Tips Meningkatkan Gaya Menulis


Saat ini, skill menulis merupakan salah satu kemampuan yang harus kita kuasai agar dapat bersaing dengan perkembangan zaman. Contohnya menjadi seorang Content Writer, profesi ini banyak dibutuhkan dan mulai digeluti sejumlah orang di era digital saat ini.

Jika ingin meningkatkan gaya menulis Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah banyak membaca tulisan-tulisan yang bagus, in shot read books!

Menulis sendiri merupakan seni yang dapat kita gunakan untuk menyebarkan sebuah informasi, menyampaikan emosi dan perasaan serta untuk menghibur orang lain.

Menulis juga bisa digunakan sebagai alat yang ampuh untuk kebaikan atau bahkan untuk kejahatan.

Sehingga, saat kita memulai untuk menulis jangan hanya sekali membaca kemudian menulis dan menganggap hal tersebut selesai dan siap dikonsumsi oleh publik.

Agar tulisan Anda dapat bermanfaat dan juga lebih baik. Kali ini Rulis akan membagikan lima tips untuk meningkatkan gaya menulis yang dilansir dari medium.com.

1. Kesederhanaan (Simplicity)

Ada sebuah seni unik membuat tulisan menjadi sempurna, selain dibutuhkan kata-kata yang sesuai fungsi bahasa, pesan yang matang dan yang terpenting adalah kesederhanaan.

Contoh dari kesederhanaan ini seperti saat Anda akan memulai menulis puisi, blog atau pun novel gunakanlah kata yang pendek namun manis. Kalimat yang panjang lebar hanya akan sulit dibaca dan membuat bosan sang pembaca.

Sementara kalimat pendek memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan kompleks dalam satu tulisan agar mudah dimengerti maksud dari tulisannya.

2. Kefasihan Kalimat (Sentence Fluency)

Anda dapat membuat tulisan jauh lebih menarik dan menarik dengan menjadi penulis yang lebih baik.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membaca lebih banyak dan menulis setiap hari.

Saat Anda menulis, berlatihlah menggunakan kalimat pendek dan coba pikirkan cara untuk menghilangkan kata-kata tidak berguna dari kalimat Anda.

Ini akan membantu meningkatkan kualitas tulisan Anda secara keseluruhan karena tidak banyak bertele-tele, tetapi tetap memiliki semua informasi yang diperlukan untuk memperjelas maksud Anda.

Ketika Anda menulis, Anda harus fasih terhadap apa yang ingin disampaikan sehingga kalimat tulisan akan lebih mengalir dengan mudah.

Itu salah satu hal untuk menjadikan tulisan Anda akurat dan jelas selain untuk memiliki bahasa yang indah.

3. Berikan Logika (Give Logic)

Saat Anda menulis, otak  akan bekerja pada tingkat yang logis. Penting untuk mengetahui cara menggunakan logika dan penalaran agar pembaca tulisan Anda tetap terlibat dan membantu mereka memahami poin yang ingin Anda sampaikan.

Jika Anda dapat mengembangkan beberapa kesimpulan logis dan alami saat Anda menulis, maka tulisan Anda akan lebih jelas dan mudah dipahami.

Jika pembaca Anda dapat mengikuti secara logis dengan apa yang dimaksud, makan pembaca akan betah dan saat membutuhkannya mereka akan kembali membaca tulisan kita.

4. Ajari Audiens Anda (Teach Your Audience)

Ada pepatah yang mengatakan "Tulislah apa yang Anda ketahui". Akan tetapi bisa sangat sulit untuk menemukan ide-ide baru untuk menulis topik bukan.

Jika Anda telah menulis untuk sementara waktu, kumpulkanlah ide-ide Anda mungkin sudah siap dituangkan.

Lantas bagaimana Anda dapat menemukan sebuah topik?

Cara terbaik adalah mempelajari sesuatu yang benar-benar baru dan kemudian mengajarkannya kepada orang lain. Ini tidak hanya akan memberi Anda ide untuk posting tulisan baru, tetapi juga akan menciptakan nilai untuk dunia.

Ada begitu banyak hal yang orang lain tidak tahu dan tugas Anda adalah memberi tahu mereka melalui tulisan.

Jika Anda ingin meningkatkan gaya menulis Anda, maka cobalah menulis setiap hari, tetapi jangan hanya menulis untuk diri sendiri.

Temukan audiens dan ajari mereka sesuatu setiap hari sehingga mereka akan kembali dilain waktu. Bagaimanapun, belajar adalah hal terbaik yang kita lakukan sebagai manusia.

5. Ketepatan (Correctnes)

Menggunakan kata, kalimat hingga wacana yang benar sesuai dengan kaidah kebahasaan Indonesia memang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan gaya menulis Anda.

Namun Anda tidak harus menjadi guru bahasa Indonesia ataupun mengerti sintaksis, sebisa mungkin Anda paham dasar-dasar dari semua itu.

Jika Anda mulaimenulis setiap hari, dengan sendirinya akan menemukan kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya. (Diangkat dari: https://sukabumiupdate.com/)

POSTING PILIHAN

Related

Utama 7716120700290947972

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

ADS

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item