Partisipasi Mahasiswi P2M IDIA pada Peringatan Maulid Nabi Desa Pekamban Daya

Para sesepuh desa Pakamban daya Pragaan

Rulis, Sumenep: Mahasiswi P2M (Praktik Pemberdayaan Masyarakat) IDIA (Intitut Dirosah Islamiyah Al Amien Prenduan, Sumenep ikut berpartisipasi dalam acara memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW, di Desa  Pakamban Daya, Kecamatan Pragaan Sumenep, Rabu, 12 Oktober 2022.

Peringatan Maulid Nabi yang ditempatkan di lapangan olah raga futsal, sekaligus melaksanakan tradisi masyarakat setempat berupa rokat dhisa (selamatan desa), sejak pagi hingga siang hari.

Pelaksanaan peringatan maulid yang bekerja sama dengan sejumlah pihak, yakni  pengurus ranting Nahdlatul Ulama (NU), Ranting Muslimat NU, Ranting Ansor, Ranting Fatayat NU, Ranting IPNU, Ranting IPPNU, serta Ranting NU Muslimat Fatayat se Desa Pakamban Daya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai penceramah Habib Ja’far Al-Jufri banyak berkisah tentang sosok Nabi Muhammad SAW, serta memberi motivasi kepada jamaah untuk meneladani sikap dan perilaku Rasululllah.

“Sholawat kepada baginda Rasul Muhammad SAW jangan hanya disampaikan pada bulan maulid saja, tapi harus dibacakan setiap hari, setiap saat,” pesan Habib Ja’far Al-Jufri, dengan bahasa dan logat Madura yang kental.

Peringatan yang dilaksanakan secara khidmat dan antusias para jamaah dihadiri seribu jamaah lebih yang terdiri dari warga masyarakat tujuh dusun wilayah desa Pakamban Daya Pragaan.

Sebelumnya, ditampilkan  hadrah Syafa’atun Nabi dari Pondok Pesantren Al-Azhar Pragaan, pembacaan tawasul, pembacaan tahlil, pembacaan tilawatil Quran, penampilan mars dari fatayat NU dan sambutan Ketua Fatayat Muslimah NU.

Penulis Iika mutmainnah (Ketua P2M Pekamban Daya)
Editor : Dindi Rulis

POSTING PILIHAN

Related

Utama 5112614443729313308

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item