Ikuti Kajian Fiqhun Nisa, Ibu-Ibu Pragaan Daya Antusias

Ust. Fauzi Fathur Rozisaat menyampaikan topik kajiannya

Sumenep, Ruli
s:  Peserta Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M) kelompok 3 mahasiswi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep Madura menyelenggarakan kajian Fiqhun Nisa, di musholla Al-Abror Dusun Dandan Desa Pragaan Daya Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Sabtu (22/10/2022)

Kajian fiqhun nisa yang diisi oleh  Ust. Fauzi Fathur Rosi dan Usth. Novi Khoirina Nadziroh dengan tema thaharoh, diikuti jamaah ibu-ibu masyarakat setempat  mulai pukul 18:00 WIB sampai pukul 19:00 WIB.

Ketua P2M Pargaan Daya 1, Uswatun Hasanah menyatakan kajian fiqhun nisa merupakan sebuah kajian atau ilmu yang dapat mendorong wanita agar menjadi lebih baik, baik secara pribadi ataupun sosial (Sholihah fi – nafsiha muslihah lighoiriha).

“Dengan adanya kegiatan kajian tersebut dapat membimbing kewanitaannya termasuk pada orang tua terhadap anaknya agar bisa lebih waspada dengan kesucian dan semacamnya. Kajian ini merupakan kajian wajib atau kajian unggulan,” jelasnya

Menurut Uswatun, dengan kajian tersebut ibu dan para remaja putrinya, tampak dan antusias dalam menerima ilmu yang diberikan oleh ust. Fauzi maupun usth. Novi.  

“Hal imi semata-mata demi menjadi orang yang sukses dalam mendidik anak dengan menerima dan mau untuk belajar walaupun harus bersusah payah kemanapun demi mendapatan ilmu yang bermanfaat,”tegasnya.

Kajian yang dipantik oleh Ust. Fauzi Fathur Rozi beserta istrinya Usth.Novi Khoirina Nadziroh mengupas sekitar  thaharoh atau haid pada wanita. Dikatakannya, didalam thaharah ataupun haid tersebut dapat menjelaskan kewanitaannya termasuk halnya kesucian.

“Sebagai wanita yang harus dipahami baik oleh orang tua maupun anaknya yakni kesucian, bahkan kebersihan. Dan orang tua pun wajib hukumnya memberitahukan kepada anaknya bagaimana cara bersuci serta cara menghadapi masa haid di usia muda, darah haid keluar pada wanita ketika umur 9 thn yang keluar dari rahim wanita yang tidak disebabkan oleh suatu penyakit atau karena adanya proses persalinan,” ulasanya dihadapan jamaah..

Penulis : Uswatun Hasanah
Editor   : Rulis



POSTING PILIHAN

Related

Utama 4141360894721132062

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item