Menjadi Guru Profesional


Oleh: Nur Shofiyah

Guru profesional adalah guru yang mampu mendidik anak muridnya menjadi generasi yang mampu bersaing dan memiliki moral yang baik, seorang pendidik hendaknya memiliki prilaku yang baik yang mampu menjadi tauladan yang patut diikuti oleh siswa, keprofesionalitas guru sangat penting bagi para pendidik sehingga ia mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Keprofesionalitas seorang guru sangat penting bagi peserta didik Karena guru mempunyai tugas yang sangat berat dalam mendidik, mengarahkan dan memotifasi peserta didik untuk menjadi siswa yang pandai dan bermoral juga berguna bagi masyarakat. Untuk menjadi seorang pendidik yang baik maka para pendidik hendaknya mampu memiliki karakter yang baik pula. Karena karekter seorang pendidik bisa mempengaruhi bagaimana perkembangan dan moral anak didik tercetak.

Karakteristik adalah suatu sifat atau karakter yang baik yang harus dimiliki atau dikuasai oleh seorang pendidik untuk menghasilkan suatu generasi yang bermartabat dan berahlak.

Diantara karakter yang harus dimiliki seorang pendidik yaitu:

Menguasai kurikulum
Seorang guru hendaknya menguasai dan menjalankan kurikulum yang sudah berlaku atau yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kurikulum yang dimaksud ialah serangkaian rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. (UU nomor 20 tahun 2003). Dengan adanya kurikulum ini seorang pendidik mengetahui cara mengajar yang baik sesuai perkembangan pola pikir peserta didik.

Menguasai materi yang diajarkan
Pelajaran merupakan serangkaian materi yang diajarkan oleh pendidik dalam kelas, pelajaran yang ini sangat berperan penting bagi peserta didik dalam memperoleh informasi, jadi seorang pendidik hendaknya menguasai semua materi pelajaran yang ia sampaikan kepada peserta didik. Apabila pendidik tidak menguasai materi yang ia sampaikan maka penyampaian materi atau informasi tidak efektif atau tidak mudah dipahami oleh anak didiknya.

Terampil menggunakan multi metode pembelajaran
Metode pengajaran adalah cara pendidik dalam menyampaikan atau mengajar peserta didik, dimana metode pengajaran yang tepat dapat mendorong semangat peserta didik untuk menjadi lebih giat dalam belajar dan juga dapat dengan mudah dipahami apa yang di ajarkan, selain metode penyesuaiankondisi dan suasana juga sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar bagi para pendidik.

Mempunyai prilaku yangbaik
Moral (perilaku baik) adalah suatu perbuatan baik yang ada dalam diri seseorang. Jadi seorang pendidik hendaknya mempunyai prilaku atau moral yang baik agar mampu menjadi tauladan atau contoh bagi peserta didik, dengan adanya moral ini seorang pendidik mampu mengontrol tingkah laku maupun sikap saat menggajar sehingga tidak adanya perbuatan atau sikap yang tidak di inginkan saat mengajar.
Memiliki kedisiplinan dalam arti yang seluas-luasnya

Seorang pendidik hendaknya disiplin dalam menjalankan tugas yang ia jalankan sebagai seorang pendidik, kedisiplinan yang dimaksud disini yakni. disiplin waktu, seorang pendidik hendaknya datang tepat waktu saat melakukan tugasnya, sehingga dengan kedisiplinan waktu yang di lakukan bagi pendidik dapat menjadi tauladan atau contoh yang dapat diikuti bagi peserta didik.

Mampu berkomunikasi
Seorang pendidik hendaknya mampu berinteraksi dengan orang tua peserta didik maupun masyarakat setempat untuk turut serta memberikan arahan bagi para peserta didik supaya proses pembelajaran tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah saja. Dengan adanya interaksi antara pendidik dengan orang tua dan masyarakat peserta didik akan tetap terpantau bagaimana dia di lingkungan masyarakatnya.

Seorang guru sangatlah besar tanggung jawabnya terhadap peserta didiknya karena guru adalah pencetak generasi anak bangsa. Guru juga sebagai tauladan bagi peserta didiknya, karena setiap perbuatan, ucapan dan segala apapun yang dilakukan guru adalah sorotan atau contoh yang selalu menjadi pusat perhatian bagi peserta didiknya. Seperti dalam pesan Kiyai H. Zainullah Rais, Lc. “seorang guru profesional haruslah memiliki kejujuran dan integritas yang tinggi, jujur saja tidak cukup dimiliki karena disamping kejujuran integritas yang tinggi juga harus dimiliki. Karena kejujuran adalah segala apa yang disampaikan sesuai dengan yang dilakukan. Sedang Integritas adalah segala ucapan, pikiran, dan hati adalah sama atau satu.” Beliau menekankan bahwa jujur saja tidak cukup dan harus dibarengi dengan integritas yang tinggi untuk menjadi seorang guru yang profesional.

Selain dalam ulasan diatas seorang guru juga haruslah memiliki sikap yang tangguh dalam berbuat atau  takenal lelah dalam mendidik anak didiknya kesungguhan niat dalam hati juga sangat diperlukan karena dengan niat yang sungguh-sungguh seorang guru tidak akan mudah patah semangat dalam mendidik dan menciptakan generasi yang baik.

Nur Shofiyah, Mahasiswi IDIA (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien) semester IV PBA, Email: Shofiyah0197@gmail.com


MENARIK JUGA DIIKUTI:

Tulisan Terkait

Utama 7842728738414307057

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.
Silakan

emo-but-icon

Terbaru


Indek

Memuat…

Relaksasi

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

Album Lagu Madura

Tips Antisipasi Sebaran Virus Corona

item

WA