Peran Pendidik dalam Pendidikan Karakter


Oleh: Alda Agus,

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang sangat penting bagi peserta didik, terutama pada anak-anak yang masih berusia dini, mengingat karakter adalah factor terpenting dalam suatu pendidikan. Pendidikan karakter juga telah disetujui oleh Pemerintah sejak dulu, pendidikan karakter sangat berperan penting sebagai model dalam pembentukan karakter anak didik tersebut.

Secara umum tugas pendidik adalah mendidik. Dalam mendidik juga merupakan rangakaian proses mengajar untuk peserta didik untuk memberikan dorongan dan memuji apa yang telah di lakukan peserta didik,makanya itu kita seorang guru atau pendidik harus memberi contoh dan lain-lain.dengan itu pendidik juga bertugas sebagai penyemanggat dalam proses belajar mengajar peserta didik, sehingga seluruh potensi peserta didik dapat berjalan dengan baik.

Mengingat bahwa pendidik adalah unsur yang paling utama dalam sebuah pendidikan, maka seorang pendidik harus memiliki kepribadian yang baik dan terbuka, karena tugas pendidik tidak hanya menjadi pengajar saja tetapi pendidik juga harus menjadi seorang sahabat untuk anak muritya karena para murit atau peserta didik perlu kasi sayang dan perhatian dari gurunya, apabila peserta didik itu di perhatikan maka sikap dan perilakunya akan menjadi baik dan memiliki karakter yang lebi baik dari sebelumya, dan itu harus ada di dalam  pembelajaran seorang guru,dan guru harus menghibur dan memberi saran yang baik bukan sebaliknya,karna kita seorang pendidik ingin yang terbaik untuk uuntuk generasi-generasi selanjutya.

Pendidik harus mempunyai sifat sabar, ramah, perhatian, tidak pentang menyerah dan memberikan semangat kepada peserta didik untuk bisa menggapai cita-cita mereka. Dengan itu guru juga mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik kepada peserta didik supaya hubungan yang dibangun antara pendidik dan peserta didik bisa lebi baik lagi untuk menjadi contoh yang baik untuk anak didik.

Tanggung jawab seorang pendidik yaitu mengembangkan keterampilan dan perilaku pembelajar peserta didik, untuk mengembangkan keterampilan anak didik kita harus meyesuaikan pelajaran untuk peserta didik. Jadi kita seorang pendidik harus mampu membuat pelajaran yang sangat unik dan menarik sehingga para anak didik itu tidak bosan di saat pelajaran berlangsung, apabila pelajaran itu tidak menarik maka anak didik akan bosan di saat pelajaran tersebut. Jadi seorang pendidik harus pintar mempersiapkan pelajaran yang membuat peserta didik untuk menjadi semangat dalam proses pembelajaran, kita juga harus mengetahui kelemahan dan kelebihan peserta didik agar kita mampu untuk menentukan pembelajaran yang seperti apa yang dibutuhkan oleh peserta didik.

Karakter anak didik sangat dipengaruhi oleh lingkunganya karna lingkunganlah yang sangat cepat untuk mempengaruhu sikap dan tinga laku seorang anak, dan kita seorang pendidik harus mendidik anak didik kita untuk menjadi lebi baik. Sehingga anak didik bisa menentukan bagaimana aktifitas dalam meraih cita-citanya.

 Dalam proses pembelajarn anak didik perlu dipertimbangkan dan diperhatikan dalam kegiatan belajar mengajar. Jadi setiap proses kegiatan belajar mengajar di sekolah harus sesuai dengan karakter peserta didik seperti gaya belajar, dan kecerdasan masing-masing peserta didik. Pendidik adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memberikan ilmu kepada anak didiknya dan mampunyai keterampilan dalam membibing anak didiknya.

Pendidik juga berperan sebagai orang yang bertangung jawab untuk peserta didik, karena manusia yang dewasa akan menjalankan kewajibannya dan bertanggung jawab tentang apa yang suda menjadi kewajibanya, pendidik adalah orang yang sengaja mempengaruhi orang lain untuk mencapai kedewasaan untuk peserta didik. Oleh karena itu seorang pendidik harus mempengaruhi anak didik untuk bisa memahami pembelajaran. Karena seorang pendidik dipandang sebagai sesuatu yang sangat mulia.

Oleh karena itu, dalam suatu pendidikan apalagi pendidikan karakter anak, pendidik sangat berperan aktif dan menjadi unsur utama dalam pembentukan karakter anak didik, dan di harapkan pendidik mempunyai keterampilan dan sikap yang mampu membentuk karakter anak didik sehingga menjadi generasi-generasi yang berilmu dan berkarakter.

_____
Alda Agus, asal  Sulawesi Tenggara,  Mahasiswi Semester IV, Fakultas Tarbiyah, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan.

Menarik juga:

Tulisan Terkait

Utama 6285837296883320520

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.
Silakan

emo-but-icon

Terbaru


Indek

Memuat…

Relaksasi

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

Tips Antisipasi Sebaran Virus Corona

item

WA