Selesaikan Masalah dengan Al-Quran


Sebagaimana telah diketahui bahwasanya Al-Quran merupakan kitab pedoman dan sumber hukum utama bagi umat Islam. Al-Quran juga merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad yang bisa kita rasakan sampai saat ini. Kemukjizatan Al-Quran bisa dilihat dari beberapa aspek di antaranya, dari aspek bahasanya, orang yang menerimanya, dan orang yang membacanya tidak akan pernah bosan sekalipun diulang-ulang serta masih banyak aspek yang lainnya. Al-Quran sebagai mukjizat terbesar Nabi Muhammad memiiki fungsi yang sangat penting bagi orang Islam. Namun fungsi yang esensial dari Al-Quran adalah sebagai petunjuk ke jalan yang lurus yaitu dengan mentauhidkan Allah agar bahagia di dunia dan akhirat, sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil serta Al-Quran merupakan sumber norma, etika, dan hukum.

Al-Quran merupakan kitab yang memiliki banyak keutamaan, di antaranya bisa menjadi solusi untuk mengatasi beragam persoalan hidup sehari-hari, seperti memohon rezeki yang banyak, terhindar dari musibah, menguatkan hafalan dan sebagainya. Maka tak heran jika banyak orang di sekitar kita yang menjadikan surat-surat tertentu dalam Al-Quran sebagai sebuah amalan. Seperti halnya surat al-Waqi’ah yang selalu dibaca agar mendapatkan kekayaan. Ternyata dalam kitab al-Jawahir al-Lamma’ah dijelaskan bahwasanya keutamaan mengamalkan surat al-Waqi’ah ini sebagai wasilah (perantara) memohon kepada Allah agar mendapat kekayaan (hlm. 224).

Jika kita merenung secara mendalam, maka kita akan paham bahwa Al-Quran tidak hanya memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi manusia tetapi juga sebagai sarana untuk mencapai derajat mulia di sisi Allah swt. Karena tujuan diciptakannya manusia tidak lain hanyalah mengabdikan seluruh hidupnya untuk beribadah kepada Allah. Dengan kasih sayang-Nya, maka Al-Quran dijadikan sebagai wasilah atau perantara bagi para hamba-Nya untuk memperoleh kebaikan dalam setiap situasi kehidupan lahiriah mereka.

Maka dari itu, hendaknya Al-Quran dijadikan jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah baik dengan membacanya atau mengamalkannya sehingga kita tidak akan menjadi orang yang rugi. Allah telah menjanjikan dan pasti akan memberikan pahala pada setiap huruf yang dibaca. Maka hendaklah seorang muslim selalu membaca Al-Quran dengan ikhlas, disamping banyak khasiat dan keutamaannya jika dibaca secara istiqomah. Seperti keutamaan orang yang mengamalkan surat Al-Mulk yang akan mendapatkan syafaat di akhirat kelak, dengan membacanya setiap hari minimal satu kali secara rutin.

Hal ini berdasarkan pada riwayat Abu Hurairah ra. Bahwasanya Rasulullah saw. Bersabda, “Sesungguhnya ada satu surat dari Al-Quran yang terdiri atas 30 ayat yang dapat memberi syafaat kepada seseorang, sehingga dosanya diampuni. Surat itu adalah Tabarakal Ladzi Biyadihil Mulku.Dan juga di antara keutamaan mengamalkan surat Al-Mulk adalah akan mendapatkan anugerah besar yaitu terhindar dari azab kubur. (hlm.250)

Mengamalkan surat-surat tertentu dalam Al-Quran pada hakikatnya adalah sebagai ikhtiar untuk mencapai wasilah. Sehingga nantinya Allah akan senang kepada kita. Dengan begitu Allah akan mengabulkan keinginan atau hajat kita bahkan menghilangkan penyakit jasmani ataupun penyakit rohani dengan keutamaan yang dimiliki surat yang diamalkan. Karena manusia tidak bisa lepas dari takdir yang telah Allah tetapkan pada zaman azali, maka kita tidak bisa mengubahnya kecuali dengan berdoa kepada Allah. Setelah kita berikhtiar, kita harus berpasrah diri kepada Allah swt karena hanya Dialah yang mampu mengatasi segala problematika hidup yang kita alami.

Sangatlah jelas bahwa Al-Quran merupakan kitabullah yang sangat agung dan bukan buatan manusia ataupun dibuat-buat. Dengan ajarannya yang luar biasa, Al-Quran mampu menjawab permasalahan spiritualitas seorang hamba sampai pada tingkat tertinggi (mencapai keridhaan Allah). Apalagi untuk masalah-masalah duniawi atau kehidupan fana ini tentunya Al-Quran juga mampu memberikan jalan keluarnya. Karena itu, seharusnya setiap permasalahan hidup yang kita alami itu dikembalikan kepada Allah melalui jalan Al-Quran karena ia adalah penawar (obat) dan rahmat bagi orang yang beriman. (hlm. 3)      

Buku ini memiliki beberapa kelebihan yang ditawarkan kepada para pembaca, di antaranya, pertama, buku ini disusun secara sistematis, artinya mulai dari surah pertama yaitu Al-Fatihah sampai An-Nas dijelaskan keutamaan-keutamaannya, yang dilengkapi dengan cara pelaksanaan amalan dan doanya di setiap surah. Kedua, isi buku ini merupakan rangkuman dari berbagai kitab klasik yang dirujuk oleh penulis seperti Mujarrobat ad-Dairobi al-Kabir, Syamsul Ma’arif dan kitab-kitab yang lain. Ketiga, penjelasan-penjelasan yang ada dalam buku ini juga diambil dari hadis-hadis Nabi dan Al-Quran serta dalam setiap doa dan amalan dicantumkan referensinya.

Buku karya Muhammad Zaairul Haq ini merupakan salah satu buku rujukan terbaik untuk kita baca. Sebuah buku yang mengungkap solusi untuk berbagai persoalan hati, dan cara untuk mengobati penyakit jasmani. Selain itu, buku ini juga mengupas keutamaan 114 surat yang ada dalam Al-Quran, tapi juga dilengkapi cara mengamalkannya beserta doa-doanya sehingga nantinya dengan keagungan dan barakah Al-Quran persoalan kita akan terselesaikan, insyaallah.(*/M. Rizal) 

M. Rizal, *Mahasiswa INSTIKA prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir semester III sekaligus santri PP. Annuqayah Lubangsa Selatan.

 

POSTING PILIHAN

Related

Utama 1684262333807051577

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

item