Mahasiswi KPI IDIA Lakukan Kegiatan Akhir Kuliah Lapangan

Bersama penyiar Pro 2 RRI Sumenep
Setelah empat kali melakukan kegiatan kuliah lapangan, kali ini untuk yang terakhir kalinya 6 mahasiswi Fakultas Dakwah jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) KPI Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan, Sumenep, Jawa Timur melakukan kegiatan kuliah lapangan Senin 16 Maret 2020.

 Kuliah lapangan kali dilaksanakan dalam satu hari sekaligus di dua tempat yang berbeda yaitu Radio Republik Indonesia (RRI) Stasiun Sumenep dan Jawa Pos Radar Madura Biro Sumenep.  

Dalam kunjungannya di RRI mereka banyak diberikan pemahaman sekitar proses pemberitaan, serta mengambil berita melalui teknik wawancara yang baik dan lainnya.

 “Seorang jurnalistik harus mempunyai agenda liputan mulai dari rumah dan ketika seorang jurnalistik tidak mendapatkan hasil wawancara maka harus mencari trick yang lain.” Ungkap Warid kepada mahasiswi

Sedangkan di tempat kedua yaitu Kantor Redaksi Radar Madura, juga dimotivasi sekitar tuga-tugas wartawan, dan pemahaman tentang etika jurnalistik.

Wartawan Radar Madura, badri, banyak mengurai tentang bagaimana menjadi wartawan yang baik, karena tugas jurnalis bukan tugas pribadi, tapi juga menyangkut kepentingan orang banyak 

Profesi jurnalistik pada dasarnya sama dengan mengabdi kepada masyarakat, dan kita  harus bersabar dalam mencari berita. “Dan ketika hasil kita tidak diterima oleh redaksi, maka kita harus kembali lagi dengan pekerjaan kita, entah kapanpun itu dan dimanapun itu,” ujarnya.
Bersama Pembian, Bapak Syaf Anton Wr, di Kantor Jawa Pos Radar Madura Sumenep
 “Tetapi lebih parahnya lagi ketika hari raya kita berkumpul dengan keluarga dan  sholat ‘Ied, namun setelah itu harus ganti pakaian dan terus balik lagi mencari berita,” keluh wartawan yang pernah bertugas di Bangkalan itu.

Keenam mahasiswa yang terdiri dari Hasniar, Wahdaniah, Rofiqoh, Rif’atun Hasanah, Siti Sholehah dan Lailatul Husni tampak bersemangat mengikuti papran dari wartawan kedua media itu.

“Kami merasa puas dan bangga, dengan berkunjungi ke media tersebut kami tahu dan paham bahwa tugas wartawan tidak sekedar bisa menulis berita, namun harus melalui tantangan berat demi profesinya,” ungkap Hasniar, seorang mahasiswi yang berasal dari Kalimantan. 

Penulis: Ika Rofiqoh
Editor : Syaf

MENARIK JUGA DIIKUTI:

Tulisan Terkait

Utama 4743555099272753342

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Terbaru


Indek

Memuat…

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

Album Lagu Madura

Medsos Rulis


 

item

WA