Mahasiswa PMM UMM Berikan Edukasi Mengenai Save Money Untuk Memahami Konsep Mengatur Keuangan

Mahasiswa PMM UMM saat memberikan edukasi dalam memahami mengatur keungan

 Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan pengabdian yang bersifat intrakurikuler yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Program ini merupakan bentuk modifikasi dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 52 gelombang 01 tahun 2021/2022 melakukan kegiatan edukasi mengenai save money di Panti Asuhan As-Salam Shobuur, Jl. Taman Sengkaling I Blok B1 No.1, Jetak Lor, Mulyoagung, Kec. Dau, Kabupaten Malang. Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh anak-anak Panti Asuhan As-Salam Shobuur sebanyak 12 orang dengan dosen pembimbing Bapak Ardik Praharjo, S.AB.,M.A.B

Edukasi mengenai save money merupakan salah satu program kerja PMM kelompok 52. Edukasi ini dilakukan pada hari Jumat, 04 Maret 2022. Tujuan pelaksanaan kegiatan edukasi ini untuk memahami konsep mengatur keuangan pada anak-anak Panti Asuhan As-Salam Shobuur. Save money atau yang sering disebut dengan menabung merupakan kegiatan menyisihkan dana yang bertujuan untuk menyiapkan cadangan dana di kemudian hari. Dengan menabung dapat menjamin kestabilan keuangan untuk mempersiapkan berbagai resiko atau hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Memulai aktivitas menabung sejak dini merupakan salah satu manfaat bagaimana kita memahami konsep mengatur keuangan. Selain itu, manfaat yang diperoleh ialah dapat membentuk kebiasaan dalam mengatur dan merencanakan keuangan saat anak memasuki usia dewasa. Mengatur keuangan dengan baik dan sehat juga sangat diperlukan agar masa depan terjaga dengan baik dan memudahkan dalam mencukupi segala kebutuhan yang bersifat direncanakan maupun yang bersifat mendadak.

Tidak hanya dengan memberikan edukasi tersebut, Kelompok kami turut memberikan cara mengatur keuangan melalui metode menabung dengan menggunakan Celengan Target. Celengan target ialah tabung yang dibuat khusus dan bagian luarnya berisi sebuah kertas yang dicetak sesuai dengan total target menabung serta berapa uang yang harus ditabung. Dengan menggunakan metode ini, anak-anak Panti Asuhan As-Salam Shobuur dapat menabung setiap hari dengan nominal tertentu sehingga target menabung tercapai dalam jangka waktu yang diinginkan. 



Para mahasiswa menunjukkan hasil pembuatan celengan

Celengan target ini merupakan salah satu metode menabung untuk mewujudkan keinginan. Dengan adanya kertas total target yang tertera pada bagian celengan tersebut, kita dapat mengetahui berapa nominal yang harus di keluarkan perharinya untuk dapat mencapai target menabung yang diinginkan. Sehingga target menabung yang diinginkan dapat terwujud dengan cepat serta sesuai dengan total target yang diinginkan.

Dengan adanya kegiatan edukasi mengenai save money serta pembuatan celengan target yang disampaikan oleh kelompok Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 52 gelombang 01 ini kami berharap anak-anak Panti Asuhan As-Salam Shobuur dapat memupuk kebiasaan menabung sejak dini hingga saat dewasa nanti. Sehingga kebiasaan tersebut akan menjadi sebuah rutinitas yang melekat pada pembentukan karakter anak-anak Panti Asuhan As-Salam Shobuur.  

Penulis: Lifti Mulya Marmitasari. PMM UMM Kelompok 52 Gelombang 01. Universitas Muhammadiyah Malang

POSTING PILIHAN

Related

Utama 1270834195692693003

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

ADS

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item