Membumikan Al-Qur’an Mahasiswi IDIA Luncurkan Buku Panduan Menghafal

Para anak menunjukkan buku-buku yang diterima dari mahasiswa IDIA

Rulis, Sumenep:
Dalam usaha mencetak generasi qur’ani, peserta Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan mensosialisasikan sekaligus membagi-bagikan buku al-Kamil yang berisi tabel data prestasi hafalan harian, ringkasan tajwid dan kumpulan do’a dan dzikir harian kepada anak-anak di musholla dusun sendang timur, desa Sendang Kecamatan Pragaan, Rabu, (9/11/22)

Kordes kelompok XV putri, Dian Ratri Arcylla mengatakan dengan didistribusikannya buku al-Kamil ini diharapkan dapat membantu memudahkan anak dalam menghafal al-qur’an sesuai dengan kaidah tajwid yang dibenarkan.

“Kami berharap buku yang kami bagikan bermanfaat bagi mereka untuk lebih membaca dan memahami al-Qur’an,” ungkapnya

Sementara K. Zainuri pemilik langgar/musholla di dusun Sendang Timur itu, juga sangat antusias dan apresiatif atas pembagian  buku al-Kamil.

“Dengan adanya buku al-Kamil sangat memotivasi anak untuk menjadi penghafal al-qur’an, juga memudahkan bagi para guru ngaji mengetahui tingkat perkembangan anak,” ujar sang kiai.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari dosen penbimbing lapangan, Ust. Agus Kharir, yang juga sebagai muhafidz di Ma’had Tahfid Al-Amien Prenduan.

Menurutnya banyak cara yang bisa dilakukan seorang untuk memotivasi diri dalam menghafal al-qur’an, dan cara setiap orang berbeda-beda tergantung pribadi masing-masing.

“Menjadi penghafal al-qur’an merupakan cita-cita mulia yang disiapkan untuk bekal akhirat juga keutamaannya bisa dirasakan selagi masih hidup di dunia. Menghafal al-qur’an juga menjadi salah satu cara ikut serta menjaga kemurnian al-qur’an,” ungkapnya.

Selanjutnya, buku al-Kamil akan digandakan dan dibagi-bagikan ke seluruh anak di langgar/musholla juga di Lembaga Pendidikan Islam yang ada di desa Sendang Pragaan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam aspek keagamaan dengan menumbuhkan semangat menghafal al-qur’an melalui buku panduan menghafal.

Penulis : Dian Ratri Arcylla
Editor Rulis


 

POSTING PILIHAN

Related

Utama 7096708733387457632

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item