Wisata Kesehatan Di Pasar Ketawang Karay (Part 1)


NK Gapura


Hampir satu tahun saya di Gadu Barat, Ganding. Yang menyenangkan, di desa tetangga, Ketawang Karay, ada pasar rakyat di balai desa. Tepat di halaman balai desa.

Beberapa kali, saat mengantar istri, saya ikut berbaur dengan mereka. Penjual dan pedagang bertransaksi seperti biasa. Mereka berbicara seperlunya. Tapi tersenyum sebanyak-banyaknya. Satu sama lain selalu menganggap kerabat jauh. Akrab dan guyub. Satu sama lain tidak ada niat untuk menipu atau mencari untung yang tak wajar.

Di pasar ini, banyak tersedia sayur dan buah. Terong segar, langker segar, mentimun segar, kecambah urap segar, sawi dan kangkung yang masih segar dan masih banyak yang lain. Kita juga bisa mencoba ulu'u atau bulut ala Ganding.

Menurut cerita dari keluarga, dagangan yang dijual di pasar ini, dipetik dan dijual sendiri oleh mereka saat jadwal pasar tiba. Jadi setiap buah dan sayur sudah pasti segar menggoda.

Keramaian pasar ini tidak begitu hiruk-pikuk. Tapi bisa mengundang senyum. Terutama bagi yang kangen suasana pasar tradisional, yang bersih, rapi dan sejuk.

Suasana menuju pasar ini sungguh indah. Jika dari timur, rutenya ke arah barat dari balai Desa Gadu Barat. Sejak memasuki gapura balai desa, kita akan disuguhi barisan bukit yang hijau dan syahdu. Hamparan sawah dan warga lokal yang ramah. Sungai kecil mengalir indah. Dan, jika lewat rute ini, anda juga bisa mampir ke rumah saya.

Jika dari arah selatan, kita bisa lewat lapangan duwa' labu. Dari selatan, kita juga akan disuguhi hamparan padi dan bukit yang rindang. Bagi saya, pasar rakyat di balai desa ini bisa dijangkau dan sekalian healing.

Pasar ini sangat genuine, apa adanya dan berpotensi jadi objek wisata kesehatan. Orang-orang yang terjerumus dalam prilaku, maaf, hedonis dan pragmatis, bisa mengenang suasana yang harmonis, tenang, sejuk dan tanpa sinis di pasar ini dengan murah meriah.

Orang-orang yang sering mengaku tidak punya waktu, sering dikejar standar hidup modern, pasar kecil ini bisa mengobati: hidup sederhana dan biasa-biasa saja, bisa berpotensi lebih bahagia. Penjual dan pembeli di pasar ini buktinya.

Dan, mereka yang ngotot bahwa keberhasilan hanya bisa dicapai dengan bertarung melawan bisingnya kota, usul saya, datanglah ke pasar kecil dan sederhana ini, dan rasakan, bahwa ketenangan adalah puncak dari seluruh capaian kehidupan.

Catatan ini, tidak mengada-ngada. Siapapun bisa membuktikannya. Datanglah di hari Sabtu, Senin atau Kamis sebelum jam 6 pagi tiba. Upayakan datang dengan pikiran terbuka, santai dan apa adanya. Pasar ini menyenangkan. Sama sekali tidak menegangkan layaknya hidup di perkotaan. Salam healing.

Ganding,
17 Pebruari 2022

Sumber: akun FB NK Gapura


POSTING PILIHAN

Related

Utama 7962529143752847710

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

ADS

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item