Mixue, Es Krim dari China Makin Digemari Masyarakat

 Najwa Najiha Apriyani


 Siapa yang tidak tahu es krim Mixue. Namanya beberapa bulan terakhir menjadi viral di Indonesia, pasalnya toko mereka sudah melebar luas hampir di seluruh Indonesia. Bagaimana tidak, bahkan gerai nya dibuka hampir saling berdekatan membuat masyarakat penasaran. Entah itu memang lonjakan pembeli atau hanya sebuah strategi saja. Namun, yang jelas kini es krim Mixue banyak sekali di gemari di berbagai kalangan masyarakat terutama di Indonesia.

Mixue berasal dari negara Cina di kota Zhengzhou pada tahun 1977, bisa kita lihat di setiap gerai Mixue di dekat logo pasti terdapat tahun berdiri nya. Didirikan oleh Zhang Hongchao yang pada kala itu adalah seorang mahasiswa semester akhir. Pertama di luncurkan dengan nama Mixue ice cream & Tea, di tujukan untuk generasi muda. Hingga kini, mereka berhasil membangun pabrik dan rantai pasokan nya sendiri dan juga mampu memproduksi bahan inti secara mandiri (mxbc.com)

Pertama kali buka di Indonesia tepatnya di Bandung pada tahun 2020. Dan mendadak viral karena harga yang di banderol terbilang cukup murah dan rasa yang tidak mengecewakan membuat es krim ini viral di sosial media. Serta tokonya yang mencolok membuat masyarakat penasaran. Hanya butuh waktu yang terbilang cukup singkat, gerai Mixue sudah banyak kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Di tempat saya tinggal, di tiap sudut kota pasti terdapat gerai Mixue buka, bahkan dengan jarak yang tidak terlalu jauh sudah saya temui lagi gerai Mixue. Bahkan desain tokonya pun sama namun yang membuat heran tokonya pun tetap sama-sama ramai.

Harga yang cukup murah mungkin saja menjadi sukses nya es krim Mixue ini. Harga produknya berkisar antara Rp8.000 – Rp22.000 saja, kita sudah dapat menikmati es krim dengan berbagai variasi topping. Saya sering kali membeli es krim Mixue karena memang harga yang cukup terjangkau dan rasanya juga enak, terlebih topping yang ada memang membuat menarik sehingga saya penasaran. Untuk rasa di harga tersebut menurut saya memang worth it banget, apalagi di santap ketika siang hari saat matahari sedang terik teriknya rasanya sangat nikmat.

Menurut saya, rasa susu pada es krim Mixue ini sangat berasa, sehingga bagi penyuka susu pada es krim ini akan sangat menyukainya namun, bagi yang kurang suka dengan es krim nya bisa membeli produk teh nya. Ada banyak sekali varian teh nya, dari yang manis hingga asam pun ada. Jadi tidak perlu khawatir jika memang tidak menyukai susu.

Namun, dengan harga tersebut gerai Mixue ini terbilang cukup berani untuk membuka gerai nya di tempat yang jaraknya hampir berdekatan. Tetapi anehnya, sama-sama ramai. Apa ini sebuah lonjakan peminat masyarakat atau memang strategi dari Mixue sendiri?. Namun, keduanya juga bisa menjadi faktor sukses nya Mixue sekarang. Tidak di pungkiri, banyak yang mengatakan jika es krim Mixue ini memang enak terlebih harga yang terjangkau membuat masyarakat penasaran dan tertarik dengan es krim ini yang akhirnya terjadi lonjakan pembeli sehingga mengharuskan Mixue untuk menambah gerai nya karena pasar mereka sedang ramai. Atau bisa juga karena strategi toko es krim ini. Mungkin saja mereka sengaja membuka gerai nya di mana-mana agar masyarakat penasaran dan masyarakat tidak perlu pergi jauh ke satu tempat saja.

Buka nya gerai Mixue pun juga tidak sembarangan tempat, menurut yang saya amati di kota tempat saya tinggal sekarang, Malang, pun terbilang lokasinya cukup strategis sekali, mudah dijangkau oleh masyarakat. Dan juga selalu mempunyai lahan yang cukup luas, pasti ada lahan parkir untuk mobil. Kebanyakan mereka memanfaatkan rumah toko (ruko) yang tidak terpakai. Pemilihan lokasi yang strategis membuat Mixue terus bertambah ramai setiap waktunya.

Konsumen mereka setiap hari terus bertambah. Bahkan di Indonesia sendiri, hampir di semua kalangan pernah mencoba es krim dan teh Mixue. Namun, beberapa hari ini Mixue di Indonesia menjadi perbincangan masyarakat di media sosial, dikarenakan masyarakat mulai menyadari keberadaan Mixue ini ada di mana-mana. Selalu berada di Kawasan yang mudah di jangkau oleh masyarakat, rumah toko (ruko) yang dulunya kosong kini menjadi celah untuk dibukanya toko ini. Maka, tak heran jika kini Mixue menjadi trending topic di berbagai media sosial. Harusnya ini menjadi kabar baik bagi pihak Mixue, nama mereka menjadi perbincangan masyarakat sehingga mau tidak mau masyarakat menjadi penasaran tentang produk yang mereka jual.

Mixue kini telah hadir di berbagai negara asia, Tidak hanya di Indonesia namun juga di negara asia seperti Vietnam, Malaysia, dan Singapura. Gerai mereka yang ada di indonesia kini mencapai 317 gerai (Kompas.com), ini bisa menjadi peluang bisnis bagi mereka yang ingin membuka bisnis nya. Tidak perlu di ragukan lagi, bahwa kini konsumen Mixue terus bertambah dan pastinya sangat ramai. Asal kita bisa menarik pelanggan dan tahu tempat yang cukup strategis pastinya akan mempermudah bisnis ini.

Kini hampir di setiap sudut kota pasti kita akan menjumpai es krim Mixue ini. Tingkat penjualan mereka cukup tinggi sekarang dan bahkan mereka sudah membuka ratusan gerai di Indonesia. Produk - produk mereka sangat banyak di gemari di kalangan masyarakat dan cocok di lidah mereka. Hingga para konsumen mereka tidak segan untuk datang berkali – kali hanya untuk membeli produk es krim dan teh mereka.

Ini membuat banyak orang akan merekomendasikan produk mixue sebagai hidangan es dan minuman terbaik dan santapan yang cocok untuk menemani kegiatan keseharian mereka. Membuat orang penasaran dan terjadinya lonjakan peminat terhadap es krim dan teh Mixue. Sehingga gerai ini semakin harinya terus bertambah dan melonjak di mana – mana.

_____

Najwa Najiha Apriyani, Mahasiswi Jurusan  Farmasi 2022, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM_

POSTING PILIHAN

Related

Utama 455517860456780328

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item