Pentingnya Edukasi Kesehatan Untuk Anak Muda

Sekelompok anak muda sedang begadang malam hari, juga mendatangkan penyakit. (google_image)

Charisma Ayu Pradita

Edukasi adalah suatu pembelajaran atau proses pembelajaran yang memiliki tujuan untuk mendidik atau memberi arahan serta pelajaran dan menambah ilmu pengetahuan bagi setiap diri manusia untuk menjadi lebih baik lagi. Edukasi salah satu hal yang sangat penting dalam lingkungan masyarakat saat ini.

Bahkan bukan hanya saat ini akan tetapi dari zaman dahulu hingga zaman yang akan datang sebuah edukasi sangatlah dibutuhkan oleh lingkungan masyarakat. Akan tetapi sangat disayangkan bahwasanya masyarakat pada saat ini memiliki literasi yang kurang. Dengan perkembangan zaman yang sudah semakin melesat ini seharusnya semakin mudah pulah masyarakat untuk mengakses sebuah edukasi.

Salah satu dari banyak sekali macam edukasi yaitu ada edukasi kesehatan. Edukasi Kesehatan merupakan suatu proses untuk mengingatkan lingkungan masyarakat agar dapat menjaga serta meningkatkan Kesehatan dalam tubuh seseorang. Kesehatan merupakan salah satu aset penting dalam kehidupan setiap manusia, maka dari itu edukasi Kesehatan ini juga sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat.

Dari beberapa tahun yang lalu tepatnya awal tahun 2020 dunia Kesehatan sedang tidak baik-baik saja, karena pada saat itu hingga sekarang kita dihantui oleh pandemic covid-19 yang terus melanda. Kian hari dari awal ditetapknnya pandemic covid-19 banyak sekali orang yang terpapar. Setiap orang bahkan memiliki gejala yang hampir sama satu sama lain, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang positif covid-19 karena mereka tidak memiliki gejala yang parah, atau bahkan mereka tidak memiliki gejala dan bisa disebut orng tanpa gejala.

Saat ini sangat banyak sekali penyakit yang diderita oleh setiap orang, terkhususnya untuk anak muda. Tidak sedikit anak muda yang sering merasakan sakit yang terlihat sepele akan tetapi tidak bisa disepelekan begitu saja. Kebanyakan penyakit anak muda zaman sekarang adalah gangguan kesehatan mental, lambung, kolestrol, asma, anemia, dan masih banyak lagi. Usia remaja atau anak muda sekarang ini sebenarnya juga merupakan suatu usia yang mudah sekali terpapar oleh suatu penyakit.

Hal tersebut banyak sekali pemicunya, diantaranya banyak anak muda yang mudah setres, memiliki pemikiran yang labil, suka menganggap makanan yang dikonsumsi baik dan sehat, kurangnya waktu untuk istirahat yang cukup, serta kurangnya berolahraga dan beraktifitas. Terutama untuk anak muda yang sedang dalam perantauan untuk menuntut ilmu, atau bahkan sedang bekerja pasti tidak sedikit dari mereka yang sering mengalami sakit.

Dalam pemberian edukasi untuk banyak masyarkat terkhususnya anak muda juga tidak bisa dibilang mudah. Banyak hal yang harus dilakukan untuk mengedukasi mereka, banyak cara pula yang perlu disiapkan. Berbagai pendekatan juga sangat diperlukan untuk memberikan sebuah edukasi, terutama masalah kesehatan yang bisa dibilang sangat sensitif ditelingan setiap orang. Sering kali banyak masyarakat terlebih anak muda yang menyepelekan suatu penyakit dengan gampang serta banyak alasan tanpa memikirkan dampak apa yang kita dapat dari penyakit tersebut untuk kedepannya.

Dampak dari suatu penyakit yang diderita oleh setiap orang pasti nyata adanya, meskipun kita tidak tahu dampak itu kecil atau besar kita harus tetap hati-hati dalam setiap tindakan ynag akan kita lakukan. Dampak yang kita dapat dari suatu penyakit tersebut juga terkadang dapat mempengaruhi kegiatan kita di masa yang akan datang. Contoh dari berbagai dampak penyakit yang diderita oleh seseorang adalah kita harus menghindari beberapa makanan yang sekiranya akan menggugah penyakit tersebut untuk kambuh kembali, harus menjaga pola hidup yang lebih sehat, menjaga waktu istirahat dll.

Saya merupkan salah satu seorang mahasiswa kesehatan terkadang bisa lalai dalam menjaga kesehatan. Dapat disimpulkan bahwa setiap orang pasti akan memiliki masa sakitnya, setiap orang pasti saja akan sakit tidak hanya anak muda, tetapi juga anak kecilm, orang dewasa, atau bahkan lansia. Jadi yang harus kita lakukan yaitu mencegah penyakit apapun itu dengan baik.

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan diantaranya yang paling penting yaitu dengan, menjaga pola hidup yang sehat, mejaga pola makan, istirahat yang cukup, melakukan hal-hal yang positif, serta masih banyak hal lainnya yang dapat kita lakukan. Kesehatan memiliki harga yang sangat mahal, jadi lebih baik kita mencegah daripada harus mengobati.

_____

Charisma Ayu Pradita, Mahasiswa UMM dari jurusan Farmasi angkatan 2022, NIM : 202210410311208, Kelas : Farmasi F

 

POSTING PILIHAN

Related

Utama 6145286490619193625

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item