Darun Najah Bangkitkan Gerakan Literasi Bersama Rulis

Dewan dan team Rulis foto bersama seusai acara seminar literasi (foto: Rulis)

Gerakan literasi sekolah adalah gerakan yang bertujuan untuk menjadikan sekolah sebagai tempat untuk belajar agar warganya bisa selalu literat sepanjang hidup dengan melibatkan peran publik.

Gerakan literasi sekolah ini wajib digalakkan karena minat membaca dan menulis masyarakat masih tergolong minim. Program literasi sekolah ini diharapkan mampu membangkitkan antara lain minat membaca dan menulis

Hal itulah yang menjadi konsep dasar Lembaga Pendidikan Darun Najah, Kapedi, Kecamatan Bluto, Sumenep dalam mengembangkan literasi melalui Darun Najah Short Course (Danasco 2021), Senin, 20 Desember 2021.

Darun Najah yang mengelola lembaga pendidikan formal tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) ini menghadirkan sejumlah siswa dan para guru semua tingkatan dalam seminar literasi dengan pemateri dari team Rumah Literasi Sumenep (Rulis)

Dengan mengambil tema Budaya Literasi Antara Tantangan dan Realitas di Era Krisis Membaca sebagaimana diharapkan Kepala SMK Darun Najah agar momentum ini dimanfaat dengan maksimal oleh peserta.

Kepala SMK Darun Najah, Imam Wahyudi, S.Pd., menyebut di tengah terpaan dunia teknoligi digital yang meraja lela, tentu tantangannya tidakah ringan,  terutama  dalam hal tingkat kepahaman dan praktik literasi siswa di sekolah.

“Saat ini, siswa lebih mudah meniru di internet jika ada tugas. Jadi mayoritas bukan karya asli siswa. Maka perlu kegiatan literasi yang matang. Ini memang tantangan di antara kondisi ideal dan realitas,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Rumah Literasi Sumenep, Lilik Rosida Irmawati menyatakan membaca sudah menjadi sebuah kewajiban, karena manusia diberi piranti sel saraf hampir dua milyard, maka apabila otak tidak diberi asupan gizi  maka akan tertidur. Asupan gizi itu berupa informasi, dan informasi itu didapat dari membaca

“Selain itu harapan kami agar kegiatan ini terus berlanjut secata tersistem dan berkesinambungan, dan Rumah Literasi Sumenep siap membantu penerbitan buku karya siswa,” harap guru yang juga penulis itu.

(Penulis Ali Harsojo, Editor Rulis)

POSTING PILIHAN

Related

Utama 837247596715319139

Posting Komentar

  1. Semoga Rulis mampu berkontribusi dalan meningkatkan mutu pendidikan di Sumenep khususnya, dan negeri tercinta

    BalasHapus

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

ADS

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item