Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Kerajinan yang Bernilai Guna

Saat proses kegiatan bersama siswa dan wali murid

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian UMM

Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh kelompok 34 gelombang 9 pada tanggal 19 Januari 2024. Anggota kelompok tersebut terdiri dari Khairani Nur Utami, Laila Atfatul Hujaroh, Azzyndi Meyla Logahita, Vivi Febriani, dan Eka Agustin yang berasal dari program Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UMM serta dibimbing oleh Ibu Viajeng Purnama Putri, S.E.,M.M. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Setiap hari, sampah terkumpul dan menumpuk di sekitar kita, mulai dari yang sifatnya organik dan anorganik. Salah satu penyumbang terbesar dalam hal ini adalah dalam bentuk barang bekas yang tidak terpakai seperti botol dan plastik.

Terlebih lagi, sampah ini dapat membuat lingkungan menjadi kotor yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Oleh karena itu kami Mahasiswa PMM UMM kelompok 34 gelombang 9 melaksanakan kegiatan yang bermanfaat dengan berkreasi membuat suatu kerajinan dari barang bekas yang tidak berguna tersebut. kami melakukan kegiatan PMM ini di SDN 2 Sumberoto. kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kreativitas siswa SDN 2 Sumberoto.

Upaya mahasiswa PMM UMM membantu meningkatkan kreativitas siswa SDN 2 Sumberoto dengan cara memanfaatkan barang bekas (botol) menjadi kerajinan seperti Vas bunga, Kotak Pensil dan Celengan.

Tidak hanya siswa, kami juga turut mengundang orang tua untuk dapat berkreasi bersama membuat kerajinan. Kegiatan ini kami laksanakan secara tidak langsung dapat memberikan edukasi terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan cara yang sederhana.

Salah satunya dengan memanfaatkan barang bekas seperti botol dan plastik yang banyak ditemukan menjadi kerjinan yang cantik dan memiliki nilai guna. Kegiatan ini juga dapat mengeratkan hubungan antara anak dan orang tua serta meningkatkan kerjasama antar keduanya.

Ami sebagai Koordinator PMM menerangkan kegiatan dapat membantu dalam pencegahan pencemaran lingkungan dengan hal yang sederhana, setiap orang harus diberikan edukasi mengenai pentingnya untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Salah satunya dengan memanfaatkan, berinovasi, dan berkreasi dengan menjadikan barang bekas yang tidak berguna tersebut menjadi produk yang bernilai guna” jelasnya.
 
Kegiatan mengolah barang bekas menjadi kerajinan ini mendapatkan respon yang baik dari orangtua atau wali murid.

"Saya sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini, karena kita menjadi tau apa saja yang bisa dikreasikan dari botol bekas ini dan bisa menerapkannya dirumah" tutur Ani, merupakan perwakilan salah satu wali murid.

Sebelum memulai kegiatan ini siswa diharuskan mencari 1-2 botol bekas, gunting, penggaris, kuas & cat (opsional). Dari mahasiswa PMM UMM menyediakan beberapa bahan dan peralatan seperti kuas, lem bakar, gunting, cat, dan pewarna lainnya.

Lalu kami menjelaskan mengenai konsep kegiatan yang akan dilaksanakan serta memberikan beberapa referansi kerajinan yang dapat dibuat bersama kepada para siswa dan orang tua.

Selama kegiatan berlangsung kami melihat antusias anak dan orang tua yang luar biasa. Mulai dari memikirkan ide bersama, kerajinan seperti apa yang ingin mereka buat, hingga proses pembuatan kreasi tersebut.

Anak dan orang tua memiliki Kerjasama dan bonding yang sangat baik. kepala sekolah yang ikut serta mendampingi kegiatan ini sangat berterimakasih kepada pelaksana kegiatan karena telah peduli dengan siswa serta melibatkan orang tua dengan tujuan yang baik

“Saya sangat berterimakasih kepada mbak-mbak PMM UMM yang sudah merealisasikan kegiatan ini, dan alhamdulillah berjalan dengan lancar. Semoga kedepannya para guru dapat mencontoh kegiatan-kegiatan positif seperti ini” ucap Nurdiyah selaku Kepala Sekolah SDN 2 Sumberoto.

Kami berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk semuanya, kami juga berharap kegiatan ini dapat menjadikan pembelajaran dan pengalaman yang berharga bukan hanya bagi siswa SDN 2 Sumberoto melainkan bagi kami mahasiswa PMM UMM, para guru, dan orang tua.

Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang turut membantu kami demi merealisasikan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Pengirim/penulis: Azzyndi Meyla Logahita



POSTING PILIHAN

Related

Utama 6593342882148002541

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item