Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Kehidupan Masyarakat

Saat pandemi Covid 19 berlangsung Social distancing dan memakai masker menjadi usaha utama untuk pencegahan

Beckham Syafatullah Putra Ivandi

Tidak lama ini dikejutkan dengan wabah virus yang bernama corona atau covid-19 (Corona Virus diseases 19). Virus yang menyebar dengan cepat tanggal 31 Desember 2019 di kota Wuhan Provinsi Hubei Tiongkok pandemi ini menyebar ke seluruh penjuru dunia dengan cepat dan penyebarannya diduga melalui media angin. Organisasi WHO pada  menetapkansebelas maret 2020 telah mengumumkan bahwa wabah ini adalah wabah atau pandemi global.

Penularan covid 19 lewat udara dan sangat sulit untuk diprediksi karena kegiatan warga indonesia yang cukup saling   bersinggungan merupakan penyebab tersebar luasnya covid-19 di Indonesia menjadi cepati. Penangkal ataupun obat yang sulit ditemukan dan    banyaknya pasien yang terkena virus covid-19 ini yang menjadi penyebab kematian penduduk indonesia. Rumah sakit mana pun banyak yang kewalahan menanganinya sehingga para pasien yang tidak ditangani dengan baik ataupun telat ditangani banyak yang meninggal.

Sulitnya mencari alat pelindung untuk para dokter yang menjadi penyebab kematian para dokter semakin meningkat. Paramedis yang menangani pasien  terkena covid-19 pun juga terkena dampak ini dan akhirnya meninggal. Ratusan ribu orang terdampak virus ini, bahkan bukan hanya ribuan yang meninggal melainkan puluhan ribu meninggal dunia. Penularan covid 19 ini cepat sekali bahkan sulit untuk terdeteksi karena masa ter identifikasi terkena Covid-19 sekitar 2 sampai 3 minggu.  

Susahnya penanganan covid ini membuat para masyarakat mengikuti kebijakan-kebijakan pemerintah indonesia yang sebenarnya sangat ketat karena cara inilah yang paling ampuh untuk memutus penyebaran covid-19.

Social distancing dan memakai masker bila berpergian menjadi salah satu kewajiban bagi  masyarakat indonesia untuk dapat melakukan aktivitas diluar rumah. Menerapkan kebijakan pemerintah adalah salah satu cara untuk pencegahan wabah ini. Kebijakan pemerintah banyak berdampak negatif terhadap masyarakat. Salah satu kebijakan pemerintah dengan pembatasan interaksi antar masyarakat adalah salah satu penghambat laju pertumbuhan dan kemajuan dalam perekonomian masyarakat indonesia.  

Peraturan pemerintah tentang social distancing berakibat besar terhadap  keseharian warga indonesia, yang awalnya bekerja secaraoffline sekarang dengan work from home (WFH) dan banyak juga pabrik melakukan pemecatan masal dan itulah awal bencana bagi para buruh. Hal itu yang membuat melambatnya laju ekonomi yang mengakibatkan  susahnya memenuhi kebutuhan primer manusia untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Bukan hanya perekonomian saja yang terdampak namun sektor pendidikan juga menjadi salah satu yang terdampak kebijakan ini.

Keputusan pemerintah merubah proses pembelajaran dari sekolah menjadi sekolah online atau pembelajaran di rumah sangat mendadak sekali dan berakibat terpecahnya fokus belajar siswa siswi. Sekolah tidak siap melakukan pembelajaran dengan metode daring yang membuat kekacauan walaupun sebenarnya pemerintah memberikan solusi terbaik atas masalah tersebut. Pemerintah juga telah membuat sistem penilaian untuk siswa siswi agar naik kelas ataupun lulus walau situasi yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka.  

Sebagai pemerintah sangat sulit untuk memindahkan atau merubah  proses pembelajaran dengan media online dan pemerintah mengumumkannya sangat mendadak, membuat kesusahan berbagai pihak, salah satunya para orangtua dan siswa itu sendiri. Sekolah juga tidak siap  melakukan pembelajaran secara online menjadi masalah utama dalam kekacauan ini, dan sebenarnya pemerintah sudah memberikan solusi terbaik.

Digantinya penilaian serta cara pembelajaran membutuhkan support dari siswa siswi agar  pembelajaran dapat berlangsung. Pemerintah membuat tata cara pembelajaran dengan memanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran daring agar pembelajaran di indonesia tetap berlanjut. Penggunaan teknologi sebagai pembelajaran sebenarnya mempunyai banyak faktor yang membuat terhambatnya efektifitas dakam pembelajaran.  

