“Secangkir Kopi Kehidupan” Anik Puji Rahayu


Elsa Dwi Yulianti*


Hidup di dunia ini banyak sekali tantangan yang harus kita, manusia hadapi. Dari sana manusia dengan segala cara mencoba untuk menghadapinya dengan ikhlas dan tetap bersyukur dengan nikmat yang diberikan oleh Sang pencipta. Atau, tidak jarang juga manusia menghadapinya dengan penuh amarah. Begitulah, lika-liku kehidupan yang harus dijalani. Sejatinya sesuatu yang ada di dunia tidak ada yang abadi seperti cobaan yang datang silih berganti. Manusia tidak penah tahu misteri tentang kehidupan yang ada digenggaman Sang pencipta. Di balik itu, sebagai seorang sastrawan, penyair harus peka dalam memotret setiap kisah kehidupan manusia yang bisa disajikan dalam bentuk karya puisi. Terkadang dalam membuat puisi biasanya, penyair harus dibuat pusing dengan tema yang akan dibuatnya.

Hal demikian bukan menjadi rintangan berat bagi seorang penyair Anik Puji Rahayu yang saya peroleh melalui antologi puisi berjudul Sang Pencipta, Cinta dan Renungan Kehidupan (2021). Antologi puisi yang memuat 42 puisi itu memuat renungan yang mendalam tentang makna hidup, cinta dan Sang pencipta. Anik Puji Rahayu dalam menuliskan puisinya tidak dipusingkan oleh tema yang rumit, melainkan sesuai dengan perasaan berkecamuk yang kemudian dituangkan dalam bentuk kata per kata menjadi bait per bait puisi sehingga lahirlah antologi puisi yang sangat apik.

Setiap membaca puisi-puisi Anik Puji Rahayu mengingatkan saya pada pahit manisnya kehidupan. Kisah tentang kehidupan penyair yang diangkatnya ke dalam puisi. Setiap manusia pasti memiliki kisah hidup yang penuh dengan rasa bagaikan secangkir kopi yang manis dan kadang pahit. Seperti pada kisah cinta yang diangkatnya ke dalam puisi, kisah tentang kehidupan yang ada digenggaman Sang pencipta sampai dengan lukisan hidup yang penuh dengan warna.

Anik Puji Rahayu berusaha untuk mengangkat kisah hidupnya yang digoreskan melalui karya puisinya. Kisah kehidupan Anik Puji Rahayu mengajak pembaca untuk menikmati puisi sekaligus mendorong pembaca untuk merenungi kehidupan, membangun cinta dan kasih sayang. Puisi Anik Puji Rahayu bukan sekedar ungkapan emosi dan imajinasi, namun banyak mengandung inspirasi kehidupan yang menyentuh kehidupan manusia.

Seperti pada puisi Keberkahan Hidup, yang di dalamnya mengisahkan tentang cara mendapatkan keberkahan dalam hidupnya. Karena segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang abadi. Tugas sebagai manusia hidup di bumi hanyalah berbuat baik terhadap sesama untuk mendapatkan keberkahan hidup. Sabar menghadapi semua rintangan yang menerpa kehidupan dengan senyuman. Tetap Ikhlas dan terus meminta doa pada Sang pencipta.

Hal yang menarik dari puisi ini yakni Anik Puji Rahayu mengisahkan dirinya tentang bagaimana cara mendapatkan keberkahan dalam hidupnya yang dituangkan melalui puisi-puisinya. Kisah Anik Puji Rahayu tentu saja sebagai cerminan perjalanan kehidupan manusia dan sekaligus memberikan motivasi dan perasaan menyentuh kepada setiap pembacanya. Karena perjalanan hidup manusia di bumi tidak selalu manis untuk mendapatkan keberkahan hidup. Seperti kutipan puisi Keberkahan Hidup yang ditulis Anik Puji Rahayu:

Bersabarlah saat seluruh kata mencerca dirimu
Hindari lidah tajam manisnya kata yang menghujammu
Tutup telingamu hingga kau merasa suara sumbang tak terdengar olehmu
Ihklaskan hatimu hanya untuk mengabdi
Pada Tuhan yang maha segalanya

