Apa itu Website, Pengertian, Jenis dan Manfaatnya



Kita Sarjana

Pengertian website adalah sebuah teknologi informasi dimana terdapat konten yang berisi tulisan, foto, video hingga beragam file lain di dalamnya. Website sendiri merupakan kumpulan dari beberapa laman atau page yang kemudian diletakkan pada satu ruang penyimpanan online yang disebut dengan server. Dari data pengguna internet yang ada terdapat 1,9 miliar website yang aktif di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut terdiri dari beragam jenis dan ragam website.

Dulunya kehadiran website hanya sebatas untuk penggunaan pribadi saja, namun saat ini banyak perusahaan besar di dunia menjadikan website sebagai kebutuhan yang primer atau penting dalam berjalannya sebuah bisnis.

Lalu, apa pengertian website dan apa saja jenis serta manfaat website itu sendiri bagi penggunanya ? Baca artikel ini hingga selesai ya.

Pengertian Website

Website adalah kumpulan beberapa halaman atau page yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses dengan mudah secara online dengan siapapun, kapanpun dari seluruh dunia sekalipun dengan bermodalkan perangkat elektronik yang terkoneksi dengan internet.

Website sendiri terdiri dari dua bagian penting yakni server dan domain. Dimana server merupakan sebuah infrastruktur IT yang memungkinkan seluruh aset atau data pada website disimpan secara online dan domain sendiri adalah sebuah identitas website itu sendiri agar dapat dengan mudah dikenali oleh server untuk menampilkan data dari sebuah website yang hendak dikunjungi pengguna internet.

Dengan seluruh data yang telah ada dan tersimpan pada server, menjadikan seluruh data tersebut dapat diakses secara online. Domain sendiri dapat digunakan untuk tahapan awal seseorang mengakses sebuah website cukup hanya dengan mengetikkan URL atau nama domain yang telah ada. Contohnya adalah ketika kamu mengetikkan URL https://kitasarjana.com/, maka kamu akan masuk ke website Kita Sarjana Indonesia.

Jenis-jenis Website dan Contoh nya

Secara teknis dan umum, jenis website dibagi menjadi dua berdasarkan sifatnya, yakni website statis dan website dinamis.

Jika informasi yang ada pada sebuah website tidak berubah atau tetap dan sama maka itu disebut website statis. Begitu pula sebaliknya, dimana sebuah website memiliki informasi yang berubah-ubah di dalamnya, maka website jenis tersebut masuk ke kategori jenis website dinamis.

Namun jika dikelompokkan berdasarkan tujuan penggunaannya, paling tidak ada tujuh jenis website, diantaranya adalah:

  1. Website Toko Online/E-commerce

Pengertian website toko online atau ecommerce adalah sebuah jenis website yang digunakan untuk aktifitas penjualan sebuah produk secara online. Saat ini penggunaan situs toko online cukup populer karena dinilai dapat secara efektif dalam meningkatkan penjualan produk suatu bisnis secara mudah. Memiliki pasar yang jauh lebih luas menjadikan website toko online sebagai solusi banyak pemilik bisnis untuk memasarkan produknya hingga ke seluruh dunia.

Karena kebutuhannya yang besar, toko online biasanya terdiri dari banyak halaman dan menu. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan dan mempermudah pengunjung ketika hendak melakukan aktifitas pembelian secara online melalui sebuah situs website toko online. Beberapa menu yang umumnya dimiliki oleh website toko online adalah seperti fitur keranjang belanja atau cart, katalog produk, checkout, dan lain sebagainya.

Website Nord Strom adalah salah satu contoh website toko online yang menjual berbagai jenis perhiasan secara online melalui website toko online.

Jika kamu berencana untuk membuat sebuah website dapat menggunakan Jasa Pembuatan Website agar bisa memiliki website toko online profesional secara maksimal.

