Membangun Personal Branding Melalui Media Sosial Tiktok

  Titah Arsa Khanita Pembentukan branding diri atau dalam menunjukkan jati diri dalam bermedia sosial sangatlah penting. Branding diri digun...

 

Titah Arsa Khanita

Pembentukan branding diri atau dalam menunjukkan jati diri dalam bermedia sosial sangatlah penting. Branding diri digunakan untuk menunjukkan ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing orang. Dalam bermedia sosial branding diri/adanya jati diri dalam setiap konten ditujukan untuk menarik massa agar mau melihat/tertarik dengan konten yang kita bawakan.

Media sosial yang kini sedang banyak digandrungi oleh para muda-mudi adalah tiktok. Tiktok adalah salah satu media sosial yang paling banyak dikunjungu dan banyak konten menarik yang ada didalamnya. Selain itu banyak sekali variasi konten mulai dari edukasi, berita, komedi, dan masih banyak lagi. Tiktok digunakan untuk memperlihatkan kreativitas yang dimiliki pengguna. Pengguna dapat membuat video dengan kreativitas yang dipunyai.

Sebagai salah satu pengguna tiktok yang cukup aktif, pengunggahan video yang sangat beragam dapat mengundang views dan like yang banyak. Namun, video akan ramai pada jam-jam tertentu dan pada video atau music yang sedang viral. Apabila penggunggahan dilakukan pada waktu yang tepat maka video yang diunggah juga akan viral namun tak jarang juga video yang mengandung motivasi atau kreatifitas tertentu juga mempengaruhi jumlah view dan like. Sistem pada tiktok mengenai siapa saja yang dapat mengakses akun kita dan jumlah views belum diketahui karena sangat bebas sekali.

Kreativitas yang dituangkan dalam video tiktok dapat dinilai melalui views dan like yang tampak pada akun tertentu. Banyak selebriti tiktok yang muncul karena kreativitas yang mereka buat. Banyak inspirasi yang didapatkan dalam membuat video. Namun, branding diri ini digunakan agar tidak ada unsur plagiasi antar konten creator. Kita sebagai pengguna harus pandai dalam mengkombinasi hal- hal uang menarik pada setiap konten yang ada.

Saat ini ketertarikan masyarakat terhadap tiktok sangatlah tinggi sehingga kita dapat memanfaatkan itu agar orang dapat menikmati karya yang kita buat. Beberapa pengguna tiktok yang ada di sekitar saya, mereka lebih memilih menjadi penonton konten daripada membuat konten. Hal ini banyak terjadi di sekitar saya karena kurangnya percaya diri yang terbentuk dalam diri mereka.

Kurangnya percaya diri membuat kita tidak berkembang sehingga kreativitas tidak dimunculkan padahal masih banyak kreativitas serta ide-ide yang dapat dikembangkan sehingga media sosial menjadi ajang untuk edukasi dan inspiratif.

Sumber diambil dari beberapa konten kreator di tiktok yang mengispirasi dan terkenal di seperti pemilik akun @casey, @vaniawinolaa, @ nailamcd, @radenraufAM. Pemilik aku @casey adalah salah satu konten creator yang sedang menjadi bahan perbincangan karena konten creator ini menyuguhkan video dance menggunakan lagu-lagu yang sedang trend atau bahkan lagu yang sudah lama tidak diputar. Pembawaan dance oleh pemilik akun tiktok @casey ini membuat para dancer ingin mencoba dan ingin mengikuti sehingga menurut saya sangan inspiratif sekali.

Selain itu ada konten creator muda @vaniawinolaa pemilik akun ini masih menginjak bangku Sekolah Menengah Atas namun sangat menginspirasi kaum milenial karena dapat terkenal melalui usahanya sendiri dalam bermain podcast. Tema podcast singkat yang dibawakan banyak mengandung motivasi. Tema yang dibahas juga beragam mulai dari keluarga, asmara, Pendidikan, pentingnya menghargai dan mencintai diri sendiri.

