Lembaga Pendidikan Raudlatul Iman, Kembangkan Literasi Sekolah

Penyajian materi bagi guru MTs Raudlatul Iman


Rulis, Sumenep
; Meningkat kualitas guru dalam pengembangan literasi, Lembaga Pendidikan Raudlatul Iman, Gadu Barat. Kecamatan Ganding, Sumenep bekerja sama dengan Rumah Literasi Sumenep (Rulis), mengadakan “Pelatihan Gerakan Literasi Sekolah, Penerapan Literasi dalam Pembelajaran” bagi guru Madrasah Intidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), Minggu (20/02/22).

Pelatihan dibagi dua kelompok, kelompok guru MI dan kelompok guru MTs itu berlangsung selama satu hari dengan tutor yang disampaikan oleh tim Rulis.

Untuk kelompok tingkat MI disajikan oleh Ali Harsojo, Meike Wijaya dan Kamil, sedang kelompok guru MTs disajikan oleh Lilik Rosida Irmawati dan Yulianti dengan meteri sekitar literasi sekolah dan literasi kelas.

Ketua Yayasan Raudlatul Iman, R. Sahli Hamid, M. Pd
Dalam kesempatan terpisah Ketua Yayasan Raudlatul Iman, R. Sahli Hamid, M. Pd, menyatakan pihaknya berkepentingan untuk literasi di lembaga-lembaga yang dikelolanya.

“Tentu kami  mempunyai kepentingan, bagaimana pendidikan di Raudlatul Iman ini  terus berkembang dan meningkat, salah satunya tentu peningkatan SDM,” ungkapnya pada media Rulis.

Menurutnya  guru harus menjadi sebagai aktor dalam pengembangan pendidikan. Dengan pelatihan literasi ini nanti diharapkan bisa menjadi  sebuah model dalam peningkatan kulitas anak didik di sekolah.

Dari kegiatan ini, tambah Sahli,  akan memotivasi guru untuk memberikan yang terbaik pada anak didik, karena selama ini proses pembelajaran dilaksanakan secara konvensional.

“Selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah dalam memberi ilmu atau transfer ilmu penhetahuan, tidak melatih bagaimana anak didik bisa menulis, membaca kemudian praktik langsung di lapangan,” jelas figur yang kerap menulis itu.

“Jadi dari literasi ini sekolah menjadikan guru lebih kreatif, tidak sekedar rutinitas yang tidak bermakna,” ungkapnya

Ia menambahkan  dengan penerapan literasi, semua kegiatan sekolah menjadi bermakna, yakni menggairahkan bagi anak didik,  anak didik tidak merasa bosan dan jenuh, apalagi didukung penyediaan rilterasi visual, perpustrakaan dan sebagainya,” pungkasnya.

Yayasan Raudlatul Iman, mengelola beberapa lembaga pendidikan. Yang berafiliasi Dinas Pendidikan yakni Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sedangan lembaga yang berafisiliasi Kementeri Agama meliputi Raudlatul Adfal (RA), Madrasah Tsanawiyah (M.Ts) Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman (STIDAR) – (*)

(Audi/Rulis)



POSTING PILIHAN

Related

Utama 1857423399839623888

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

ADS

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item