagaimana menghasilkan finansial melalui blog. Blog bagi guru tentu untuk menjadi media, agar suara, perasaan, pikiran dan keinginan  yang terbentuk dalam  karya, bisa dinikmati oleh pembaca. Sebab sebagaimana di isyaratkan dalam Kurikulum Merdeka, tuntutan guru bukan sekedar kemampuan mengajar, tapi bagaimana usaha guru mampu mencipta  dan mengembangkan soft skills dan karakter yang ia miliki.

Namun sebetulnya, blog bukan lagi sesuatu yang baru bagi guru , kenyataan telah banyak guru  yang sudah memiliki blog baik blog yang gratis maupun blog yang berbayar. Perkembangan ilmu teknologi kekinian telah mendorong para guru untuk menggeluti dunia blogging. Namun disisi lain banyak pula guru yang masih awam tentang aktivitas ngeblog, cara membuat blog, membangun sebuah blog dan manfaat dari blog itu sendiri.

Setiap orang memiliki tujuan masing-masing saat membuat blog, seorang guru akan mau menggeluti dunia blog jika dirasakan ada manfaatnya secara langsung maupun tidak langsung.

Menyalurkan Hobi

Bagi yang hobi membaca dan menulis, blog adalah media yang tepat untuk menyalurkan hobi. Apa yang kita tulis bisa langsung kita publikasikan melalui blog. Apalagi jika sudah mempunyai  blog pribadi akan lebih mudah selama artikel yang kita tulis tidak mengandung SARA dan tidak menyudutkan pihak lain atau tidak bertentangan dengan Undang-undang. Selain menyalurkan hobi menulis di blog kita juga bisa menyalurkan hobi fotografi dan videografi sekaligus.

Media Berbagi informasi dan pengetahuan

Blog juga dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Informasi  apa saja yang ingin kita tulis bisa ditulis di blog lebih detail dan lengkap asalkkan sesuai fakta dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Informasi yang positif dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca

Memperluas jaringan pertemanan dan silaturahmi

Rajin menulis di blog membuat kita mempunyai banyak teman dan kenalan, tidak hanya yang berasal dari Indonesia tetapi juga dari mancanegara.terkadang tidak pernah bertemu namun akrab di dunia maya karena sering berinteraksi di dunia maya melalui komentar dan tulisan-tulisan di blog. Bahkan bisa berlanjut kopdar atau bertemu di dunia nyata.

Melatih skill atau keterampilan

Menulis di blog bermanfaat untuk melatih keterampilan kita dalam menulis. Semakin sering menulis di blog maka kita akan terasah kemampuan untuk menulis, kata demi kata kalimat yang kita rangkai lama kelamaan menjadi tulisan yang enak dibaca. Menulis di blog juga melatih skill kita berfikir, karena secara otomatis kita menulis juga berfikir tentang ide dan mengembangkan ide dan menyajikan tulisan yang enak untuk dibaca.

Media pembelajaran online

Selain untuk mempublikasikan tulisan, blog juga dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk  media pembelajaran online. Saat pandemi sekarang ini,  blog menjadi salah satu alternatif pembelajaran online, materi pembelajaran bisa disampaikan melalui blog , soal online, gambar dan video pembelajaran bisa disampaikan dalam blog.

Menjadi seorang Reseacher (Peneliti)

Ketika Menulis artikel di blog yang berisi tulisan yang baik, benar, informatif dan bermanfaat bagi pembaca tentunya membutuhkan sedikit research atau penelitian dalam hal ini mencari referensi baik dari buku, teman, atau informasi lainnya di google agar kita mendapatkan hal-hal baru karena membaca dan memahami. Semakin mengetahui bagaimana melakukan research atau penelitian sederhana dan singkat kita dapat merangkumnya menjadi sebuah artikel yang menarik dan informatif.

Tempat Penyimpanan Data online

Memiliki blog dapat kita gunakan untuk tempat menyimpan semua media pembelajaran, data, arsip kegiatan, nilai, foto dokumentasi dan bahkan menyimpan portofolio profesional seorang guru

Mendapat beragam kesempatan

Semakin banyak tulisan kita di blog, semakin banyak orang yang membaca, semakin banyak kenalan, semakin banyak dikenal pengguna internet, semakin banyak kesempatan yang datang mengampiri kita. Kesempatan mengikuti lomba blog misalnya, bertemu dengan para penulis hebat, para pakar dan tokoh serta kesempatan menjadikan tulisan kita menjadi karya buku

Mendapatkan Tambahan penghasilan

Walaupun bukan tujuan utama dari aktivitas menulis di blog namun blog juga bisa menghasilkan uang , dari iklan yang diklik oleh pengunjung blog. Bisa juga melalui kerjasama dengan berbagai pihak ,misalnya publiser atau periklanan,semakin blog kita banyak yang mengunjungi kita bisa melakukan promosi usaha.Dari situlah blog bisa mendatangkan tambahan penghasilan.

Masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari menulis di blog, terutama bagi guru, mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi yang bermanfaat (Syaf Anton/Rulis)

 

 

POSTING PILIHAN

Related

Utama 2332909474970760323

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item