Jadilah Guru Seperti Malaikat


Oleh: Intan Chumairo Nurwahidah

Guru, di gugu dan di tiru. Adagium kuno namun tetap berlaku sampai kapanpun. Meski guru adalah manusia dengan fitrah yang tidak bisa di sangkal bahwa manusia menyandang takdir dengan istilah ‘Al-Insan ‘anil khata’ wannisyan’ Manusia tidak akan luput dari salah dan lupa tetapi guru tetaplah harus seperti malaikat. Why? We have known that malaikat adalah makhluk Allah yang tanpa salah dan benar bahwa guru tidak boleh salah dalam menyampaikan ilmunya.

Manusia itu penuh dengan pertanggung jawaban, lalu bagaimana dengan seorang guru yang memberi ilmu yang salah? tidak, tidak, lebih tepatnya salah dalam menyampaikan ilmu. Ilmu yang murid terapkan untuk diri sendiri dan untuk orang lain, apakah itu tidak membahayakan?

Seorang calon sarjana pendidikan memberi alasan mengapa guru harus tampil begitu sempurna di depan murid-muridnya karena pada dasarnya murid memiliki daya pandang yang tajam terhadap setiap perilaku dan cakap guru. Hal lain disampaikan oleh beberapa murid yang mendapati gurunya tampak tidak begitu memperdulikan apa yang disampaikan sehingga murid juga tidak berusaha perduli untuk mendengarkan petuah-petuah guru.

Sebagaimana kita tahu, guru semacam pedoman hidup sebelum murid berpedoman kepada pengalamannya, guru adalah di mana dia harus menjadi paling mengerti perkara kepayahan murid-muridnya, guru adalah dewa penyelamat saat murid berada di ambang kebungkaman, dan guru adalah malaikat saat murid tampak begitu bodoh dengan apa yang tidak mereka ketahui. Layaknya malaikat Jibril yang datang kepada nabi Muhammad untuk memberitahukan titik perkara risalah Tuhannya, dan guru adalah malaikat yang datang kepada muridnya untuk mengangkat kekonyolan hidup muridnya.

Bagaimana tulisan ini menyinggung hidup, toh guru bukan segala-galanya?
Right, guru memang bukan segala-galanya. Tapi guru adalah bapak kedua setelah orang tua, guru adalah teman setelah teman-teman sebayanya, guru adalah di mana dia menjadi paling pintar dan mengerti keluh ketidaktahuan murid-muridnya, karena itu jadilah guru seperti malaikat. Malaikat dengan kecakapannya menyampaikan pesan Tuhan tanpa membuat kesalahan. Seorang guru juga mampu bersikap seperti malaikat.

Setiap guru tentunya mempunyai harapan bagi muridnya kelak menjadi orang yang besar, orang yang berbudi luhur, dan orang yang bertanggung jawab. Guru harus peka terhadap perkembangan muridnya.

Hal-hal yang perlu di pahami oleh seorang Guru yang berhati Malaikat, ialah Dari pada membuang enregi untuk berteriak dan memarahi, berilah sedikit pengertian dan nasihat dengan Tegas, Ajari Seorang Murid  untuk selalu bersyukur dan mementingkan kebutuhan daripada keinginan, Jadi Seorang Guru pendengar yang baik, Ajarkan bertanggung Jawab, berterima kasih dan memaafkan, Karena guru sebagai  Ibu ke-2 bagi mereka maka jadilah versi terbaik untuk diri sendiri.

Jadi seorang Guru harus memahami cara mendidik seorang murid dengan baik, Seorang guru selain bersifat seperti Malaikat juga  harus  bersifat sebagai pemimpin situasional. Dan memiliki suatu  niat yang kuat untuk muridnya. Seorang guru harus selalu memperhatikan Murid- Muridnya dalam memiliki kekurangan belajar. Jadi ketika ada seorang siswa yang bener-bener kurang dalam belajar maka tugas seorang guru  harus selalu mendorong, memotivasikannya supaya siswi tersebut menjadi semangat dalam menuntut ilmu.

Guru juga harus mampu mengantisipasi masa depan, jadi guru menyiapkan Muridnya untuk bisa hidup  dan tumbu-kembang di era mereka, bukan saat dimana mereka diajarkan, tapi disiapkan untuk masa depan yang akan datang. Dengan begitu, seorang guru harus mampu memprediksi kecenderungan di masa yang akan datang, dimana anak-anak yang sekrang diajarkan akan hidup di era tersebut.

Intan Chumairo Nurwahidah,asal Jawa Tengah, sekarang mahasiswi Fakultas/Prodi : Tarbiyah/PBA, Semester  IV    IDIA prenduan Sumenep Madura       

Tulisan Terkait

Utama 30825008499626075

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.
Silakan

emo-but-icon

Terbitan Buku

Marlena Marlena Marlena Marlena Marlena terbitan buku rumah literasi sumenep terbitan buku rumah literasi sumenep

Testimoni

silakan unduh materi literasi

Terbaru


Indek

Memuat…

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

item