Catatan Workshop Kepenulisan; Sekeping Kenangan Pulau Nirwana, Talango

Tim pemateri Rulis saat menyeberang naik perahu tongkang

Oleh: Afiatur Rizkiyah

Mengawali lembaran baru 2022, dengan inisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Talango, bekerjasama dengan Rumah Literasi Sumenep (Rulis) berbagi ilmu melalui kegiatan Workshop Penulisan Buku Inspiratif bersama Guru dan Siswa se-Kecamatan Talango, di SDN Talango 2, Rabu, 5 Januari 2022

Kegiatan workshop ini merupakan inisasi Persatuan PGRI Kecamatan Talango, sekaligus sebagai salah satu bentuk refleksi HUT ke-76 PGRI, yang diinisiasi oleh PGRI Cabang Kecamatan Talango.

Berbekal Surat Tugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Tim Rulis yang terdiri 8 orang ini berkendara mobil berangkat bersama menuju Pelabuhan Kalianget. Perjalanan dilanjutkan dengan naik perahu tongkang menyeberangi selat Talango dengan lancar. Selanjutnya mobil kami meluncur menuju lokasi SDN Talango 2.

Workshop yang diikuti Kepala Sekolah, guru dan siswa dari 22 sekolah dasar se Kecamatan Talango, menjadi perhatian tersendiri bagi kami, mengingat hal ini menurut saya jarang dilakukan oleh kecamatan yang melibatkan seluruh sekolah dalam sebuah pelatihan menulis.

Kegiatan workshop dihadiri oleh Ketua dan Bendahara PGRI Kabupaten Sumenep, Drs. H. Didik Suharto, M.Si dan H. Amsidjo, S.Pd., M.M. Acara seremonial dimulai dengan laporan ketua pelaksana kegiatan yaitu Imam Buhari dari PGRI Kecamatan Talango. Menurut Imam Buhari, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 105 peserta dengan dibiayai PGRI Kecamatan Talango, sehingga tidak memungut biaya apapun dari peserta workshop.

Dilanjutkan oleh sambutan Ketua PGRI Kabupaten Sumenep. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari beliau. Dalam sambutannya Didik Suharto menyampaikan rasa bangganya pada semua pihak. Menurut beliau, kegiatan ini akan mampu meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam turut menyukseskan Gerakan Literasi Nasional.

Setelah ditutup dengan pembacaan doa, kegiatan workshop dilanjutkan dalam tiga ruang terpisah. Satu ruang untuk guru, dan dua kelas lainnya untuk siswa. Tim Rulis juga diatur untuk menjadi pemateri dengan komposisi Ali Harsojo, Juwairiyah, dan Yulianti bagi guru. Sedangkan untuk siswa, Sri Indriyana berkolaborasi dengan Whiwin Dewi Yulian. Sementara Raudlatul Makiyah berkolaborasi dengan Afiatur Rizkiyah.

Saya sebagai salah satu pemateri untuk kelompok siswa merasa bangga dan senang  melihat siswa antusias dalam belajar menulis, walaupun pada awalnya masih malu. Untuk mengatasi rasa bosan, banyak ice breaking yang kami lakukan. Siswa juga kami ajak untuk keluar kelas untuk menulis.

Guru dan siswa diminta menyetorkan tagihan tugas dengan waktu yang telah disepakati. Harapan kami, akan dihasilkan karya buku baik tulisan guru, maupun siswa. Mudah-mudahan kegiatan hari ini, bisa bermanfaat bagi peningkatan kompetensi guru dan siswa di Kecamatan Talango, juga menjadi ladang amal jariyah sekaligus mampu mengasah kompetensi Tim Rulis dalam belajar, berkarya, dan berbagi. Salam literasi!

Sumenep, 5 Januari 2022
 

POSTING PILIHAN

Related

Utama 9103959908948207937

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item