Peringati Milad IDIA, BEMA Adakan Pelatihan Menulis Semarak Literasi

Syaf Anton Wr, saat menyajikan masteri

Memperingari Milad Institut Dirosah Islamyah Al-Amien (IDIA) ke 38, Badan  Eksikutif Mahasiswa Ma’had (BEMA) IDIA Prenduan menyelenggarakan  acara Semarak Literasi antara lain berupa Pelatihan  Karya Tulis Ilmiah, Ahad, 5 September 2021, di gedung Rektorat  IDIA.

Pelatihan ini diikuti 250 mahasiswa dan mahasiswi semester 1 dan 3 dengan topik menulis fiksi dan non fiksi yang disajikan oleh pemateri dari Rumah Literasi Sumenep.

Mengawali pelatihan, disajikan oleh sastrawan Syaf Anton Wr dengan topik bahasan memahami dunia kepenulisan serta kiat-kiat untuk terjun menjadi penulis.

Menurutnya, menulis itu membangun kebudayaan, “mengapa menulis itu membangun kebudayaan? Menulis memiliki kekuatan keabadian  yang jauh lebih kokoh daripada pikiran, ucapan dan tindakan”.

“Penulis akan mengembangkan apa yang telah ditangkap dan dialami kemdalam tulisan, sedangkan bukan penulis hanya menyimpannya di dalam angan sebagai wawasan atau bahkan melupakan,” ungkap budayawan Madura itu.

Sebelumnya, Dewan Konsultan Mahasiswa IDIA Qirom Hanafi merespon positif atas prakarsa BEMA dalam pelaksanaan  pelatihan ini.

Pihaknya  berharap nantinya, proses belajar menulis tidak hanya sampai disini, tapi harus berlangsung dan menghasilkan penulis-penulis handal dari kampus ini.

“Kita berharap tulisan dari teman-teman mahasiswa bisa sampai menembus ke media-media, baik  media cetak maupun online,” pungkasnya

Pelatihan yang dibagi dua sesi ini, sesi pertama disampaikan secara umum kepada peserta dan sesi kedua masing-masing dibagi kelompok genre fiksi dan kelompok non fiksi.

Penulis: Rulis


POSTING PILIHAN

Related

Utama 1414492986169859534

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Telah Terbit

Telah terbit antologi cerita  pendek 

“Menjulang Matahari”

Cerpen ini ditulis oleh 30 orang penulis dengan latar peristiwa yang terjadi disekitar kehidupan penulisnya. Layak dimiliki dan dibaca dalam lingkungan keluarga

Rp. 45.000,-

 Pesan buku
 
item