Inilah Ciri-ciri Anak yang Punya IQ Tinggi

M Purwadi

Setiap orang tua mengharapkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Salah satu tolak ukur yang sering dianggap sebagai keberhasilan dari tumbuh kembang anak adalah nilai IQ yang tinggi.

Dilansir dari Cognition Today, Minggu (14/11/2021), skor IQ ( Intelligence Quotient ) bisa didapatkan dari tes asesmen terstruktur yang dilakukan oleh psikolog.

Biasanya, 70% orang akan memiliki IQ sekitar 80-120. Lalu, sekitar 95% orang akan memiliki IQ antara 70-130. Sementara itu, orang yang ber-IQ tinggi biasanya akan mendapat skor di atas 130.

Namun, tanpa melihat skor IQ, ada beberapa cara yang bisa diperhatikan orang tua untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak. Apa saja tanda-tandanya? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Anak Berkomunikasi dengan Orang Lain

Dijelaskan oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, tanda-tanda anak memiliki tingkat kecerdasan tinggi bisa dilihat dari caranya berkomunikasi dengan orang lain.

“Umumnya anak dengan IQ yang diprediksi tinggi dapat dilihat dari bagaimana kita berinteraksi dengan si anak maupun bagaimana kapabilitas kemampuannya dalam keseharian,” jelasnya.

“Misalnya saat berinteraksi atau berdiskusi bersama, cara anak merespon, bertanya, menyampaikan argumen, dan memproses informasi lebih baik dari anak lain seusianya,” lanjutnya.

Anak Lahir dengan Berat Badan Besar

Melansir dari News Com AU, penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal mengamati sebanyak 3.000 bayi yang baru lahir.

Hasil penelitian menunjukan bahwa bayi yang lahir dengan berat badan besar memiliki IQ yang sedikit lebih tinggi daripada bayi dengan berat badan rendah.

Dapat Menguasai Bahasa Asing

Menurut laporan ilmiah dari Child Development, anak yang menguasai bahasa asing di usia 12-24 bulan menandakan bahwa ia memiliki ingatan atau memori yang baik. Hal itu juga merupakan tanda bahwa anak memiliki kecerdasan yang tinggi.

Oleh karena itu, orang tua bisa membangun kecerdasan anak sejak dini dengan memperkenalkan bahasa asing sejak usia kecil di atas satu tahun.

Cepat Mempelajari Hal Baru

Dijelaskan oleh psikolog Gracia, suka mencoba hal baru dan memiliki sifat yang pantang menyerah bisa menjadi indikasi bahwa anak memiliki kecerdasan yang tinggi.

“Dilihat dari keseharian juga, anak tampak secara akademis performanya lebih unggul dari anak-anak di kelasnya. Cepat juga mempelajari hal baru. Kreatif dalam menemukan alternatif pemecahan masalah sehari-hari,” ucap psikolog Gracia.

Menyukai Baca Buku

Studi dari University of Edinburgh dan King’s College London di Inggris tahun 2014 mengatakan, anak-anak usia tujuh tahun yang terampil membaca rata-rata memiliki nilai IQ yang lebih tinggi saat remaja nanti. Kondisi ini berlaku ketika dibandingkan dengan anak yang tidak suka membaca.

Memiliki Ingatan yang Baik

Ciri anak yang memiliki IQ tinggi lainnya adalah mampu mengingat suatu hal yang baru ia lihat atau dengar. Anda bisa melakukan tes sederhana untuk memastikan bahwa anak memiliki kemampuan mengingat yang baik.

Anda bisa mencoba menyebutkan nama-nama buah, kemudian minta anak mengulangi kata-kata tersebut. Apabila anak dapat mengulanginya dengan lancar, maka ia memiliki ingatan yang cukup baik.

Senang Berargumentasi

Dijelaskan oleh psikolog Gracia, anak yang memiliki rasa ingin tahu tinggi atau sering bertanya seputar hal yang tidak dimengerti memang bisa membuat orang tua kewalahan.

Namun, hal itu adalah pertanda baik. Pasalnya, anak yang terus mengajak orangtuanya berargumentasi menandakan bahwa ia memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

Cara Anak Bersikap kepada Orang Lain

Kecerdasan anak tidak hanya diukur dari cara mereka berpikir atau menjawab pertanyaan. Kecerdasan anak juga bisa dilihat dari cara mereka bermain dengan temannya.

Orang tua bisa melihat apakah anak mau berbagi mainan dengan temannya. Lalu apakah anak mau bersabar saat menghadapi temannya yang nakal. Jika anak Anda memiliki sikap atau perilaku yang baik sejak kecil, artinya ia memiliki keterampilan berpikir yang baik. Itu dia delapan ciri atau tanda anak memiliki IQ tinggi.

(mpw)


Diangkat dari laman edukasi.sindonews


POSTING PILIHAN

Related

Utama 8472758016955701492

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item