KPI Agendakan Proyek Kitab Pentigraf 4: “Pentigraf Hijau”

Setelah sukses menerbitkan buku pentigraf (cerita tiga paragraf);  Kitab Pentigraf 1 “Robot Sempurna Sampai Alea Ingin ke Surga” (2017),  Kitab Pentigraf 2  “Papan Iklan di Pintu Depan” (2018), dan Kitab Pentigraf 3: “Laron-Laron Kota” (2019), kini Kampung Pentigrah Indonesia (KPI) telah mengagendakan penerbitan buku Kitab Pentigraf 4 “Pentigraf Hijau”.

Kelahiran KPI yang dibidani sastrawan Tengsoe Tjahjono merupakan sebuah komunitas yang secara khusus untuk memberikan ruang pentigrafis untuk menunjukkan eksistensi dalam karya-karya pentigraf. Dan genre sastra ini mulai banyak diminati penulis sastra di tanah air.

Terkait siapa saja  yang boleh mengisi Kitab Pentigraf 4 ini? “Untuk mengisi kitab prntigraf ini terbuka untuk umum bagi siapa saja yang berminat sebagaimana pada penerbitan sebelumnya,” ungkap tokoh sentral KPI ini.

Menurutnya, itu sudah sewajarnya jika para pentigrafis diundang untuk bersama-sama menerbitkan Kitab Pentigraf 4. “Maka, kami mengundang para pentigrafis untuk terlibat dalam proyek berikutnya ini. Semoga semakin banyak kawan yang berpartisipasi,” ujar dosen yang kini menetap di kota Malang. Adapun pun ketentuannya sebagai berikut:

A. Ketentuan Umum
  1. Proyek ini terbuka bagi siapa saja.
  2. Para pentigrafis diharapkan mengirimkan sebanyak maksimal 6 (enam) pentigraf bertema Pentigraf Hijau. (jangan lebih dari 6 pentigraf)
  3. Mohon melampirkan biodata singkat (sepanjang maksimal 10 kalimat), alamat, e-mail, dan nomor HP untuk memudahkan komunikasi.
  4. Pentigraf terdiri atas 3 paragraf, sepanjang kurang-lebih satu halaman A-5, tidak bersambung ke halaman berikutnya.
  5. Kirimkan pentigraf terbaik Anda ke alamat email: kitabpentigraf@gmail.com, mulai 1 Agustus 2019 hingga paling lambat diterima pada 30 November 2019, pukul 00.00.
  6. Kirimkan dalam bentuk file dengan subjek: pentigraf4_namapenulis (contoh: pentigraf4_siwidwisaputro).
  7. Pentigraf yang masuk akan diseleksi oleh Tim Kurator yang ditunjuk.
  8. Hasil seleksi akan diumumkan di FB Kampung Pentigraf Indonesia pada 31 Desember 2019.
  9. Pentigraf yang dikirimkan hendaknya belum pernah diterbitkan dan disertakan dalam proyek komunitas lain.
B. Ketentuan Khusus
  1. Penerbitan Kitab Pentigraf bersifat independen, bukan komersial, serta berdasar kemandirian individu yang menjunjung tinggi kebersamaan.
  2. Karena penerbitan buku ini tidak bertujuan komersial, para pentigrafis yang karyanya dimuat, tidak akan memperoleh honorarium/ royalti.
  3. Biaya penerbitan akan didukung bersama-sama oleh para pentigrafis yang karyanya lulus kurasi dan dimuat dalam kitab pentigraf.
  4. Para pentigrafis yang karyanya lulus kurasi dimohon mengirimkan kontribusi minimal Rp100.000 untuk biaya penerbitan.
  5. Kontribusi tersebut akan dikembalikan kepada para pentigrafis dalam wujud kitab pentigraf yang jumlahnya sebanding dengan nominal iuran.
  6. Kitab Pentigraf ini akan diterbitkan oleh Kampung Pentigraf Indonesia.
  7. Seluruh proses mulai dari pengumpulan naskah, kurasi, administrasi, dan tahapan penerbitan akan diinformasikan secara transparan lewat Facebook Kampung Pentigraf Indonesia.
C. Pengertian Pentigraf Hijau

Apa itu sastra hijau?

Sastra Hijau adalah sebuah sastra atau karya tulis yg terinspirasi oleh alam dan didedikasikan untuk alam itu sendiri. Selain sebagai pemuas para sastrawan dan para pembaca yg menikmati keindahan sebuah sastra dan alam itu sendiri.

Sastra hijau ini juga secara langsung ataupun tidak langsung, sengaja atau tidak sengaja, dapat menjadi sebuah gerakan mengajak dan menginspirasi untuk merawat dan melestarikan alam. Telah banyak negara-negara maju di dunia seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia, Cina, Inggris, Belanda dan Jerman yg menerapkan sastra hijau untuk mengembangkan alam di pedesaan, kota, dan pulau-pulau sekitar mereka sehingga masyarakat menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian alam dan keberlangsungan bumi.

Pentigraf Hijau ialah Pentigraf yang berisi ajakan untuk merawat dan melestarikan lingkungan hidup dan alam. Marilah kita tunjukkan kepedulian kita terhadap alam dan lingkungan melalui Pentigraf yang kita tulis. (syaf)





Tulisan Terkait

Utama 2480678118725034259

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbitan Buku

Marlena Marlena Marlena Marlena terbitan buku rumah literasi sumenep terbitan buku rumah literasi sumenep

Testimoni

silakan unduh materi literasi

Terbaru


Indek

Memuat…

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

item