Pentingnya Kalender Sekolah


Oleh Rabiatul Adaiyah

Dalam dunia pendidikan terdapat istilah kalender pendidikan dan kalender sekolah. Kalender pendidikan adalah agenda kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun yang meliputi permulaan tahun pelajaran, waktu pembelajaran  efektif dan hari libur.Fungsinya untukmendorong efektivitas dan efisiensi kegiatan pendidikan.

Sedangkan kalender sekolah merupakan kalender yang dibuat pihak sekolah yang berisi  penjelasan lebih khusus dari kalender pendidikan yang masih umum. Kalender sekolah merupakan kalender akademik dan kegiatan akademik sekolah. Setiap sekolah mempunyai kalender akademik yang merupakan  turunan  dari kalender pendidikan sehingga masing -masing sekolah  kemungkinan ada perbedaan tetapi tidak melanggar aturan di atasnya.

Sebenarnya apa kalender sekolah yang  mau dipaparkan oleh penulis? Kalender sekolah yang dimaksud adalah bukan agenda yang merupakan penjabaran dari kalender pendidikan seperti yang diuraikan di atas. Kalendar sekolah yang dimaksud adalah  almanak atau penanggalan yang dibuat oleh sekolah, di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bluto, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Kalender SMPN 1 Bluto berisi aktualisasi perjalanan sekolah berupa fakta yang terjadi sebelum tahun kalender  sekolah  itu dibuat.  Perjalanan kegiatan sekolah  yang perlu diinformasikan  kepada  pihak yang berkepentingan dan pihak lain sebagai pengenalan lembaga. Perjalanan sekolah   berupa kegiatan sekolah  baik kegiatan guru maupun kegiatan siswa yang bermakna baik di dalam sekolah  maupun kegiatan di luar sekolah ataupun kerja sama dengan pihak lain.

Kalender sekolah sebagai laporan perjalanan sekolah menampilkan  kegiatan pembelajaran yang bermakna , kegiatan pendidikan di luar kurikulum , seperti Kegiatan Tengah Semester (KTS) ,Kegiatan Akhir Semester (KAS) ,  dan Kegiatan Akhir Tahun (KAT),  prestasi siswa dan guru baik berupa  pertandingan dan perlombaan, kesenian, baik secara internal maupun kerjasama dengan pihak luar, seperti kegiatan sosialisasi dan kegitan vaksinasi oleh Puskesmas ,  kegiatan pembinaan UKS  oleh Dinas Kesehatan  dan sebagainya.

Tampilan Kalender,  bisa terdiri dari beberapa lembar/halaman , minimal  tiga atau empat lembar/halaman, dengan rincian sebagai berikut :

Lembar satu memuat profil sekolah, visi dan misi sekolah, foto Kepala Sekolah , guru dan karyawan  serta fasilitas sekolah . Lembar kedua memuat foto kegiatan siswa  yang bermakna  baik di sekolah maupun di luar sekolah , seperti kegiatan  di perpustakaan , di labotarium (lab) IPA  , dan lab. komputer , kegiatan keikutsertaan  lomba, kegiatan dengan pihak luar  yang melibatkan siswa seperti kegiatan sosialisasi kesehatan, keamanan yang melibatkan Puskesmas dan Polsek setempat. Lembar ketiga memuat kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan sekolah. Dan lembar keempat memuat prestasi siswa baik di bidang akademik maupun  non akademik.

Sebagai laporan perjalanan sekolah kalender sekolah juga mempunyai beberapa manfaat.

  1. Catatan perjalanan sekolah

Kegiatan perjalanan sekolah berupa kegiatan yang bermakna, baik yang berprestasi maupun tidak, bisa didokumentasikan sekaligus dipublikasikan melalui kalender sekolah.Dokumen kegiatan sekolah berupa foto –foto yang bisa dicantumkan di kalender sekolah.

  1. Sebagai kenangan  dan motivasi  bagi siswa

Ketika kegiatan yang bermakna  diidokumentasikan dan ditampilkan  dalam kalender maka bagi pihak yang dimaksud  akan memiliki kenangan  dan kebanggaan tersendiri. Bagi siswa lainnya sebagai motivasi untuk memacu prestasinya baik dari segi akademik maupun nonakademik.

  1. Sarana promosi sekolah

Memori sekolah baik berupa kegiatan maupun prestasi sekolah yang dipajang melalui kalender untuk megenalkan sekolah kepada pihak luar. Setiap kalender yang  dipajang di setiap rumah siswa ,guru atau tempat lainnya di kecamatan Bluto akan menjadi  sarana promosi untuk menjual sekolah kita. Tempat yang lainnya sebagai ajang promosi  seperti dipajang di SD/MI,kantor pelayanan publik seperti Puskesmas, toko  atau rumah makan yang sering dikunjungi anak-anak usia sekolah.

Untuk kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB),  bisa mencuri start karena kalender yang  dipajang selama satu tahun, bahkan mungkin lebih karena kalender tidak diturunkan walau tahunnya sudah berlalu. Dari segi biaya bisa dibandingkan  pembuatan  brosur dan baner yang dipancang di beberapa tempat strategis. Itu pun perlu biaya pemasangan dan keamanan dari baner tersebut . Karena kalau tidak bisa hilang atau rusak.Jadi lebih efektif dan efisien kalender sekolah  daripada bosur dan baner.

Sebagai sarana promosi, kalender bisa dijual kepada siswa (wali murid) dengan harga yang terjangkau.  Penjualan kalender bukan semata-mata mencari keuntungan, penjualan yang penting  sebagai  pengganti biaya cetak .

Kalender sekolah yang terpampang di kelas,d i setiap ruang sekolah ,di rumah siswa mempunyai nilai tersendiri bagi siswa ,baik siswa yang terekam dalam kalender maupun siswa yang tidak ada dalam kalender. Bagi siswa yang  berprestasi memiiki kenangan tersendiri sehingga memotivasi untuk lebih giat .Sekaligus memotivasi teman-temannya untuk mengikuti jejaknya untuk berprestasi baik dalam bidang  akademik maupun non akademik.

Betapa pentingnya pembuatan kalender sekolah untuk  mempublikasikan kegiatan-kegiatan sekolah baik siswa maupun  guru berupa foto-foto kegiatan . Kalender sekolah sekaligus sebagai sarana mempromosikan sekolah kepada pihak luar terutama siswa SD/MI kelas  enam dan orang tuanya. Oleh karena itu betapa perlunya sekolah untuk mencetak kalender sekolah atau almanak sekolah

Rabiatul Adaiyah, adalah guru SMP Negeri 1 Bluto Sumenep

POSTING PILIHAN

Related

Utama 4372859891360735340

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

ADS

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item