“Ramadhan dan Wanita Muslimah”, Topik Siaran Langsung IG Rulis


Rulis, Sumenep; Mengisi bulan puasa Ramadhan, Rumah Literasi Sumenep (Rulis) menggelar Bincang Literasi  melalui siaran langsung Instagram (IG) Rumah Literasi Sumenep, Jum’at, 7 April 2023 mulai pukul 20.00 sampai 21.30 WIB.

Acara yang dipandu oleh Bintu Assyatthie ini menghadirkan  Nur Khalilah Manan, seorang aktifis perempuan, penulis dan salah satu aktivis Rulis, dengan topik bahasan “Ramadhan dan Wanita Muslimah”.

Acara siaran yang diikuti banyak nitezen pengikut aku IG Rulis itu, memberikan suasana baru yang selama ini Rulis sering mengangkat masalah dunia kepenulisan dan literasi sekolah itu, ini baru pertama mengangkat persoalan keagamaan (Islam) utamanya terkian dengan dunia perempuan.

Menurut  Ila, demikian panggilan akrab Nur Khalilah Mannan, ininya siapa yang berpuasa di bulan ramadhan, laki-laki atau perempuan sama-sama mendapat pahala, mendapat fadhol, mendapatkan keutamaan

“Tapi ada beberapa hal yang khas banget, yaitu  puasa bagi perempuan,” katanya.

“Ada pengalaman perempuan yang berkenaan dengan biologis, yaitu haid, nifas, mengandung dan menyusui. Dan ini merupakan kodrat perempuan yang tidak dialami kaum laki-laki,” jelas alumnus TMI Al-Amien Prenduan Sumenep dan Ma'had Aly  Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

Dijelaskan, tentang hal ini haid, nifas itu termasuk udzur syar’i yang membuat perempuan tidak sah melakukan ibadah puasa. Jadi perempuan haid atau nifas otomatis puasanya batal.

“Mengandung dan menyusui juga tidak berpuasa tapi dengan catatan bila ada gelagat bahaya atau anaknya, maka dia boleh untuk tidak berpuasa,” ungkap penulis yang juga pengasuh YPAI Nurul Islam Dasuk Laok - Dasuk - Sumenep.

Program Live IG  Bincang Literasi akan digelar setiap Jum’at malam di aku IG Rumah Literasi Sumenep ini dengan bahasan dengan topik bergantian. (Red. Rulis)



POSTING PILIHAN

Related

Utama 6876017617679163965

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item