Workshop Penulisan Jurnal Sekolah SMPN 1 Bluto Sumenep

Lilik Rosida Irmawati saat memaparkan materinya

Dalam mengembangkan usaha gerakan literasi sekolah (GLS), Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bluto, Sumenep mengadakan Workshop Penulisan Jurnal Sekolah, Rabu, (08/12/21) di sekolah setempat.

Workshop yang diikuti para guru dari semua mata pelajaran ini, menghadirkan dua nara sumber dari Rumah Literasi Sumenep, yakni Lilik Rosida Irmawati dan Syaf Anton Wr.

Workshop yang dibuka oleh Kasi Kurikum SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Sri Agustina, menyatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut lantaran literasi menjadikan program pendidikan dari semua tingkatan di sekolah.

“Sebagaimana kebijakan pendidikan,  kita harus banyak belajar, tidak hanya pada murid, juga pada guru harus meningkatkan pelayanan pendidikan sebagaimana disampaikan Mendikbud dalam program merdeka belajar, yakni salah satu strateginya adalah dalam program literasi,” jelasnya

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih karena SMPN 1 Bluto yang telah melakukan gerakan literasi ini

“Dengan pelatihan literasi untuk semua guru  ini merupakan dari tujuan program Disdik yaitu meninlanjuti Perbub No 13 /2021  tentang program literasi dan diharapkan  semua satuan pendidikan untuk  melakukan budaya literasi,” ungkapnya

Sementara Kepala SMPN 1 Bluto, R. Sri Hairi Suryaningsih menyatakan pihaknya berharap dari pelatihan ini melahirkan guru yang kreatif dan mampu mengembangkan potensinya, khususnya dalam dunia kepenulisan.

“Dari hasil ini selanjutnya bisa menghasilkan tulisan-tulisan, yang kemudian bisa diterbitkan dalam bentuk jurnal atau media,” harapnya.

Pihaknya juga berkeinginan dalam dekat SMPN 1 Bluto telah memiliki terbutan media cetak dalam bentuk majalah maupun jurnal yang menampung tulisan-tulisan dari guru maupun siswa.

Dua nara sumber yang hadir mengurai banyak tentang literasi dan bagaimana usaha-usaha melahirkan tulisan serta bagaimana memanfaatkan media sebagai wahana ekspresi sekaligus sebagaimana media promosi sekolah.

Penulis/editor: Auli Dindi


POSTING PILIHAN

Related

Utama 926732281525576094

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item