Aksi Pembegalan yang Meresahkan Masyarakat


Leivicha Ismaulina

Begal merupakan salah satu tindakan kriminalitas dengan cara merampok secara paksa disertai dengan kekerasan dan bahkan pembunuhan. Pada akhir-akhir ini sering terjadi begal yang meresahkan masyarakat, bahkan di indonesia sering sekali terjadi pembegalan, pembegalan adalah sekelompok penjahat pencurian yang di lakukan oleh seseorang untuk mencuri, merampas dengan menggunakan senjata tajam bahkan bisa sekali menyakiti orang tersebut dengan cara yang tidak pantas.

Pembegalan ini terjadi pada saat seseorang mengendarai motor bisa juga dengan pejalan kaki, pembegalan sering terjadi di tempat yang sepi dan pada malam hari aksi begal dengan menodongkan senjata tajam  Maraknya perampasan dan pembegalan yang terjadi saat ini sering kali membuat masyarakat resah.

Kejahatan ini telah membuat korbannya terluka, kehilangan harta benda, hingga nyawa. Terlebih, rata-rata para pelaku begal ini masih remaja. Sebagai negara hukum, tentunya hukum di Indonesia dijadikan sebagai landasan dalam menciptakan ketertiban, keamanan, keadilan serta kesejahteraan bagi warga negaranya. Hukum mengikat setiap tindakan yang dilakukan oleh warga negara Indonesia.

Walaupun sanksi dari hukum telah sedemikian keras, namun tampaknya belum mampu membendung kejahatan yang kerap terjadi, termasuk kejahatan begal atau perampasan kendaraan di jalanan. Hal  ini tentunya sangatlah memprihatinkan karena tidak jarang korban dari begal bukan hanya kehilangan sepeda motor ataupun kendaraannya tetapi juga kehilangan nyawanya yang direnggut secara sadis oleh begal.

Menurut saya salah satu faktor pembegalan yang utama adalah faktor ekonomi. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, hal tersebut tidak lepas dari kurangnya lapangan pekerjaan. Tidak memiliki pekerjaan dan terhimpit masalah ekonomi maka pelaku kejahatan akan mencari jalan pintas untuk mendapatkan yang ia kehendaki dengan cara melakukan kejahatan pembegalan.

Masyarakat yang serba kekurangan merasa sangat terhimpit dengan keadaan yang serba sulit. Waktu masyarakat mengumpulkan uang bertepatan dengan orang-orang yang juga membutuhkan uang sehingga kebutuhan pun meningkat saat itu. Semakin sulitnya mencari Rupiah akhir-akhir ini menuntut mereka untuk lebih sadis lagi,tentu untuk mendapat hasil yang lebih besar. Motor,yang menjadi sasaran mereka hingga saat ini,dianggap paling mudah untuk menghasilkan uang yang instan.

Tentu,tanpa memikirkan bagaimana korban tersebut mendapatkan motor itu, ataupun tanpa memikirkan ternyata korban adalah kepala keluarga,mereka tampaknya tidak peduli. Mungkin yang ada di benak mereka,hanya bagaimana mendapat uang yang instan tanpa peduli bagaimana caranya,haram atau halal,mereka tetap tak peduli.

Ada akibatnya dari seorang pelaku begal jika dia terdapat melakukan aksi kejahatan nya ini dengan warga yang tau, bisa jadi pelaku begal ini harus menanggung resiko nya sendiri dengan di keroyoki warga dan merenggang nyawa di tangan masyarakat, perlakuan ini harus diterima para begal tersebut karena telah melakukan niat jahat nya.

Masyarakat sebagai korban haruslah lebih berhati-hati lagi dalam berkendara, hindari jalanan yang rawan begal, sering melihat berita-berita dari media sosial maupun media cetak jalan mana saja yang sering terjadi pembegalan, hindari jalur yang gelap dan sepi, jalur tersebut di atas yang kerap digunakan begal untuk menjalankan rencana jahatnya. kasus begal sepeda motor yang terjadi menyebabkan keresahan bagi masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang takut untuk keluar rumah di malam hari terutama pada jalanan yang masih sepi dan minim penerangan.

Untuk mengurangi aksi pembegalan ini sebaiknya juga harus di amankan dengan patroli pada malam hari di tempat yang sepi di daerah yang rawan yang sering terjadi aksi pembegalan.

_____

Leivicha Ismaulina Youfriana mahasiswa UMM dari jurusan Farmasi angkatan 2022,

POSTING PILIHAN

Related

Utama 8941507434012202926

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item