  1. Website Company Profile

Website company profile adalah jenis website yang dibuat dengan tujuan menampilkan informasi sebuah perusahaan. Selain untuk meningkatkan eksistensi sebuah perusahaan, dengan website company profile sebuah perusahaan akan memilki informasi ketika seseorang mencari nama perusahaan tersebut di internet.

Website company profile juga dinilai efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap sebuah bisnis. Situs company profile umumnya berisi informasi resmi yang mengatasnamakan sebuah perusahaan, mulai dari sejarah, visi misi, produk alamat dan lain-lain.

Sebagai contoh situs Fortune Kreatif Indonesia adalah salah satu website company profile. Dimana terdapat beragam informasi tentang perusahaan yang dapat dengan mudah diketahui oleh pengunjung ketika membuka situs website tersebut.

  1. Website Personal

Website personal adalah sebuah website yang dimiliki oleh seseorang secara individu, dimana website jenis ini umumnya dipakai oleh seseorang dengan tujuan profesionalitas, media penyampaian opini pribadi atau sebagai tempat untuk menampilkan keahliannya secara online.

Kamu juga dapat membuat website personal untuk berbagi pengetahuan dan hasil kerja atau portofolio pribadi mu disana. Dimana hal tersebut akan dapat bermanfaat bagi pengguna internet yang sedang membutuhkan informasi seputar apa yang kamu bagikan pada website.

Website personal sejatinya juga dapat digunakan untuk membangun personal branding seseorang secara individu. Situs website Christian Fridho Benz merupakan salah satu contoh website personal yang digunakan pemiliknya untuk menampilkan portofolio hingga beragam artikel bermanfaat di dalamnya.

  1. Website Komunitas

Pengertian website komunitas atau web forum adalah sebuah website yang digunakan dengan tujuan menjadi wadah berkomunikasi bagi para penggunanya. Situs website forum biasanya memiliki beragam fitur pendukung seperti akses untuk membuat sebuah postingan, menjawab hingga memberikan pertanyaan, berkomentar dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan antar sesama pengguna.

Sebagai contoh website komunitas yang cukup besar dan terkenal di indonesia adalah Kaskus. Di website tersebut, pengguna dapat melakukan interaksi satu sama lain baik itu untuk menanggapi suatu postingan hingga membuat sebuah postingan diskusi.

  1. Website Berita

Pengertian website berita adalah sebuah situs website yang berisi informasi-informasi terbaru yang disajikan secara online menggunakan website. Website berita dinilai cukup populer karena dapat memberikan kemudahan bagi pembaca nya karena dapat mengetahui berita terbaru secara cepat dengan menggunakan ponsel pintar.

Mirip seperti majalah atau koran, didalam website berita website portal berita juga terdapat beragam topik seperti politik, lingkungan, tokoh, isu terbaru bahkan wawancara ekslusif sekalipun yang dapat dibaca oleh pengunjung.

Salah satu situs website yang cukup populer di dunia salah satunya adalah BBC News yang banyak mengabarkan berita dunia terbaru secara online.

  1. Website Blog

Blog adalah sebuah jenis website yang berisi banyak konten artikel dengan berbagai topik pembahasannya masing-masing. Website blog umumnya dibuat untuk tujuan penyaluran hobi menulis pemiliknya yang ingin membagikan beragam pengalaman hingga pengetahuan secara online melalui platform website bernama Blog.

Ada banyak website blog yang dapat kita temui di internet, dimana website blog sering kita lihat di pencarian google ketika hendak mencari suatu informasi di internet. Tak hanya itu artikel yang saat ini sedang kamu baca juga merupakan sebuah konten yang ada pada sebuah website blog yang bertujuan untuk membagikan beragam informasi dan pengetahuan bermanfaat bagi banyak orang.

  1. Website Gallery

Website gallery merupakan sebuah website yang terdiri dari beragam konten visual seperti video dan foto. Website gallery kebanyakan dijadikan sebagai situs photos marketplace dimana terdapat banyak jenis foto yang dapat digunakan kembali oleh pengguna internet sesuai dengan kebutuhannya masing, entah itu berbayar ataupun gratis.

