Pentingnya Karakter Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran


Oleh: Alda Agus
 
Pembangunan budaya dan karakter bangsa suda di setujui oleh Pemerintah dengan diawali Deklarasi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Oleh karena itu kita harus perlu upaya serius untuk mengembalikan kembali nilai-nilai karakter bangsa yang telah di urus dari tatanan kehidupan bangsa.
 
Pendidik memiliki peran yang sanggat penting sebagai model dalam pembentukan karakter anak didik tersebut.di sini  pendidik juga mengingatkan kita pada suatu profesi yang berkaitan dengan pengajaran peserta didik dengan tanggung jawab yang tinggi untuk mengembangkan keterampilan dan perilaku pembelajar.jadi kita selaku pendidik harus mampu membuat pelajaran yang sangat menarik sehingga para anank didik tidak bosan di saat pelajaran berlangsung,apabila pelajaran tidak menarik maka anak didik akan bosan di saat pelajaran itu.jadi seorang pendidik harus sepintar-pintar mempersiapkan pelajaran yang sangat menarik.

Seorang pendidik harus memiliki kepribadian, dan tidak menutupinya dari peserta didik sehingga tidak hanya menjadi pengajar saja tetapi pendidik juga harus menjadi seorang sahabat untuk anak muritnya, dan itu harus ada di dalam  pembelajaran,seorang guru harus menghibur,dan memberi saran yang baik /positif bukan sebaliknya,karna kita seorang pendidik ingin yang terbaik buat anak didiknya.

Karakteristik siswa adalah keseluruhan pola kelakuan dan kemampuan yang ada pada siswa sebagai hasil dari pembawaan dari lingkungan sosialnya sehingga menentukan pola aktivitas dalam meraih cita-citanya. siswa juga mempuntai aspek-aspek atau kualitas siswa yang terdiri dari minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar kemampuan berfikir, dan kemampuan awal yang dimiliki.karena siswa ingin menjadi lebi baik untuk bisa menjadi pendidik yang baik untuk ke depanya.

Di dalam bidang pendidikan, perbedaan karakteristik peserta didik perlu dipertimbangkan dan diperhatikan dalam kegiatan belajar mengajar.  Jadi setiap proses kegiatan belajar mengajar di sekolah harus sesuai dengan karakter peserta didik seperti, gaya belajar, dan kecerdasan masing masing peserta didik.

pendidik juga orang yang bertanggung jawab pendidik juga memberikan ilmu kepada peserta didik dengan sengaja untuk membantu peserta didik untuk membantu kedewasaan atau masa depanya,beberapa pengertian terhada pendidik saya berkesimpulan bahwa pendidik adalah orang yang suda mempunyai kemampuan untuk membimbing orang yang tidak mampu.disini ada poin-poin karakteristik yang akan di butukan oleh pendidik.
  • Keterampilan dalam membibing yaitu sikap-sikap yang harus di butukan oleh pendidik seperti,sabar, berwibawa, serta memberikan semangat kepada peserta didik untuk bisa berhasil.
  • Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik supaya hubungan yang dibangun antara pendidik dan peserta didik bisa lebi baik lagi,dan untuk memotifasi peserta didik.
Dengan dua karakteristik di atas pendidik diharapkan pendidik dapat menjadi pendidik yang professional supaya dapat menciptakan generasi-generasi yang lebi baik.
         
Pendidik sebagai orang yang bertangung jawab untuk peserta didik, karena manusia dewasa yang menjalankan kewajibannya dan bertanggung jawab tentang pendidikan adalah peserta didik.Pendidik adalah orang yang sengaja mempengaruhi orang lain untuk mencapai kedewasaan untuk peserta didik.
        
Seorang pendidik dipandang sebagai sesuatu yang sangat mulia. Karena Secara umum tugas pendidik adalah mendidik. Dalam mendidik merupakan rangkaian proses mengajar, memberikan dorongan, memuji, menghukum, memberi contoh dan lain-lain.Disamping itu pendidik juga bertugas sebagai motivator dalam proses belajar mengajar, sehingga seluruh potensi peserta didik dapat berjalan dengan baik.
        
Memahami karakteristik peserta didik merupakan hal yang sangat penting untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran harus ada komunikasi antara pendidik dengan peserta didik. Karena itu pemahaman karakteristik peserta didik adalah sesuatu yang baik oleh pendidik karena adanya bermacam-macam karakter yang berbeda.
       
Peserta didik yang mandiri, dewasa, memiliki motivasi diri, disiplin diri, dan berorientasi tujuan, merupakan karakteristik peserta didik pada pendidikan jarak jauh, yang kini telah berubah secara sosial dengan menggunakan online krana zaman sekarang suda banyak anak didik yang mengunakan online makanya para pendidik untuk memili bersosialisa terhadap anak didikya di social media.kita seorang pendidik bisa menjadi sahabat untuk peserta didi bukan hanya secara langsung tapi secara tidak langsungpun bisan.
      
 Mengenal Karakteristik peserta didik salah satu bagian dari beberapa tuntutan atas kemampuan ilmu keguruan yang harus dikuasai Profesi Guru. ini bertujuan untuk menemukan dan membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang baik di ruang kelas .Karakteristik peserta didik yang perlu atau harus dikenal dan dipahami oleh para pendidik tidak hanya terbatas pada tipe kepribadian mereka saja, tetapi juga melingkupi kebutuhan  belajar mereka.
     
Secara tidak langsung membantu atau menghambat para peserta didik dalam menerima dan memproses informasi yang diterima dari pendidiknya. pendidik juga dapat mengenali karakter dan potensi yang ada di dalam dirinya sendiri. Karakteristik atau keadaan yang berkenaan dengan kemampuan awal siswa. Misalnya adalah kemampuan akal, karakteristik atau keadaan yang ada pada siswa ini guru dapat menentukan data-data apa saja yang perlu diketahui informasinya dan digali dari peserta didik. Kondisi pada peserta didik harus senantiasa dapat mengalami perubahan, guru seharusya memantau segala perubahan dan keadaan yang ada pada siswa.
     
Pengertian pendidik atau guru secara terbatas adalah sebagai satu sosok individu yang berada di depan kelas. Dalam arti luas adalah seorang yang mempunyai tugas tanggung jawab untuk mendidik peserta didik dalam mengembangkan kepribadiannya, Orang sebagai kelompok pendidik banyak macam tetapi pada dasarnya semua orang. Yang paling dikenal dalam ilmu pendidikan adalah orang tua peserta didik,karna orang tua adalah guru pertama kali yang mengajari kita,kita pertama kali lahir di dunia ibulah yang orang pertama mengajari kita yang kedua guru dan terakhir lingkungan masyarakat.

Alda Agus. asal Sulawesi, Mahasiswi IDIA Prenduan Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) semester 4

MENARIK JUGA DIIKUTI:

Tulisan Terkait

Utama 6861658972970272840

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.
Silakan

emo-but-icon

Terbaru


Indek

Memuat…

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

Album Lagu Madura

Medsos Rulis

item

WA