Ketua RULIS dapat Anugerah Sutasoma 2018


Lilik Rosida Irmawati, Kepala SDN Pabian 1  yang juga Ketua Rumah Literasi Sumenep (RULIS) mendapat Anugerah Sutasoma 2018, Balai Bahasa Jawa Timur, Rabu, 17 Oktober 2018 pagi yang digelar di Gedung Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur Surabaya.

Lilik yang sehari-hari bertugas Kepala Sekolah SDN Pabian 1 Sumenep dinilai laayak mendapat penghargaan karena dedikasinya terhadap pengembangan  Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain tanggung jawab di sekolah ia aktif di RULIS  dalam usaha pengembangan literasi di Sumenep.

“Ini merupakan tanggung jawab lebih berat lagi untuk beban yang akan saya jalankan,” ujarnya.

Dalam berorganisasi ia makan banyak “makan garam”, karena pengalaman berorganisasi yang pernah dilaluinya seperti LSM Pornama yang dibentuknya tahun 1990 lalu telah dijalankan menggandeng pemerintah dalam pengembangan pendidikan.

Selain itu pernah ia pernah menjabat ketua LSM Cerdas Bangsa yang diarahkan dalam dunia pendidikan dan lingkungan hidup.

Anugerah Sutasoma yang digelar setiap tahun itu, sebelumnya bernama Penghargaan Sastra yang digelar di Kantor Balai Bahasa Jatim. Namun pelaksanaan penghargaan bergengsi kali ini dilaksanakan lebih meriah dan melibatkan sejumlah instansi terkait, dan bahkan menghadirkan beberepa pertunjukan seni.

Selengkapnya, inilah penerima anugerah

1. Sastrawan berdedikasi: Tiwiek SA atau Suwignyo Adhi (sastrawan Jawa, salah satu pendiri Sanggar Sastra Jawa Triwidha, Tulungagung)
2. Karya sastra berbahasa Indonesia terbaik: "Mawar Gandrung" (karya M. Iqbal Baraas, dari Genteng Banyuwangi).
3. Karya sastra berbahasa daerah terbaik: buku gurit karya Nono Warnono, sastrawan Jawa dan aktivis PSJB (Pamarsudi Sastra Jawi Bojonegoro)
4. Komunitas sastra terbaik: Komunitas Rabu Sore dari Universitas Negeri Surabaya.
5. Buku kritik sastra terbaik: "Sastra Multikultural" karya Akhmad Taufiq (dosen Universitas Jember)
6. Guru Bahasa dan sastra berdedikasi (dalam pengembangan literas)i: Lilik Rosida Irmawati (Sumenep Madura)
7. Guru Bahasa Daerah berdedikasi: Imam Riyadi (Blitar)


(rulis)

Tulisan Terkait

Utama 6529150076490213875

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbitan RULIS

terbitan buku rumah literasi sumenep terbitan buku rumah literasi sumenep

Testimoni

silakan unduh materi literasi

Terbaru


Indek

Memuat…

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

item