Penguasaan teknologi oleh para guru dan anak anak yang masih rendah terutama guru yang sudah lumayan tua, terutama para guru yang lahir tahun 1980 ke bawah. Tahun 1980 teknologi untuk pembelajaran belum begitu digunakan karena memakai buku sebagai media embelajaran. Dulu menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran hanya dirasakan oleh orang tertentu dan juga teknologi secanggih jaman sekarang.

Sebenarnya para guru dan siswa siswi  bisa belajar agar mereka mengikuti perkembangan jaman, mereka pasti mampu karena prinsipnya guru dan siswa siswi belajar tentang apapun agar  selalu siap menghadapi dan mengikuti dari perubahan zaman yang begitu cepat, sekaligus agar mereka tidak terlalu gaptek tentang perkembangan teknologi.   

Para Guru dan siswa siswi juga tidak terbiasa   dengan penggunaan teknologi pada kesehariannya. Kendala siswa selanjutnya pada saat pembelajaran dirumah, para siswa siswi pada saat pembelajaran dirumah harus berrebut dalam menggunakan perangkat handphone pendukung pembelajaran karena merka banyak yang tidak punya handphone ataupun laptop lebih untuk menujang pembelajaran.   

 Untuk pemerintah, ini merupakan masalah terkait pembelajaran pada saat pandemi ini dan merupakan masalah yang harus diselesaikan bagi pemerintah Indonesia. Agar pendidikan di indonesia berjalan dengan lancar dan aman.

Bagi peneliti, merupakan sarana menambah pengetahuan dan dapat membagikan wawasan peneliti kepada pembaca tentang keadaan pendidikan di Indonesia sekarang ini. Sehingga pembaca dapat mencari solusi secara bersama untuk pendidikan di Indonesia pada waktu mendatang dapat meningkat walau dihalangi oleh pandemi.  

Pemerintah juga sudah berupaya dengan melakukan swab kepada para masyarakat untuk   mencegah bertambah banyaknya yang terkena virus COVID-19. Upaya lainnya juga dengan    mempersiapkan   fasilitas kesehatan untuk masyarakat, cara lain juga telah dilakukan dengan menjaga rumah sakit tetap bersih dan menambah tenaga medis agar dapat membantu pasien yang membutuhkan seperti pasien bergejala sedang, berat, dan kritis.   

Pemerintah sedang berjuang keras untuk mencegah bertambah banyaknya korban yang terpapar virus covid-19 ini, salah satunya dengan mewajibkan vaksinas, vaksinasi untuk semua kalangan masyarakat terutama lansia, dan anak anak.  

Vaksinasi secara ilmiah dapat mengurangi resiko terkena infeksi covid-19. Saat ini vaksin covid-19 dipakai pemerintah untuk diberikan pada masyarakat banyak dosisnya, salah satunya adalah Booster. Penduduk Indonesia sebenarnya masih memiliki kekebalan yang bagus karena para penduduk masih melakukan aktivitas keseharian walaupun ada virus covid-19.  

Seharusnya pemerintah melakukan langkah yang tegas kepada masyarakat agar masyarakat lebih mematuhi      peraturan       yang   ada. Sebaknya pemerintah membuat cara lain untuk mengurangi lebih sedikit korban akibat COVID-19.    

Susahnya penanganan wabah covid     karena   lama   terdeteksinya seseorang yang terkena virus membuat pemerintah  kuwalahan    dalam mengurangi penyebarannya. Pemerintah memberlakukan kebijakan yang serius agar dengan cepat memutus mata rantai penyebaran covid-19, salah satunya Social distancing yang  merupakan  kebijakan untuk pencegahan penyebaran covid-19. Namun dapam kebijakan yang dibuat pemerintah bukan hanya memecahkan masalah namun juga membuat masalah perekonomian di indonesia, salah satunya banyak para pekerja yang di phk (pemberhentian paksa) oleh perusahaan perusahaan besar.  

Bukan  hanya   sektok perekonomian saya yang menjadi dampak sosisl distancing namun juga pada sektor pendidikan yang dimana menjadi masalah terbesar pemerintah karena para guru yang lulusan lama akan menjadi susah melakukan pembelajaran karena keterbatasan ilmu tentang tata cara melakukan pembelajaran dan penilaian secara online.

 ___

Beckham Syafatullah Putra Ivandi, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

POSTING PILIHAN

Related

Utama 5551799264208518777

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item