Rulis Kembali Berkiprah, Diawali di MIS Bustanul Ulum Lenteng

Kepala MIS Bustanul Ulum, M. Toyyib dan Pembina Rulis Syaf Anton Wr
Setelah berakhirnya pandemi Covid 19, Rumah Literasi Sumenep (Rulis) kembali berkiprah berbagi virus literasi.

Mengawali gerakan literasi, kali pertama disajikan kepada guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Bustanul Ulum, Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Jum’at, 28 Agustus 2020, dalam bentuk Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Literasi dengan topik bahasan   Penguatan dan Pengembangan Kelas Literat.

Pelatihan yang berlangsung  selama dua hari itu (28-29 Agustus 2020) merupakan usaha lembaga madrasah untuk menguatkan teknik-teknik  pengembangan literasi kepada anak didik sebagaimana telah  dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015

Kepala MIS Bustanul Ulum, M. Toyyib, dalam sambutannya menyatakan lembaga yang dipimpinnya ini telah ditunjuk sebagai sekolah percontohan oleh Lembaga Pendidikan Maarif NU.

“Namun, setelah berproses, kami  merasa masih kurang maksimal menciptakan sekolah yang literat, kami merasa masih kurang bisa memenuhi poin-poin sekolah literat ” ujarnya ketika memberi sambutan di depan guru dan aktivis Rulis

Untuk itu pihaknya menghadirkan Rulis agar nantinya dalam penguatan literasi di lembaganya dapat menjadi dasar pengembangan, khususnya bagi guru.

Pelatihan yang diikuti seluruh guru mulai kelas 1 sampai 6 disajikan dengan cara teknik-teknik komunikatif, interaktif dan lesehan menjadikan tugas penyaji dari Rulis lebih mudah untuk disampaikan.

Sementara pembina Rulis, Syaf Anton Wr, dalam pengantarnya menyebut, pelatian yang cukup singkat agar dimanfaatkan sebaiknya. “Setelah dapat materi dari teman-teman, diharap agar diimplementasikan yang nanti bertepatan awal masuk sekolah,” tegasnya.

Pihaknya juga akan memantau perkembangan penerapan ilmu yang dibagi  Rulis. “Sekali waktu teman-teman akan berkunjung  sebagai bentuk Follow up dari diklat yang sudah dilaksanakan selama dua hari ini,” tukasnya. (Yulianti)
POSTING PILIHAN

Related

Utama 680925239419516812

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Telah Terbit

Telah terbit antologi cerita  pendek 

“Menjulang Matahari”

Cerpen ini ditulis oleh 30 orang penulis dengan latar peristiwa yang terjadi disekitar kehidupan penulisnya. Layak dimiliki dan dibaca dalam lingkungan keluarga

Rp. 45.000,-

 Pesan buku
 
item