LKP3M Pesona Kerjasama IPNU IPPNU Pragaan, Adakan Seminar Bahasa Madura

Sumenep, Rulis : Lembaga Kursus Pelatihan Pendidikan & Pemberdayaan Masyarakat (LKP3M) Pesona Sumenep. Bekerja sama dengan Ikatan Pelaja...

Sumenep, Rulis: Lembaga Kursus Pelatihan Pendidikan & Pemberdayaan Masyarakat (LKP3M) Pesona Sumenep. Bekerja sama dengan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) mengadakan Seminar Kebahasan, Membumikan Bahasa Ibu, Selasa, 29/06 di Aula MWC Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Pragaan, Sumenep.

Seminar dengan mengambil tema Masèpa’ Longghu, Areng-sareng Arabãt Bhãsa Èbhu”, dengan menghadirkan nara sumber budayawan Madura Syaf Anton Wr, guru dan pemerhati bahasa Madura Avan Fathorrahman dan sastrawan Madura, Mat Toyu

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PC IPNU Sumenep, Zaynollah merasa bersyukur terlaksana cara ini dan berharap moment ini  menjadi pembelajaran bagi peserta, baik bagi aktivis IPNU maupun IPPNU agar mengikuti dengan seksama penjabaran dari para nara sumber.

"Kami bersyukur bisa melibatkan tokoh tokoh budayawan Sumenep ini dalam bagian ikhtiar IPNU IPPNU untuk menjaga bahasa Ibu, Bahasa Madura khususnya di kalangan anak muda"

Menurutnya, banyak hal yang harus dilakukan kedepannya, mulai dari lingkungan keluarga, sistem pendidikan, perhatian pemerintah lebih lebih kesadaran masyarakat sendiri.

“Hal ini bisa terwujud jika kita mau bersama sama menjadikan bahasa Madura sebagai bahasa kebanggaan," pungkas Zaynollah.

Sekretaris panitia, Moh. Ainul Yakin menyebut bahwa kegiatan seminar kebahasaan ini, selain untuk merawat bahasa ibu, yang sudah mulai dilupakan oleh anak muda.

“Sebelumnya telah kami telah kami laksanakan lomna menulis dan baca puisi berbahasa Madura, yang penyerahan hadianya dilaksanakan sebelum acara seminar tadi,” ujar Ainul Yakin.

Penulis: Rulis



POSTING PILIHAN

Related

Utama 6180104321596440901

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Telah Terbit

Telah terbit antologi cerita  pendek 

“Menjulang Matahari”

Cerpen ini ditulis oleh 30 orang penulis dengan latar peristiwa yang terjadi disekitar kehidupan penulisnya. Layak dimiliki dan dibaca dalam lingkungan keluarga

Rp. 45.000,-

 Pesan buku
 
item