Terjebak di Kampung Halaman, Pesepak Bola Beralih Sebagai Apoteker

Pesepak bola asal Spanyol, Toni Dovale (*)

Pesepak bola asal Spanyol, Toni Dovale, pemain klub divisi dua Thailand, Royal Navy Thai FC. Banting setir menjadi seorang apoteker. Mantan pemain Celta Vigo itu. Toni Dovale, ia memang merupakan lulusan sekolah farmasi. Namun, meski begitu ia belum pernah terjun ke dalam pekerjaan dunia farmasi. Saat ia sedang pulang menemani keluarganya di Spanyo, dimana Covid-19 tengah menyerang. Lockdown terjadi di Spanyol, hingga ia harus tinggal di kampung halamannya, yakni di Coruna.

"Saya benar-benar sedang mengemasi barang-barang ketika situasi kemudian menjadi rumit," tuturnya, kondisi yang membuat sepak bola sempat terhenti, membuat ia tersadar bahwa ilmu farmasinya tersebut sedang dibutuhkan di Spanyol. Ia menjelaskan, bahwa kehidupan di Asia berbeda dengan Spanyol, termasuk segi peracikan obatnya itu. "Saya bermain di Asia, farmasi di sana berbeda dan saya tidak pernah berada cukup lama di Spanyol untuk bekerja," cerita Dovale.

"Dengan terhentinya sepak bola dan larangan bepergian, saya berkata kepada diri sendiri,'sekarang Anda bisa mendapatkan pengalaman praktik dan melakukannya."

64.000 kasus membuat ia tergerak untuk bergerak lebih, "kami berada di situasi yang benar-benar menakutkan. Orang-orang yang bekerja dengan publik merasa cemas, dan orang-orang yang datang ke kami untuk meminta saran juga cemas," lanjutnya.

Toni Dovale membantu tim medis bukan berarti ia tidak takut akan Covid-19, ia juga sadar bahwa ia akan menanggung resiko dari virus tersebut, tapi ia berusaha tenang atas apa yang dilakukannya itu. "Kita semua tahu bahwa tingkah laku kuta pada masa sulit menentukan siapa kita, dan bagi saya, saya perlu mengesampingkan rasa takut dan membantu dengan cara yang saya mampu."

Ia pernah bermain di klub India, Bengaluru, sebelum berlabuh ke Thailand. "Saya tidak tahu kapan olahraga akan bergulir di sana (Asia) dan kapan orang-orang Eropa akan kembali diizinkan bepergian. Saya harap masalah ini segara berakhir dan saya dapat kembali bermain sepak bola," tambahnya.    (sayyidaty sholeha )

 

MENARIK JUGA DIIKUTI:

Tulisan Terkait

Utama 6666422493944207913

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.
Silakan

emo-but-icon

Terbaru


Indek

Memuat…

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

Album Lagu Madura

item

WA