Urgensi Dalam Pengembangan Tulisan


Oleh: Evi Fitriyani

Tulisan adalah sebuah huruf, angka, kata (term), dan bahkan sebuah paragraf yang ditulis dengan tangan menggunakan pensil atau yang lain maupun diketik. Ada seorang guru yang menjadi motivator pada waktu SMA saya, ia memotivasi siswanya dengan kata tulisan. Suatu tulisan lebih berharga dari pada seribu ingatan. Itulah yang dipaparkan oleh guru saya yang artinya dengan sebuah tulisan kita dapat dengan mudah mengingat sesuatu, jika suatu saat kita lupa terhadap suatu hal yang sangat kita butuhkan.

Maka dari itu kalau ingin menghasilkan sebuah tulisan maka kita harus banyak membaca sehingga dapat menuangkan ide dan perasaan kita dengan sebuah tulisan. Tulisan sangat penting dalam hidup ini, karena dengan menulis kita telah membuka salah satu jendela dunia.

Tulisan sangat berharga sekali, karena tulisan itu menandakan identitas dan sifat diri kita sendiri. Dengan tulisan pula kita dapat menemukan sesuatu yang menarik tentang pengetahuan yang tersimpan di balik dinding-dinding yang semu. Melalui suatu kalimat itulah yang menjadi motivasi bagi saya, dan tentunya juga dapat memotivasi kalian yang membacanya. Banyak hal yang dapat menjadikan kita terkenal, kaya dan bahkan sukses hanya dengan sebuah tulisan.

Tulisan kita sendiri yang menentukan jati diri kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Banyak orang tidak suka menulis, hanya suka membaca, atau ada juga orang yang suka menulis tapi tidak suka membaca, maka hal itu sangat tidak berguna sekali.

Menulis tidak mudah bagi orang yang tidak suka menulis, Karena orang yang baru pemula dalam menulis akan sangat kebingungan sekali. Akan timbul berbagai pertanyaan dibenaknya, misalnya:  apa yang harus pertama saya lakukan sebelum menulis, kata apa yang harus saya tuangkan pertama kali. Itulah kata-kata yang sering muncul di benak orang-orang yang tidak suka menulis dan ingin mencoba menulis. Tapi jangan khawatir, ada bebarapa hal yang harus diketahui dan dipahami tentang urgensi dari sebuah tulisan dalam menggapai sebuah kesuksesan, yaitu:

Yang pertama haruslah mantapkan niat anda untuk menulis. Karena semua pekerjaan apapun jika ingin berhasil maka luruskan niatnya.

 Jangan lupa membaca basmalah sebelum memulai suatu tulisan. Supaya apa yang kita tulis tidak sesat atau menjadi sebuah pembodohan bagi pembaca, dan dengan membaca basmalah kita akan dilindungi oleh Allah SWT.

Harus berpikir positif terhadap apa yang kita tulis, karena jika kita berpikir negatif maka akan sulit mengembangkan sebuah tulisan kita sendiri. Positive Thinking akan mengarahkan kepada sebuah kebaikan dari pada Negative Thinking.

Jangan ragu dan malu mau menulis apa. Cobalah tulis apa saja yang ada di benak kalian semua.

Yang paling penting sebelum menulis yaitu harus perbanyak membaca, baik itu buku bacaan ilmu pengetahuan, buku fiksi maupun nonfiksi. Sehingga banyak pandangan dan tambahan pengetahuan tentang kata-kata yang akan kita tulis.

Teruslah menulis sampai anda tidak bisa menulis, jangan pernah jera atau bahkan bosan dalam hal menulis. Tetap semangat dan pantang menyerah.

Yang terakhir yakin bahwa apa yang kita tulis suatu saat akan menjadikan kita sebagai seorang yang sukses dan akan bangga terhadap apa yang kita tulis.

Sedangkan bagi kalian yang sudah suka menulis, tetaplah menulis dan kembangkan tulisan kalian lebih baik, lebih baik, dan lebih baik  lagi.

Dari beberapa tips di atas kita dapat mengaplikasikannya dalam dunia nyata, tidak hanya sekadar dibaca tapi dipraktekkan juga supaya apa yang kita baca bermanfaat.

Menulis itu sangat menyenangkan sekali. Karena  menulis mampu membuat pikiran yang jenuh dan pikiran galau akan terhenti sejenak karena dialihkan oleh tulisan kita sendiri. Kata guru Bahasa saya waktu di SMA dulu, dia mengatakan bahwa menulis akan membuat kita awet muda dan akan selalu cantik.

Pada saat kita menulis akan menunjukkan ekspresi yang sangat menyenagkan dari wajah kita sendiri, misalnya kita kan selalau tersenyum terhadap apa yang kita tulis karena ada sesuatu yang menarik dari tulisan kita sendiri. Apakah pernyataan tersebut benar? Tergantung kalian percaya atau tidak. Kalau saya pribadi percaya, kerana sesuatu yang dihasilkan akan bermakna, jika kita yakin bahwa dengan tulisan kita dapat menjaga kesahatan kulit kita. Buktikan saja sendiri supaya menambah keyakinan anda semua.

Beda halnya dengan orang yang menulis dengan kekesalan. Hal itu karena suasana hatinya tidak menyenangkan. Sehingga dapat menulis sesuatu yang kurang bagus sebab tulisannya tidak menggunakan hati dan pikiran yang jernih. Tulisan yang  tercampur dengan emosi yang berlebihan, terkait dengan perasaannya akan sulit sekali dalam proses penulisan. Misalnya ketika kita marah, bosan terhadap sesuatu, jenuh dan banyak pikiran.

Tapi, dengan kita menulis sesuatu pada saat kita marah akan sedikit meredakan perasaan marah kita. Karena semua kekesalan kita dituangkan dalam sebuah tulisan, meskipun tulisan itu kurang bagus untuk dibaca karena pasti mengandung kata atau kalimat yang penuh emosi.

Jadi sangatlah penting sekali tulisan kita sebagai identitas kita dan salah satu cara menggapai kesuksesan dengan menulis. Dan tidak pula bahwa dengan sebuah tulisan merupakan salah satu cara membuka jendela dunia yang besar ini.

Sangat eksplisit sekali bahwa para ilmuan dan para tokoh terkenal lainnya, itu tersohor atau menjadi familiar dari hasil karyanya sendiri. Dan dapat dibuktikan dengan sebuah tulisan yang menjadi bacaan dan ilmu pengetahuan semua orang di dunia ini.

Hal itu terjadi karena urgensi sebuah tulisan sangatlah bermanfaat bagi kita sendiri maupun orang lain. Jadi cobalah untuk suka menulis dan membaca, karena dua kata tersebut menunjang kepada sebuah kesuksesan.

*****

Evi Fitriyani, asal dari Sumenep (Madura). Sekarang masih kuliah di Fakultas Tarbiyah dan Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di IAIN Madura (Pamekasan) dan sudah semester 8. Dan aktif menggeluti bidang kepenulisan d isalah satu majalah kampus yaitu “Majalah Sosialita”. Dari situ saya mempunyai tekad dan kemauan yang kuat untuk mempublikasikan tulisan saya.
Alamat Email: evifitriyani983@gmail.com,  facebook: Evi Fitriyani, Instagram: evi_fitriyani98,  Twitter: @Evi_Fitriy4n1,HP: 085230838054  
 



MENARIK JUGA DIIKUTI:

Tulisan Terkait

Utama 8797238895251254414

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.
Silakan

emo-but-icon

Terbaru


Indek

Memuat…

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

Album Lagu Madura

item

WA