Website gallery banyak digunakan pengguna untuk berbagai kebutuhan promosi atau konten. Karena ukuran dan kualitas nya yang bagus, kebanyakan situs website gallery memiliki sistem langganan berbayar pada penggunanya yang ingin mendapatkan akses penggunaan atas seluruh aset visual yang ada didalamnya. Sebagai contoh adalah Freepik, situs website gallery yang memiliki ribuan bahkan jutaan aset foto yang dapat kamu gunakan untuk beragam kebutuhan visual kamu.

Manfaat Website

Tidak dapat dipungkiri, bahwa peranan website membawa banyak pengaruh baik bagi penggunanya, baik secara pribadi maupun bisnis atau perusahaan. Lalu apa saja manfaat website ?

  1. Media Branding

Banyak jasa digital branding yang ada di internet memasukkan pembuatan website menjadi salah satu opsi layanan branding mereka. Website dianggap cukup efektif untuk meningkatkan citra baik suatu brand atau perusahaan.

Dengan website seseorang dapat mengetahui informasi sebuah bisnis tanpa harus datang jauh-jauh untuk berkunjung. Hal ini tentunya akan memudahkan seorang calon pelanggan hingga akhirnya membeli suatu produk dari website bisins yang kamu miliki.

Selain itu, website sebagai media branding juga dinilai mampu meningkatkan elektabilitas sebuah usaha. Dengan website bisnis kamu akan terlihat jauh lebih profesional, sehingga layak untuk dipertimbangkan oleh siapa saja yang hendak membeli produk maupun jasa yang kamu jual secara online.

  1. Menjadi Platform Bisnis

Manfaat website adalah dapat menjadi platoform bisnis. Kamu dapat menjadikan website sebagai wadah yang tepat untuk mempromosikan sebuah bisnis secara online. Website memilki beragam fitur yang dapat mendukung bisnis berjalan dengan lancar.

Jika kamu sudah memilki toko fisik, memiliki website akan semakin memperluas jaringan pemasaran bisnismu. Website mampu menjangkau banyak calon pelanggan secara online. Hal ini akan memudahkan orang untuk mengetahui hingga membeli produk mu secara mudah melalui website.

  1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan memiliki sebuah website resmi yang mengatasnamakan sebuah bisnis, akan meyakinkan calon pelanggan bahwa bisins yang kamu miliki dapat dipercaya karena memiliki listingan yang relevan di internet. Bisnis akan terlihat lebih profesional dengan memiliki website yang aktif.

  1. Media Pemasaran Produk

Website juga dapat kamu manfaatkan sebagai media pemasaran untuk produk yang dimiliki oleh bisnismu. Kamu dapat menampilkan beragam penawaran menarik seperti diskon pada website, agar dapat menarik minat pelanggan untuk berbelanja secara online pada website yang kamu miliki.

  1. Menjadi Sumber Referensi

Manfaat website juga bisa sebagai sumber referensi yang kredibel. Kamu tentunya pernah mencari tahu suatu informasi di internet kan? Banyak website mampu memberikan informasi yang kamu butuhkan secara valid, dan ini akan sangat membantu banyak orang dalam pencarian informasi. Tapi jangan lupa, pastikan kalau website yang kamu jadikan sebagai sumber referensi adalah website resmi yang dapat dipercaya ya, seperti website pemerintahan, situs berita nasional terdaftar dan situs lain yang valid ya.

Penutup

Itu dia Pengertian Website, Jenis dan Manfaat Website yang perlu untuk kamu ketahui. Website memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan cara yang tepat, untuk itu pertimbangkan secara matang agar bisnis yang kamu milki saat ini perlu secepatnya untuk memilki website. Semoga bermanfaat.

Diposting dari sumber: Kita Sarjana


POSTING PILIHAN

Related

Utama 981851346731515187

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item