FISIB UTM Adakan Kegiatan FISIB Bersedekah


Penulis: Sugiati

Rulis, Bangkalan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sejak beberapa waktu lalu, gencar mengadakan kegiatan bersedekah., kemudian dikenal sebagai program FISIB Bersedekah.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya berbagi terhadap sesama, utamanya bagi warga FISIB.

Kegiatan bersedekah dilakukan dan diperuntukan bagi siapa saja. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki rezeki lebih, dan hendak bersedekah. Selain itu kegiatan ini juga ditujukan untuk siapa saja yang membutuhkan.

Sedekah adalah ibadah yang tak akan mengurangi harta, bahkan dengan bersedekah Allah akan senantiasa menambah rezeki dan kenikmatan kita.

Salah satu karyawan Tata Usaha FISIB UTM, Amel, menuliskan pesan dalam story whatsappnya, menyatakan: “Alhamdulillah lemari sodakoh FISIB terisi. Terima kasih Ibu Dosen yang baik hati. Semoga rezekinya lancar, Aamiin.”

FISIB sengaja menyediakan almari yang bisa diisi oleh siapa saja yang hendak bersedekah. Selain itu kapasitas muatan yang dapat dimanfaatkan dari almari tersebut juga bisa lebih banyak, tambah Amel.

Dalam penuturan Amel, ia menyebut hari ini ada salah satu dosen perempuan yang meletakan sedekahnya didalam almari yang telah disediakan FISIB UTM.

“Beberapa bungkus nasi berjejer rapi dan siap untuk diambil bagi siapa saja yang membutuhkannya. Upaya dalam menjalankan kegiatan bersedekah ini tentunya merupakan gebrakan yang luar biasa bagi seluruh warga FISIB,” uangkap Amel pada story whatsappnya.

Ia menambahkan, selain dapat membantu mereka yang membutuhkan upaya ini juga dapat memberikan manfaat dunia dan akhirat bagi siapa saja yang menjalankan.

Dari pantauan di lapangan, fasilitas yang disediakan dalam menunjang kegiatan ini adalah disediakannya sebuah almari yang digunakan sebagai tempat menyimpan makanan atau minuman yang akan disedekahkan.

Fungsinya agar makanan atau minuman yang disedekahkan dapat tertata rapi, dan bisa diambil dengan mudah. Selain itu, dengan adanya tempat khusus yang disediakan, diharap warga FISIB mengetahui bahwa makanan atau minuman yang disediakan bukan hanya sebagai pajangan, namun untuk dimanfaatkan bagi mereka yang membutuhkan. Tentu dilengkapi dengan poster yang berisi tulisan pemberitahuan bahwa siapa saja diperkenankan mengambil makanan atau minuman yang telah disediakan.

Makanan dan minuman yang diletakan didalam almari bukanlah barang dagangan, melainkan barang yang sengaja disediakan untuk bersedekah dan boleh diambil oleh siapa saja yang membutuhkan. Upaya ini merupakan salah satu cara penyaluran sedekah yang kreatif dan inovatif yang dilakukan oleh warga FISIB UTM.

Ide unik ini tak banyak dimiliki oleh orang lain. Saat ini sedekah tidak harus melihat siapa yang memberi atau siapa yang diberi. Inovasi bersedekah yang menarik dan unik ini patut dicontoh oleh siapa saja yang hendak melaksanakan sedekah namun tak ingin dilihat orang lain, atau orang yang menerima sedekahnya tak perlu tahu pemberinya siapa. Ide unik ini patut dicontoh fakultas-fakultas lain yang ada di kampus UTM tercinta.

Sugiati, Mahasiswa Sosiologi, FISIB, UTM

POSTING PILIHAN

Related

Utama 7921184582162467561

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item