Akhir UTS, SDN Padike I Talango Ajak Siswa Ziarah ke Asta Sayyid Yusuf


 

Sumenep, Rulis: Memanfaatkan akhir pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) 1 tahun pelajaran 2021/2022, SDN Padike 1 Kecamatan Talango, Sumenep melakukan ziarah kubur di pemakaman  Asta Sayyid Yusuf  Talango, Sabtu 02 oktober 2021.

Ziarah yang diikuti seluruh  siswa  dan guru itu bertujuan agar peserta didik lebih dekat dan menghayati pada para leluhur.

Diceritakan, Sayyid Yusuf dimakamkan di asta ini sekitar 1212 H atau 1791 M saat Raja Sri Sultan Abdurrahman Pakutaningrat beserta rombongan dan prajuritnya berangkat dari keraton demi menyebarluaskan agama Islam di Bali.

Ketika sang raja menyudahi syiarnya di Pulau Dewata tersebut, akhirnya pulang ke Sumenep dengan berlabuh di pelabuhan Kalianget untuk bermalam akibat kelelahan. Saat bermalam, Sri Sultan terkejut melihat sinar yang sangat terang, seakan jatuh dari langit ke bumiyang kemudian berwujud di tempat berziarah itu.

Dalam kesempatan tersebut Kepala SDN Padike 1, Purwandari, SPd.SD, menyakan, kegiatan ini sebagai bentuk keperhatian sekolah memberi ruang kepada peserta didik agar lebih memahami kesejarahan, khususnya terkait keberadaan tokoh Sayyid Yusuf.

“Ini juga sebagai sarana komunikasi dengan sang Khaliq serta penguatan keimanan agar anak-anak selalu dekat pada penciptaNya,” tutur  Bu Pur.
Menurut salah seorang guru, Taufikurrahman, menyebut kegiatan ini juga diikuti bukan hanya warga sekolah tapi juga wali murid yg ikut mendukung dengan mempersiapkan bekal bagi murid atau para guru.

“Kita bangun kegiatan ini sebagai usaha menciptakan pendidikan yang fress dan menyenangkan serta menggali kepekaan siswa dalam menganalisa terhadap alam. Mengenal sejarah para auliya' penyebar agama Islam yang diziarahi secara lebih dekat,” ungkap Taufik

(Redaksi)

 


POSTING PILIHAN

Related

Utama 3768931276320180929

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item