Menulis Puisi Itu Gampang



Puisi Itu …

HB. Yassin dalam bukunya “Tifa Penyair dan Daerahnya” mengatakan bahwa puisi adalah; pengucapan dengan perasaan, sedang prosa pengucapan dengan pikiran.

Sebagai pembanding mari kita simak pendapat:

Mathew Arnold:  Puisi adalah satu-satunya cara yang paling indah, impressif dan yang paling efektif mendendangkan sesuatu”

Ralph Waldo Emerson : Puisi mengajarkan sebanyak mungkin dengan kata-kata sedikit mungkin. Pendapatnya yang lain: Puisi merupakan usaha yang abadi untuk mengekspresikan jiwa sesuatu, untuk menggerakkan tubuh yang kasar dan mencari kehidupan sebab sebab musabab yang menyebabkannya.

John Dryden : Puisi adalah musik yang tersusun rapi.

Isaac Newton : Puisi adalah nada yang penuh keaslian dan keselarasan

Samuel Johnson : Puisi adalah seni pemaduan kegairahan dengan kebenaran, dengan mempergunakan imajinasi sebagai pembantu akan fikiran.

William Woodward :  Puisi adalah peluapan yang spontan dari perasaan-perasaan yang penuh daya; memperoleh asalnya dari emosi atau rasa yang dikumpulkan kembali dalam kedamaian.

Lord Byron :  Puisi adalah lavanya imajinasi yang letusannya mencegah adanya gempa bumi.

Percy Byssche  Shelley : Puisi adalah rekaman dari saat-saat yang paling baik dan paling senang dari pikiran-pikiran yang paling baik dan paling senang.

Watts-Dunton : Puisi adalah ekspresi yang kongkrit dan yang bersifat artistik dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.

Lescelles Abercrombie : Puisi adalah ekspresi dari pengalaman imajinatif, yang hanya bernilai  serta berlaku dalam atau pernyataan yang bersifat kemasyarakatan yang diutarakan dengan bahasa yang mempergunakan setiap rencana yang matang serta bermanfaat.

(RULIS)

POSTING PILIHAN

Related

Utama 1507167936389789484

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item