MTsN 1 Sumenep, Mantapkan Program GLS

Tim GLS MTsN 1 Sumenep menerima pemantapan dari nara sumber

Rulis, Sumenep;
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) menjadi bagian program penting dalam pendidikan di sekolah, karena inti dari program mampu mengembangkan kemampuan murid dalam menyimak, berbicara, membaca dan menulis (Makbicalis)

Tampaknya, di Medrasah Tsanawiyah negeri (MTsN) 1 Sumenep, program ini telah dirancang sedemikian rupa, dan untuk menguatkannya, telah dibentuk Tim GLS yang kemudian tim tersebut bertanggung jawab mengembangkannya di masing-masing mata pelajaran (mapel).

Hal ini disampaikan Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kurikulum, Koesdartina saat pemantapan GLS, Selasa, 14 Februari 2023, di ruang rapat madrasah setempat.

“Saat ini kami mengadakan pemantapan program, maka hari ini kami mengadakan koornasi antar anggota tim dan menghadirkan Rumah Literasi Sumenep (Rulis) sebagai nara sumber,” jelas Bu Koes

Menurutnya, pihaknya ingin menerapkan GLS di lembaganya, sesuai dengan ketentuan dan regulasi pemerintah daerah, yakni Peraturan Bupati Sumenep, Nomor I3 Tahun 2021, Tentang Gerakan Literasi Satuan Pendidikan.

Ditambahkan, selain itu, setiap sekolah/madrasah  harus mengikuti kompetensi asesmen minimal, salah satunya penerapan literasi diterapkan di setiap mapel

“Dengan adanya koordinasi hari ini, kami dari tim GLS  semakin faham bahwa literasi itu bukan milik mapel Bahasa Indonesia saja, tapi juga milik disiplin semua mapel atau semua bidang keilmuan,” ungkapnya.

“Sesuai dengan yang disampaikan nara sumber, berkomitmen bahwa , insya Allah akan memulai melangkah untuk menerapkan GLS sesuai dengan harapan semuanya,” pungkasnya.

Hadir sebagai nara sumber, Ketua Rumah Literasi Sumenep, Lilik Rosida Irmawati, mengupas banyak sekitar makbicalis yang kemudian menjadi landasan penerapan  pemahaman literasi pada siswa

Penulis: Syaf/Rulis


POSTING PILIHAN

Related

Utama 1709821706769992705

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item