Kereta Api Jadi Moda Transportasi Favorit Anak-Anak Hingga Orang Tua

Keramaian penumpang kereta api di stasiun Bojonegoro (foto: radarbojonegoro.jawapos.com)

Pemilihan moda transportasi umum, kereta api, tampaknya menjadi favorit bagi masyarakat di tanah air. Moda transportasi kereta api memiliki banyak keunggulan apabila dibandingkan moda transportasi lainnya terutama moda transportasi yang berbasis jalan raya. Keunggulan moda transportasi tersebut antara lain : memiliki kapasitas angkut massal, waktu tempuh yang lebih pasti, hemat bahan bakar, menghasilkan emisi gas buang yang rendah, serta tujuan pemberhentian yang bisa menjangkau pusat-pusat perekonomian.

Angkutan kereta api juga digemari mulai anak-anak sampai  orang tua, hal itu lantaran selain biaya yang murah,  kenyaman yang disuguhkan membuat para penumpang sejak mulai pemesanan tiket sampai tempat duduk yang yang tihask harus berebutan dan kemudian duduk di gerbong dengan nyaman dan tenang.

Bukti bahwa kereta api merupakan moda transportasi umum favorit bagi anak-anak hingga orang tua tampak ketika keramaian di kawasan stasiun kereta api Sumberjo, Bojonegoro, Jawa Timur. Hal itu terlihat dipenuhi anak-anak  bersama orang tuanya dari salah satu lembaga sekolah yang hendak tamasya bersama entah kemana.

Terlihat anak-anak yang mengenakan seragam sekolah itu begitu antusias menunggu kedatangan kereta api dengan suka cita. Demikian pula dirasakan oleh para orang tua sebagai pendamping mereka. Mereka terlihat ada yang berselfi ria, foto bersama dan jeprat jepret kamera di ponselnya ke beberapa arah.

Tak hanya itu, berbagai jajanan sebagai bekal juga terlihat ditenteng dalam tas kresek dan lainnya dengan gelisah menunggu datangnya kereta api. Yang menarik, saat proses boarding antrean boarding dipenuhi para orang tua yang antre untuk melaksanakan proses boarding tersebut.

“Saya lebih nyaman menggunakan kereta api daripada lainnya,” ujar salah satu orang tua seraya memegang tangan seorang anak.

Menurut seorang ibu dari salah satu siswa yang akan melakukan perjalanan tamasaya itu menuturkan bahwa ia lebih senang menggunakan kereta api karena murah dan nyaman, serta kebersihannya juga sangat terjaga.

Kereta api merupakan kendaraan yang berjalan diatas serangkaian rel, dan mempunyai sejarah panjang. Menurut catatan sejarah adanya kereta api diawali atas penemuan roda mulanya kereta hanya terdiri dari satu rangkaian, kereta tersebut dinamakan kereta kuda.

Seiring berkembangnya zaman dan semakin banyaknya peminat kereta maka kereta kuda tersebut dirangkai yang terdiri dari lebih dari satu rangkaian hal itu bertujuan agar dapat menambah banyaknya kwantitas penumpang. Kemudian kereta kuda dinamakan sepur (wikipedia).

Semenjak adanya kasus covid 19 tiket kereta api dapat diakses dan dibeli secara online hal itu lantaran untuk mendukung Pemerintah dalam percepatan pemutusan rantai covid 19. Harga tiket kereta api relative murah dan pembeliannya juga mudah.

“Saya seringkali membeli tiket h-7 hari agar kebagian tiket dengan kursi, karena saking penuhnya kadang saya dapat tiket tanpa kursi,” ungkap penumpang lain pada saya..

Kemudian ia menambahkan dalam bentuk saran, kalau mau naik kereta segera pesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya agar kebagian kursi, karena banyak orang yang beralih moda transportasi umum ke kereta api saat ini.

Penulis: Sugiati, (Mahasiswa S1 Sosiologi, FISIB UTM)
Editor : Syaf







POSTING PILIHAN

Related

Utama 646662470630523085

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item