Persamaan dan Perbedaan Bendara Indonesia dengan Monako

 

Bendera merupakan simbol yang mewakili suatu negara yang memiliki makna tersendiri lalu bagaimana jika suatu negara punya bendera yang sama? Seperti halnya bendera negara kita Indonesia dengan salah satu negara Eropa yaitu Monaco siapa yang lebih dulu?

Monako dikenal sebagai negara terkecil di dunia setelah Vatikan yang hanya memiliki luas 2,02 km persegi. Negara ini juga menyandang titel sebagai negara kecil dengan populasi penduduk terpadat di dunia, yaitu jumlah populasinya sekitar 30rb jiwa. Karena dikelilingi langsung oleh Prancis, lalu sangat dekat dengan Italia, Inggris, dan Amerika banyak negara-negara tetangga tersebut tinggal dan menjadi warga negara Monako.

Justru penduduk asli Monako sendiri diketahui terhitung minoritas di negaranya Monako sempat tak mau menerima dan mengakui kemerdekaan Indonesia alasannya ya karena bendera bendera Indonesia sama persis dengan bendera negera mereka

Kala itu Monako meminta Indonesia untuk mengubah warna bendera, yang artinya mengubah bendera Indonesia Monako bahkan punya klaim kalau bendera mereka—yang berwarna merah-putih merupakan salah satu bendera tertua di dunia. Jauh sebelum Indonesia merdeka. Benarkah?!

Menurut American Flags Foundation,  bendera Monako secara resmi disahkan menjadi bendera negaranya pada tanggal 04 April 1881. Peresmian ini dilakukan pada saat pemerintahan Pangeran Monako yaitu Charles III.

Sebenarnya, jauh dari tahun peresmian itu warna merah-putih sudah digunakan sebagai warna bendera Monako sejak tahun 1297. Awalnya, sistem pemerintahan Monako masih merupakan sistem pemerintahan monarki.

Melansir Flag Maker, Monako merupakan negara koloni Genoa, Italia. Kala itu, dikisahkan seseorang bernama Francesco Grimaldi seorang keturunan Italia yang berhasil merebut kemerdekaan dari koloni Genoa pada tahun 1297. Sejak tahun itu pula, simbol negara pun dibentuk untuk mewakili wilayah dinasti Grimaldi yang dinamakan House of Gremaldi dengan sebuah moto "de juvanto" yang berarti dengan bantuan Tuhan dalam bahasa latin.

Perhatikan pada gambar bendera Monako ada rangkaian pola wajik dalam simbol tersebut nah, itulah asal usul penentuan warna bendera monako warna merah putih itu. Dan juga sebenarnya diambil dari warna bendera Genoa yang merupakan salib St. George itulah alasannya mengapa Monako mengklaim bahwa bendera negaranya merupakan bendera tertua di dunia yang mana dihitung dari awal pertama kali warna merah-putih digunakan yaitu pada tahun 1297.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Indonesia adalah sebuah negara kepulauan di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa yang berada di antara daratan benua Asia dan Australia serta antara samudra pasifik dan samudra hindia sehingga Indonesia sering kali dikenal sebagai negara lintas benua.

Indonesia merupakan negara terluas ke-14 sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 1.904.569 km² serta negara dengan pulau terbanyak ke-6 di dunia dengan jumlah 17.504 pulau Selain itu Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik saat ini tahun 2022 jumlah penduduk di Tanah Air sebanyak 275,77 juta.

Berbicara mengenai asal usul bendera Indonesia, catatan sejarah yang paling terkenal adalah  saat para pembela kemerdekaan di Surabaya, merobek bendera Belanda yang berwarna merah putih dan biru dan hanya menyisahkan warna merah putih untuk terus berkibar secara resmi.

Bendera merah putih di Indonesia pertama kali berkibar pada momen kemerdekaan 17 Agustus 1945. Bendera merah putih itu dijahit oleh ibu Fatmawai. Ada pula yang menyebutkan bahwa warna merah-putih pada bendera Indonesia sebenarnya diambil dari warna bendera Jepang sebagai penjajah terakhir di Indonesia

Pada bendera Jepang juga terdapat warna merah dan putih. Kalau dilihat begini memang benar, bahwa bendera Monako lah yang pertama kali terbentuk dan wajar saja. Monako meminta Indonesia untuk mengubah warna benderanya tapi, fakta menarik terungkap kalau sebenarnya warna merah putih pada bendera Indonesia ternyata sudah jauh lebih tua dibandingkan Monako.

Proklamator sekaligus presiden pertama negara Indonesia yaitu, Ir. Soekarno memberikan fakta bahwa warna merah-putih yang digunakan dalam bendera Indonesia terinspirasi dari warna bendera Kerajaan Majapahit. Kala itu bendera kerajaan mempunyai sembilan garis merah-putih, yang terdiri dari lima garis merah dan empat garis putih horizontal.

Bendera Kerajaan Majapahit kala itu disebut dengan Sang Saka Getih-Getah Samudra atau disebut juga Sang Saka Gula Kelapa . Kala itu, Sang Saka Getih-Getah Samudra dikibarkan sebagai panji kemenangan pasukan Raden Wijaya (putra pertama Majapahit) dalam pertempuran pertama melawan pasukan Dinasti Yuan dari Tiongkok.

Dalam Prasasti Butak, Sang Saka Getih-Getah Samudra tercatat sebagai bendera yang dikibarkan pertama kali pada tahun 1292 dan berakhir dikibatkan pada tahun 1527,  yang mana artinya warna merah putih pada bendera Indonesia sudah digunakan lima tahun lebih tua dibandingkan Monako.

Itulah sebabnya Monako mengalah dan sepakat untuk menggunakan warna merah-putih dengan posisi yang sama pada bendera negara masing – masing hingga sekarang warna, posisi, dan kesamaan bendera keduanya sudah terdaftar di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan diakaui oleh seluruh dunia. Sedangkan untuk sang saka getah getih samudra sebenarnya masih digunakan hingga saat ini.

Bendera itu kini tetap berkibar dan dijadikan sebagai bendera resmi kapal-kapal TNI AL jika di lihat-lihat sebenarnya ada perbedaan antara Bendera Indonesia dan Monako meski sudah membuat kesepakatan perbedaan itu tetap terlihat

Dari dimensi bendera negara masing-masing apa aja?! perbandingan panjang antara merah dan putih pada bendera Indonesia yaitu 2:3, sedangkan untuk Monako mempunyai porsi 4:5. Kedua, spot warna merah pada kedua negara berbeda, perbedaan spot warna ini,,harus diterapkan pada warna merah dari bendera kedua negara secara digital. Hal ini dibagi dengan menggunakan warna pada Pantone Matching System (PMS) dan CMYK Process (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black).

Melansir Flag Makers, untuk warna merah pada bendera Indonesia menggunakan PMS Red: 032 Sedangkan untuk warna merah pada bendera Monako menggunakan PMS Red: 032 C Atau jika mengikuti CMYK Process, maka perpaduannya warna merahnya adalah 0 persen Cyan, 90 persen Magenta, 86 persen Yellow, dan 0 persen Black

Itulah fakta catatan sejarah antara bendera indonesia dan Monako. Dan apa perbedaanya dua  bendera dari kedua negara itu jika para  ingin menambahkan fakta sejarah dan perbedaanya silahkan tulis di kolom komentar dibawah. (Redaksi Rulis)

 (sumber: youtube/PustakaDunia)

POSTING PILIHAN

Related

Utama 6831113331102340302

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item