Video yang diunggah dalam akun tiktok merupakan cuplikan atau inti dari podcast yang dia bawakan dan ter-upload di akun youtube maupun spotify. Alasan mengapa pemilik akun @vaniawinolaa ini sangat menginspirasi karena di usia yang masih muda ia mampu mengajak para pendengar setianya untuk lebih peka terhadap apa yang dapat kita rasakan. Selain itu ia juga sangat berprestasi di bidang akademik. Walaupun kesibukannya mengenai hobi terus ia asah dan ia kembangkan namun akademik tidak pernah ia abaikan.

Publik Speaking yang bagus juga sangat mengispirasi dimana ia dapat mengatasi demam panggung dengan baik dan juga mampu berkomunikasi dengan santai walaupun dengan orang yang baru dikenal.

Konten kreator lain yang menginspirasi menurut saya yaitu pemilik akun @ nailamcd. Pemilik akun tiktok tersebut adalah salah satu yang menginspirasi di bidang make up / kecantikan. Ia sangat menyukai konten make up, beberapa video yang ia unggah di akunnya menunjukkan make up pada berbagai acara seperti formal dan make up santai.

Selain itu ia juga membuat tutorial make up untuk wisuda, hangout, kondangan dan masih banyak lagi. Tutorial ini sangat berguna bagi pemula yang ingin belajar make up. Selain konten make up ia juga merekomendasikan beberapa merk skincare yang cocok untuk beberapa jenis kulit dari harga terjangkau sampai harga yang mahal sehingga konten ini sangat pas untuk semua kalangan. Selain 3 konten kreator perempuan tersebut ada 1 konten kreator yang inspiratif.

Pemilik akun @radenraufAM ini juga mengunggah konten motivasi yang dapat menyadarkan diri dari kebutaan asmara. Walaupun konten creator 1 ini adalah laki-laki namun dibeberapa video yang diunggah tak jarang ada konten yang menyin dir pihak laki-laki dan juga kebutaan wanita terhadap asmara yang mungkin belum jelas arah dan tujuan.

Konten kreator ini membuat para pendengarnya yang menonton dapat tersadar dan berkaca terhadap apa yang selama ini dilakukan. Ia selalu menjunjung tinggi kalimat “Sadar Diri” sehingga membuat para penonton ikut mengintrospeksi diri agar tidak terlalu hanyut dalam jurang asmara.

Dari beberapa konten kreator yang sangat menginspirasi tersebut dapat diambil suatu manfaat dari branding diri tersebut. Dimana branding diri sangat bermanfaat untuk menunjukkan kepada penonton bahwa apa yang kita bawakan fokusnya pada bidang tertentu. Pembawaan untuk menyampaikan juga sangat penting karena itulah kuncinya.

Tidak hanya yang aneh dan nyeleneh yang dapat terkenal namun kita harus mampu bersaing dalam kreativitas. Ide setiap orang pasti berbeda sehingga kita harus mengeksplor kenyamanan yang dapat kita kembangkan dalam diri kita. Branding diri menunjukkan suatu karakter yang kita bawakan.

Sebagai mahasiswa peran media sosial khususnya tiktok sangat membantu karena pada saat ini media sosial tiktok sangat banyak digunakan sehingga kemungkinan untuk mendapatkan views dan like yang banyak memiliki peluang yang besar. Ada sedikit kata-kata yang disampaikan penulis “tidak perlu menjadi orang lain dalam menunjukkan itu, hanya saja kita perlu memodifikasi apa yang membuat kita nyaman, beranikan diri untuk membuat suatu perubahan karena perubahan itu akan datang di kala kita mau untuk memulai. Tidak ada salahnya memulai dan tidak perlu merasa gagal sebelum dicoba”.

Titah Arsa Khanita Mahasiswa UMM Jurusan Agroteknologi 2020,

 

POSTING PILIHAN

Related

Utama 3441233951209751870

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Kongkow Literasi Live IG

Kongkow Literasi Live IG
Silakan gabung follow agar bisa bergagung di IG Rumah Literasi Sumenep, (@rumah.literasi.sumenep) link: https://www.instagram.com/rumah.literasi.sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item