Belajar Menulis Bersama Komparasi

Yulianti saat memaparkan materi tentang mindset

Kembali, puluhan aktivis komunitas Komparasi (Komunitas Presentasi dan Apresiasi) belajar bersama dalam pengembangan dunia kepenulisan di Pendopo Atas Taman,  Jl. Brigjen Abdullah 11, Pajagalan Sumenep, Minggu, (01/11/2020).

Komparasi dalam naungan Rumah Literasi Sumenep (Rulis) kali ini menguraikan pemahaman dasar-dasar menulis bertajuk “Membangun Kreatifitas Menulis” dengan pemateri Syaf Anton Wr dan Yulianti.

Syaf Anton dalam kesempatan tersebut mengurai pengalamannya sejak ia terjun dalam dunia kepenulisan dan sejumlah organisasi kesenian yang ia geluti.

“Komunitas merupakan sarana efektif dalam menbangun kekuatan berkarya, karena di dalamnya akan terjadi gesekan pemikiran  yang kemudian akan menguatkan karya-karya yang ditulis,” ujar sastrawan yang juga  budayawan itu.

Salah seorang pengurus Rulis, Yulianti memaparkan banyak hal terkait mengubah sikap dan prilaku sebelum memasuki dunia kepenulisan.

“Dengan pola pikir yang berkembang, kita sendiri yang bertanggung jawab atas kemajuan dan perkembangan yang terjadi pada diri kita,” jelas perempuan yang telah melahirkan beberapa buku cerpen tersebut.

Menurutnya, pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan atau bakat yang dimiliki sifatnya akan tetap dan tidak akan berubah, ini yang disebut fixed mindset. “Pola pikir macam ini akan menghambat pemikiran kreatif, apalagi dalam pengembangan dunia kepenulisan,”

Jadi berfikirlah dengan cara growth mindset. “Pemilik growth mindset biasanya berpikir bahwa kecerdasan atau bakat hanyalah titik permulaan. Mereka tidak mau bergantung hanya dari bakat yang dimilikinya saja,” jelas guru SMP N1 Dasuk itu

“Selalu belajar dan bekerja keras adalah hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan suatu keterampilan yang akan mengantarkannya pada kesuksesan,” tegasnya.

Aktivis Komparasi yang umumnya dari generasi milleneal itu terdiri para mahasiswa, peminat belajar menulis, dan dari komunitas lainnya. (red_rulis)



MENARIK JUGA DIIKUTI:

Tulisan Terkait

Utama 1484671727769626269

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Terbaru


Indek

Memuat…

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

Album Lagu Madura

Medsos Rulis


 

item

WA