Tantangan Orang Tua di Era Digital


Bagi generasi natifteknologi (digital native), yaitu milenial dan generasi Z, rasanya mustahil dipisahkan dengan teknologi. Mereka lahir dan besar di tengah gempuran kemajuan teknologi yang sedemikian pesat. Telepon seluler (ponsel) pintar, komputer, tablet, laptop, dengan akses internet di mana-mana, bukan lagi menjadi hal yang asing untuk mereka. Bahkan seorang bayi yang baru lahir sekali pun langsung dibuatkan akun media sosial (medsos) oleh orang tuanya. Aturan batasan usia bagi pengguna media sosial sering kali dilanggar.

Peran orang tua sangat krusìal agar generasi milenial dan Z ini bisa bebas mengakses internet dan berkreasi serta mengambil manfaat di dalamnya, namun dapat tetap membuat mereka aman dan nyaman. menjadi orang tua memang penuh tanggung jawab. Terlebih di zaman yang serba maju, di , mana teknologi interíiberangsur menjadi sebuah kebutuhan di dalam keluarga.

Banyak tantangan barn yang haws ditaklukkan oleh para orang tua. Bagaimana membimbing anak yang makin lincah bergerak di dunia daring (online), tanpa harus terlihat seperti penjaga berbaju besi.

Mudahnya mengakses dan keinginan anak-anak untuk leluasa berselancar di dunia maya adalah beberapa tantangan yang harus dihadapi orang tua ketika berbicara mengenai keamanan berinternet bagi anak. Dunia Internet memang tidak aman.

Dengan mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi orang tua serta penanggulangannya, anak-anak diharapkan bisa tetap menikmati manfaat intenet tanpa terseret ke sisi gelap jagat maya.

Untuk uraian lebih lengkap sekitar sulakan unduh :”Panduan Praktis untuk Orang Tua” dalam mengakses internet bagi anak

Tulisan Terkait

Asah Literasi 6998583545311109654

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbitan Buku

Marlena Marlena Marlena Marlena terbitan buku rumah literasi sumenep terbitan buku rumah literasi sumenep

Testimoni

silakan unduh materi literasi

Terbaru


Indek

Memuat…

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

item