Perjalanan kehidupan manusia juga bisa dilakukan dengan cara bersyukur kepada Sang pencipta. Puisi Bersyukur ini mengisahkan penyair yang mendapatkan banyak cobaan dalam hidupnya. Tetapi di balik cobaan yang menghadang dirinya, penyair tetap menjalaninya dengan sabar dan penuh rasa bersyukur. Selalu ada hikmah di balik setiap masalah yang datang. Dan selalu berserah diri kepada Sang pencipta untuk meminta doa supaya diberi kekuatan untuk menghadapi pahitnya kehidupan. Setiap cobaan yang diberikan Allah kepada hambanya tidak akan melampaui batas kemampuan. Yang ada hanyalah tetap bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Sang pencipta.

Di balik semua cobaan
Kan selalu ada hikmah dan makna yang dalam
Tak ada kesal sedikitpunberserah pada-Mu
Karena kau selalu hadirkan kekuatan-Mu
Di atas segala kedigdayaan dunia nan fana
Tiada tandingan atas kuasa-Mu yang maha dahsyat

Kisah hidup manusia tidak selamanya pahit, ada kalanya untuk merasakan kebahagiaan seperti pada puisi Bahagia Damai di Jiwa. Puisi tersebut mengisahkan penyair tentang hal yang membuatnya bahagia dengan cara bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Sang pencipta. Apapun masalahnya, apapun yang terjadi dalam kehidupan maka harus bahagia. Karena kebahagiaan seseorang adalah pilihan dan semua orang berhak untuk bahagia. Terkadang cacian dan makian orang lain dalam kehidupan membuat seseorang menjadi terpuruk. Tapi hadapilah dengan penuh kesabaran dan kebahagian, jadikan cacian dan makian orang lain sebagai motivasi jiwa agar tetap bahagia. Seperti pada kutipan puisi Bahagia Damai di Jiwa berikut:

Berdamailah dengan jiwamu
Bersyukurlah atas segala nikmat yang tak pernah dusta
Tawadhu atas semua yang terjadi dalam hidupmu
Tersenyumlah disetiap hari-harimu yang indah
Jadikan cacian, hinaan dan yang meremehkanmu
Menjadi seutas tali dengan kekuatan baja
Sebagai cambuk diri tuk lakukan kebaikan
Yang takkan pernah sirna

Puisi yang bertajuk Keberkahan Hidup, Bersyukur, dan Bahagia Damai di Jiwa menggambarkan kekuatan Anik Puji Rahayu dalam menuliskan puisinya. Hal itu, dibuktikan melalui kisah-kisah kehidupan yang tertuang pada kumpulan puisinya sehingga semakin menarik untuk dibaca. Kemampuan merangkai kata-kata dan penguasaan tema menjadikan Anik Puji Rahayu sangat menikmati dan leluasa dalam menceritakan kisah hidupnya melalui puisi. Hal ini didukung oleh perasaan berkecamuk yang dialami oleh Anik Puji Rahayu.

Puisi karya Anik Puji Rahayu membuat saya benar-benar kagum dan seakan saya sedang mengalami kisah kehidupan tersebut. Karena kisah-kisah yang di angkat oleh Anik Puji Rahayu benar-benar sesuai dengan kehidupan nyata. Meski terkadang saya menemukan kata-kata yang sulit untuk dipahami, sehingga harus mencari artinya. Tetapi di balik hal itu, banyak keunggulan yang didapatkan Anik Puji Rahayu dalam antologi puisinya yakni banyak pesan inspirasif dan motivasi yang dituangkan dalam karya puisinya. Keunggulan lain dari puisi Anik Puji Rahayu terletak pada setiap makna yang terkandung dalam puisinya dapat menyembuhkan segala perasaan mencekam dan belenggu perasaan pada kehidupan.

*Elsa Dwi Yulianti, adalah mahasiswa semester 6 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purwokerto.


POSTING PILIHAN

Related

Utama 9173838990816984193

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item