Mahasiswa PBSI STKIP PGRI Sumenep Ikuti Workshop Menulis Kreatif

Para pemateri

Sumenep, Rulis;
Menguatkan literasi mahasiswa, khususnya dunia kepenulisan, Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumenep menyelenggarakan Workshop Menulis Kreatif dan Pendampingan Literasi bagi mahasiswa semester VI, Sabtu, 16 April 2022 di Kampus STKIP PGRI Sumenep.

Workshop diselenggarakan dengan bekerjasama Rumah Literasi Sumenep (Rulis), menghadirkan tiga pemateri Lilik Rosoda Irmati, Yulianti dan Syaf Anton Wr, ketiganya dari Rulis.

Ketua Prodi PBSI STKIP PGRI Sumenep, Suhartatik menyatakan workshop dan pendampingan literasi ini adalah memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang literasi.  

“Pemahaman lietrasi tidak hanya seputar baca tulis, tapi mencakup 4 keterampilan berbahasa sebagai literasi dasar, disamping beberapa literasi lainnya seperti literasi numerasi, finansial, digital, budaya, dan lainnya,” ungkapnya.

Di samping itu, katanya,  juga literasi mencakup semua bidang dalam kehidupan sehari-hari, juga menjadi perhatian dalam workshop ini.

“Misalnya ada literasi lalu lintas yakni bagaimana kita memahami tentang tanda atau rambu-rambul dalam berlalu lintas serta literasi lainnya,” ujar perempuan yang akran dipanggil Tika itu.

Selain itu dalam penerapan literasi dalam workshop ini ditelankan  pada kegiatan menulis kreatif, baik itu fiksi dan nonfiksi.

“Kebetulan dalam workshop ini fiksi kita melatih bagaimana menulis pentigraf sedangkan yg nonfiksi tentang cara menulis opini yang baik. Sehingga dengan adanya kegiatan ini nantinya mahasiswa dapat memiliki semangat untuk mengasah bakat mereka dalam menulis,: tutur penyair perempuan yang melahirkan sejumlah buku sastra.

Untuk itu pihaknya mempersiapkan mahasiswanya agar kreatif menulis, apalagi sebentar lagi mereka juga akan melakukan penelitian untk tugas akhir yaitu skripsi.

“Pelatihan ini diharapkan menjadi awal penyemangat mereka untk tetap mencoba mengembangkan ide dan imajinasinya secara terarah, dan pelatihan ini kan berlanjut pada sesi selanjutnya dengan peserta mahasiswa yang beda,” pungkasnya.

Untuk whokshop kali ini selain sajian pemahaman tentang literasi yang disampaikan Ketua Rumah Literasi Sumenep, Lilik Rosida Irmawati, juga teknik menulis pentigraf disajikan Yulianti dan menulis opini di sampaikan Syaf Anton Wr.

Penulis: Auli Dindi
Editor : Rulis

POSTING PILIHAN

Related

Utama 6206811127140371541

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

ADS

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item