Literasi Sebagai Program Unggulan SMANU Sumenep,

Kepala SMANU, Sri Farida Hartatik, S.Pd

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Sekolah Menengah Atas nahdlatul Ulama (SMANU) Sumenep, menyelenggarakan Workshop Literasi yang diikuti para siswa sekolah setempat

Dalam kesempatan terpisah reporter Rumah Literasi Sumenep sempat berbincag ringan dengan Kepala SMANU Sumenep, Sri Farida Hartatik, S.Pd, di ruang kerjanya, Kamis, 13 Oktober 2022.

Terkait dengan pelaksanaan workshop literasi, Bu Ida, demikian akrab dipanggil, mengyatakan  bertuju whorkshop agar siswa lebih memahami tentang bagaimana dunia literasi, khususnya dunia  kepenulisan

“Artinya, setidaknya  dalam proses pembelajaran ini sedikit demi sedikit dari  beberapa kosa yang mereka pahami kemudian terangkai dengan benar dan  lebih  terarah,” ujarnya.

Dikatakannya pula,  intinya nanti dalam  segi pengalaman dari workshop ini siswa mampu menciptakan kreasinya dalam bidang menulis. “Jadi dengan pelatihan ini siswa bisa lebih terarah bagaimana teknis menulis dengan benar kedepannya,”

Untuk kedepannya, pihaknya telah merumuskan dengan dewan guru, bahwa nantinya program literasi ini akan disesuaikan dengan program unggulan yang dicanangkan sekolah.

“Program unggulan dalam kegiatan literasi ini dilaksanakan setiap  minggu dua kali. Namun dalam penerapannya nantinya bukan hanya para program unggulan, tapi juga terintergasi pada guru-guru  pengajar,” ungkap sosok yang baru dua bulan mengemban tugas sebagai kepala SMANU Sumenep

Jadi mulai dari kegiatan inti, yakni dari  proses pembelajaran, sampai paraktik menulis agar bagaimana para siswa nanti bisa menghasilkan karya-karya sesuai dengan minat genre masing-masing.

“Misal siswa bisa membuat peta konsep atau membuat referensi, dan selanjutnya bagaimana siswa bisa menemukan ide, kemudian mengkomunikasikan kembali di kelas.
“Intinya literasi ini bukan saja bisa menulis, tetapi juga karyanya direferensikan dan mendapat apresiasi dari teman di kelasnya,”.

Dukungan dan penguatan SDM guru tentu menjadi tumpuan keberhasilan gerakan literasi di sekolahnya. Untuk pihaknya telah mempersiapkan secara khusus bagaimana kekuatan guru sangat menentukan bagi keberhasilan anak didik.

“Sebagaimana telah saya sampaikan dalam pembukaan workshop tadi, bahwa langkah ini merupakan permulaan, pada waktu selanjutnya pelatihan tersebut akan diterapkan bagi semua guru,” kata Bu Ida

“Mengapa guru?, karen guru  harus terlibat didalamnya, karena gurulah yang paling paham keinginan siswa dalam mengasah kreatifitas mereka”

Kepala Sekolah yang telah mengabdi di lembaga ini memasuki tahu ketujuh itu, berharap dengan hadirnya program unggulan, pihaknya telah mengatur dan menjadwal kegiatan siswa sedemikian rupa, termasuk penjadwalan yang lebih tepat lagi, melaksanakan kegiatan serta mengevaluasi kemukinan untuk diperbaiki dan dikembangkan.
 
“Tentu harapan kami pada Rulis bisa sharing membantu dan mendorong guru maupun siswa. Kami butuh masukan ilmu-ilmu  yang nantinya akan dijadikan pegangan bagi guru dan dapat diterapkan pada anak didik,” pungkasnya.

Penulis/editor: Auli Dindi


POSTING PILIHAN

Related

Utama 4261331675519650998

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item